10 Minuman Serba Hangat Pengusir Hawa Dingin di Musim Hujan

Segelas minuman hangat biasanya menjadi pilihan favorit untuk mengusir dinginnya musim hujan pada bulan-bulan berakhiran ‘ber’ di penghujung tahun.

Selain sebagai pengusir hawa dingin, beberapa jenis minuman hangat juga memiliki khasiat dan manfaat yang baik bagi tubuh. Mulai dari minuman dengan bahan dasar jahe yang mampu memperkuat imun tubuh — Wedang Jahe dan Wedang Ronde contohnya, hingga Sirop Asam Jawa yang baik untuk penderita diabetes.

Jika bosan dengan kedua minuman hangat tersebut, atau jenis yang ‘biasa’ seperti kopi, teh atau susu misalnya. Anda dapat mengulik beberapa resep minuman hangat berikut ini sebagai referensi pilihan dan racikan minuman hangat buatan sendiri di rumah.

Wedang Jahe

Dengan atribut nama yang sudah identik dengan ke“Jawa”annya, wedang khas Jawa yang umumnya disajikan hangat atau panas ini merupakan salah satu pilihan andalan pengusir hawa dingin di musim-musim penghujan. Istilah “Wedang” sendiri dalam bahasa Jawa berarti “minuman” atau “minuman hangat”.

Berkat cara pembuatannya yang sederhana dan bahan-bahannya yang mudah didapatkan di negeri tropis, Wedang Jahe dapat dengan mudah membaur dan akrab dengan masyarakat Nusantara.

Meskipun tingkat kesulitan pembuatan Wedang Jahe terbilang receh, tapi manfaat si Jahe Hangat bagi kesehatan tubuh sama sekali nggak kaleng-kaleng. Mulai dari memperkuat sistem imunitas tubuh, menangkal infeksi bakteri, meredakan sakit otot, mengatasi masalah pencernaan, meredakan nyeri Haid, menurunkan Glukosa darah dan Kolesterol, hingga memperlambat penuaan dan mencegah Kanker. *

Selain mudah dibuat — berita bagusnya lagi, dengan mengikuti video tutorial di atas, Anda juga dapat dengan mudah membuat versi Jahe Bubuk yang siap sedia digunakan setiap saat untuk membuat Wedang Jahe secara praktis dan instan… #Catat…!

Lebih dari itu—sebagai bocoran, Jahe Bubuk yang dihasilkan juga mampu awet bertahan hingga 3 bulan. Maka sudah dapat dipastikan bahwa Jahe Bubuk ini sama sekali tidak berbahaya bagi kesehatan dompet, justru mungkin dapat menjadi solusi penghematan atau bahkan ide bisnis teranyar Anda. Selamat Mencoba…!!

Wedang Ronde

Tumbuh kembangnya Wedang Ronde tak dapat dilepaskan dari campur tangan wisata kuliner Jogja yang berhasil mempopulerkan wedang berbahan dasar jahe ini ke masyarakatnya. Dengan pilihan komposisi pas nan komplit seperti kacang-kacangan, tepung ketan, roti tawar, sagu mutiara, hingga kolang-kaling, Wedang Ronde sukses memikat selera para pecinta perwedangan.

Tapi — tahukah Anda, asal muasal Wedang Ronde sebenarnya adalah makanan tradisional China dengan nama asli Tāngyuán yang bermakna “reuni keluarga”. Tāngyuán biasanya disajikan dalam perayaan penting masyarakat Tionghoa, seperti saat reuni keluarga pada perayaan Dongzhi di hari terakhir musim panen. *

Terlepas dari asal-usulnya — selain segar, nikmat dan menghangatkan, ternyata Wedang Ronde juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti mengatasi mabuk kendaraan, sakit tenggorokan, hingga mengurangi risiko stroke dan mencegah serangan jantung berkat kandungan rempah-rempahnya. *

Kabar baiknya lagi — dengan segudang manfaat dan seabrek khasiatnya, proses pembuatan Wedang Ronde juga ternyata tidak terlalu rumit. Dengan mengikuti langkah-langkah pada video di atas atau pada halaman tautan resep Wedang Ronde ini, bahkan dalam waktu tidak lebih dari 2 kali 60 menit, Anda sudah dapat menikmati minuman hangat penuh khasiat ini sebagai rekan quality time bersama keluarga. #Catat…!

Sirop Asam Jawa

Terbuat dari salah satu bumbu rempah yang biasa digunakan dalam masakan, minuman hangat berikutnya adalah Sirop Asam Jawa. Minuman ini mendapat sambutan yang sangat baik dari hampir setiap kalangan masyarakat karena berkat rasa asam–kecut-nya yang menyegarkan dan cara pembuatannya yang simpel dan sederhana.

Asam Jawa mempunyai banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan, di antaranya adalah menjaga kesehatan Jantung, mencegah kanker, melindungi Lever, hingga menjaga kesehatan otak dan masih banyak lagi *. Dengan mengolah Asam Jawa menjadi Sirop, maka kita bisa mengambil manfaatnya dengan lebih praktis dan menyegarkan.

Karena cara pengolahannya yang mudah—apalagi dengan tambahan tips dan trik dari video tutorial di atas—maka layak rasanya untuk mencoba membuat sendiri minuman hangat ini di rumah. #Catat…!

Apalagi masa simpannya juga terbilang lama—mengutip dari resep lengkap Sirop Asam Jawa di halaman sebelah, yaitu 7 sampai dengan 10 Hari dalam kemasan botol di suhu ruang dan 1 sampai 2 Bulan jika disimpan di kulkas.

Sirop Jeruk

Minuman hangat juga tidak selalu harus berkaitan dengan bahan dasar rempah-rempah seperti minuman-minuman yang telah disebutkan di atas. Sirop Jeruk misalnya, tentu saja boleh hukumnya untuk menyeduh minuman berbahan dasar buah Jeruk ini dalam segelas air panas atau hangat, rasa dan kesegarannya pun tidak kalah dengan minuman hangat yang lain.

Mengolah buah jeruk menjadi sirop juga menjadi salah satu cara pengawetan yang mudah dan aman dengan hasil rasa yang menyegarkan. Berkat ketahanan masa simpan Sirop Jeruk yang dapat awet hingga 2 Bulan, maka metode ini tentu menjadi solusi praktis jika suatu saat menghadapi harga buah jeruk melonjak tinggi.​

Membuat Sirop Jeruk juga tidak seribet dan serunyam yang Anda bayangkan—apalagi dengan bocoran tips dan trik dari resep Sirop Jeruk di thehasanvideo.com. Bahkan berkat bahan Buah Jeruk yang mudah di dapat, minuman ini juga menjadi potensi lahan bisnis dengan tingkat keuntungan dan kelanggengan bisnis yang tinggi… #Catat!

Selamat Mencoba…!

Kunyit Asam Gula Merah

Kembali ke dunia rempah-rempah, minuman hangat berikutnya adalah Kunyit Asam Gula Merah. Minuman hangat ala Jamu yang satu ini memiliki cita rasa menyegarkan yang unik dan tampilan yang cantik berkat komposisi ketiga bahan utamanya, yaitu Kunyit, Asam, dan Gula Merah.

Seperti juga saudara rempah-rempahnya, minuman hangat ini juga tentu memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti dikutip dari laman blog tokopedia, manfaat kunyit tidak hanya dapat membantu mengatasi berbagai masalah penyakit serius, tapi bahkan juga dapat mengurangi peradangan hingga nyeri haid.​

Adapun tentang cara pembuatan minuman hangat ini… Tentu saja Anda tak perlu khawatir. Karena pada video tutorial di atas, Anda dapat menemukan resep lengkap, langkah-langkah mendetail, hingga tips dan trik jitu soal pembuatan Kunyit Asam Gula Merah. #Catat…!

Selain gampang dan anti gagal, Anda juga dapat membuat Kunyit Asam Gula Merah dengan racikan sesuai selera Anda. Jadi, selamat mencoba dan Happy cooking…!

Sari Kacang Hijau

Marilah sejenak kita beralih ke dunia kacang-kacangan, minuman hangat selanjutnya adalah Sari Kacang Hijau. Khas dengan rasa ke-milky-annya—gurih dan creamy, si hijau yang satu ini tetap terasa mantap saat disajikan hangat ataupun dingin.

Karena tinggginya kandungan Nutrisi dan Antioksidan pada Sari Kacang Hijau, sepertinya akan sangat panjang jika harus menyebutkan semua manfaat si hajau ini bagi kesehatan tubuh kita. Sedikit diantaranya adalah menetralkan radikal bebas, mengurangi gejala stroke, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Mengutip dari deskripsi video tutorial di atas, resep si Hijau menyegarkan yang satu ini masih tergolong receh lho… Jadi—tunggu apalagi, simak baik-baik dan segera praktikkan cara membuat Sari Kacang Hijau di dapur sendiri. #Catat…!

Beras Kencur

Minuman hangat selanjutnya kembali berbau Jamu-jamuan nih, yaitu Beras Kencur. Minuman ala Jamu khas Jawa ini dikenal memiliki khasiat utama sebagai penambah nafsu makan. Beras kencur sangat populer karena memiliki rasa yang manis dan segar. Bahan utama beras kencur, tentu saja, adalah beras dan rimpang kencur *.

Selain berkhasiat meningkatkan nafsu makan, khasiat lain Beras Kencur juga termasuk menambah stamina, menghilangkan pegal-pegal & letih, meredakan batuk dan lain seterusnya. Serupa dengan jenis Jamu berbahan dasar rempah-rempah lainnya, Beras Kencur juga selalu mantap dinikmati baik dalam keadaan hangat ataupun dingin.​

Seperti minuman-minuman hangat yang sudah disebutkan di sini, cara meracik sendiri Beras Kencur di dapaur Anda pun tidaklah rumit. Apalagi jika Anda telah mengkhatamkan isi tips dan trik serta panduan lengkap dari video tutorial channel youtube kami, The Hasan Video. Sudah pasti Anda akan semakin percaya diri untuk membuat minuman hangat ala jamu ini di dapur rumah Anda. #Catat…!

Susu Kedelai

Susu kedelai adalah salah satu minuman yang juga cocok disajikan dalam keadaan hangat saat cuaca dingin. Karena sembari menikmati kehangatan dan kesegarannya, tubuh kita juga ikut serta disuguhi manfaat baik dari Susu Kedelai — seperti asupan protein, karbohidrat, gula, serat, dan lemak baik.

Susu Kedelai juga merupakan salah satu peluang bisnis yang potensial, karena bagi kaum vegetarian, Susu Kedelai adalah alternatif paling populer sebagai pengganti asupan protein hewani dari Susu yang asalnya berbau peternakan. Jadi tak heran, selama golongan vegetarian masih ada di muka bumi, maka permintaan pasar akan Susu Kedelai juga akan terus mengalir.

Dengan manfaat dan khasiatnya yang bejibun, juga rasanya yang milkytasty menyegarkan, plus potensi bisnis yang mumpuni, maka layak alias worth it banget untuk mencoba meracik sendiri Susu Kedelai di rumah. tentu saja, untuk resep dan segala tips dan triknya dapat Anda temukan di video tutorial yang kami cantumkan tepat di atas paragraf ini. #Catat…!

Susu Jagung

Masih seputar Susu Nabati nih, minuman hangat berikutnya adalah Susu Jagung. Bagi para vegetarian, kepopuleran Susu Jagung juga tidak kalah dengan susu nabati lainnya. Karena tentu saja, selain rasanya yang enak dan segar — juga tidak berbau hewani (sapi ), nutrisi yang dikandungnya pun tidak kalah dengan Susu Kedelai.

Dilansir dari organicfacts — selain berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh, Susu Jagung sebagai salah satu sumber antioksidan tentu mampu menghambat efek negatif dari radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker *.

Bagi pembaca yang berminat untuk meracik sendiri Susu Jagung ini, resep lengkap beserta tips dan trik tentu sudah kami jabarkan dalam video di atas. Penulis yakin, tanpa diiming-imingi atau dirayu-rayu lagi pun pembaca pasti sudah tak sabar untuk mengeksekusi resep yang satu ini… Selamat mencoba dan Good Luck…!!

Thai Tea & Green Tea

Minuman hangat yang terakhir kali ini memaksa kita untuk beralih ke dedaunan teh yang jadi bahan dasar si sejoli Thai tea dan Green tea. Meskipun sering dinikmati dengan batu-batu es yang dingin, menikmati secangkir hangat Thai tea ataupun Green tea juga menjadi salah satu pilihan favorit pengisi waktu kosong di musim penghujan.

Manfaat kedua jenis teh ini pun sudah tak lagi asing bagi kalangan penggemar teh, mulai dari meningkatkan kesehatan jantung dan arteri * hingga meningkatkan daya ingat dan konsentrasi *.

Untuk membuat teh sendiri sepertinya bagi hampir setiap insan manusia adalah hal yang mudah dan tidak rumit, tapi bagaimana dengan racikan teh versi Premium? Dengan penggunaan bahan unik tambahan dan tips dan trik jitu, video tutorial yang penuh dengan inspirasi dan ide-ide baru mengenai peracikan teh di atas tentu sudah siap untuk Anda tonton, catat, jelajahi, dan pahami… #Catat…!

Penutup

Demikianlah kesepuluh jenis minuman hangat yang kesemua resep dan tutorial step-by-stepnya dapat Anda temukan di channel The Hasan Video.

Semoga bermanfaat, dan buat para pejuang keluarga yang menggunakan resep ini untuk ide jualan, Semoga dilancarkan ya… (jadi nyontek kata-kata di video ini 😀 hehe) … Semoga diberi kemudahan untuk usaha, amin…! Dilimpahi rizki barokkah dan turah-turah, aamiin…! Tetap semangat dan selalu berusaha—Insyaallah—semoga bisa sukses dunia dan akherat… Amin…!

Share it!

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.