Sirup Jeruk Segar Tahan 2 Bulan Tanpa Pengawet

( 3.5 out of 5 )
Loading...
  • 2 literYield
  • 20 mPrep Time
  • 25 mCook Time
  • 45 mReady In
Print Recipe

Kalian bisa mengolah buah jeruk segar menjadi olahan minuman yang awet yaitu Sirup Jeruk. Membuat Sirup Jeruk sangat tepat apabila harga buah jeruk sedang mahal, karena bisa Kalian simpan dalam waktu yang lama. Cara membuat Sirup Jeruk tidak sulit dengan menggunakan resep dari thehasanvideo.com. Selain itu Kalian juga bisa gunakan untuk ide usaha, selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan:

Cara Membuat:

  • Langkah 1:

    Cuci bersih jeruk segar dan belah menjadi 2 bagian. Gunakan jenis jeruk sesuai selera, bisa Jeruk Keprok, Jeruk Medan, Jeruk Santang, Jeruk Pontianak dan lain sebagainya. Kemudian peras dan ambil airnya, sisihkan.

  • Langkah 2:

    Masukkan gula pasir, air ke dalam panci dan aduk sampai gula larut. Selanjutnya tambahkan air perasan jeruk tadi, sitrun, garam halus, pewarna makanan aduk rata dan masak dengan api sedang sampai mendidih. Setelah mendidih tetap masak dan aduk sampai tanak sekitar 5 sampai dengan 10 menit menggunakan api kecil, supaya lebih awet untuk Kalian simpan.

  • Langkah 3:

    Matikan kompor apabila sudah cukup matang dan aduk sebentar supaya uap panas menghilang. Kemudian angkat dan tuang di dalam wadah tahan panas sambil saring dengan menggunakan kain bersih atau menggunakan saringan rapat. Biarkan Sirup Jeruk sampai dingin dan simpan di dalam botol atau wadah tertutup.

Tips dan Trik:

  • Hasil Sirup akan menjadi lebih kental dan warna kuningnya terlihat lebih gelap apabila memasak sirup lebih lama sampai sedikit kental. Akan tetapi untuk rasanya masih sama-sama enak dan segar.

  • Bersihkan botol sampai kering apabila menggunakan botol plastik, kemudian tempatkan Sirup Jeruk di dalam botol plastik.

  • Masa simpan Sirup Jeruk di suhu ruang selama 7 sampai dengan 10 hari meskipun tidak menggunakan bahan pengawet. Sirup Jeruk akan tahan sekitar 1 sampai dengan 2 bulan apabila Kalian simpan di dalam kulkas, sesuai dengan kekentalan sirup yang Kalian buat. Fungsi gula selain sebagai pemanis, bisa juga menjadi pengawet alami. Sirup Jeruk di pasaran pengawetnya dengan menambahkan Natrium Benzoat sekitar 1 gram untuk takaran 5 kg buah. Sehingga bisa awet di suhu ruang sampai berbulan-bulan. Daya tahan sirup buatan jelas berbeda dengan daya tahan sirup buatan pabrik, warna Sirup Jeruk buatan sendiri luntur setelah penyimpanan lama dan teksturnya kurang jernih. Sehingga bisa menjadi tanda kalau sirup yang Kalian buat bebas dari bahan tambahan makanan kimia dan menggunakan sari buah asli.

  • Pembuatan sirup harus menggunakan alat-alat yang benar-benar bersih supaya sirup tidak berjamur dan bersih. Panci untuk merebus harus bebas dari minyak, botol harus bersih, kering dan tidak berbau. Kukus sebentar apabila menggunakan botol kaca. Cuci bersih botol apabila menggunakan botol plastik dan bukan botol baru, bilas botol dengan air hangat dan lap sampai kering terutama di bagian dalam botol. Jangan memasukkan sirup apabila botol masih berair.

  • Takaran membuat Sirup Jeruk segar sesuai selera, tambahkan 2 sampai dengan 3 sdm Sirup Jeruk setiap satu gelas ukuran 250 ml. Seduh dengan air hangat atau sajikan dengan menambahkan potongan es batu, sesuai selera.

  • Takaran sitrun berpengaruh terhadap jenis jeruk yang Kalian gunakan. Gunakan sitrun sedikit saja apabila jenis jeruknya asam, akan tetapi gunakan sitrun dengan takaran paling banyak 20 gr apabila menggunakan jenis jeruk yang manis.

  • Penggunaan pewarna makanan kuning tua atau kuning muda bisa Kalian ganti dengan perisa jeruk. Misalnya orange crush, lemon squash dan lain sebagainya.

Didowardah

Content Creator

Konten kreator di channel Youtube TheHasanVideo

Read More

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.