12 Makanan sederhana dan sedap dari Jawa Tengah

Wisatawan yang berkunjung ke Jawa Tengah selain menikmati tempat wisata, juga mencari makanan yang populer dari daerah tersebut untuk dinikmati di sana atau dibawa pulang sebagai buah tangan. Berikut beberapa makanan dari Jawa Tengah yang sudah thehasanvideo.com rangkum.

1. Nasi Gandul

Gambar : id.tastemade.com

Pati tepatnya desa Gajahmati mempunyai makanan khas Nasi Gandul yang dulunya penjual Nasi Gandul menjual keliling dagangannya dengan memikul, sedangkan kuahnya ditempatkan dalam kuali dan ketika dibawa akan terlihat menggantung atau gondal-gandul. Nasil Gandul disajikan dengan lauk daging sapi sampai jerohannya, kemudian disiram dengan kuah yang gurih dan manis.

2. Garang Asem

Gambar : Ida Fitriyana

Garang Asem yaitu olahan daging ayam yang rasanya pedas, segar dan berkuah santan. Bahan ayam yang digunakan menggunakan ayam kampung, akan tetapi jika tidak ada ayam kampung bisa menggunakan ayam biasa. Garang Asem dahulunya hanya bisa dinikmati oleh orang-orang kaya saja, karena harga ayam kampung yang mahal. Membuat garang Asem dengan resep klik di sini lebih mudah dan sedap.

3. Tempe Mendoan

Gambar : Youtube The Hasan Video

Tempe yang digoreng setengah matang dan dinikmati hangat-hangat dinamakan Tempe Mendoan berasal dari Banyumas Jawa Tengah. Setiap warung yang menjual Tempe Mendoan selalu laris, karena enak dimakan dengan sambal kecap atau lalapan cabe. Bahan yang digunakan juga sederhana, resep dari The Hasan Video mudah untuk diikuti dan hasilnya kriuk. Klik di sini resepnya.

4. Dawet Ireng

Gambar : ksmtour.com

Minuman dari Purworejo yang lain dari biasanya yaitu Dawet Ireng, ireng atau hitam terbuat dari tepung beras lalu dicampur dengan abu merang yang berwarna hitam pekat. Abu merang dapat menambah kekenyalan pada dawet, untuk kesehatan dapat melancarkan pencernaan dan meredakan panas dalam. Pasti seger rasanya. 😀

5. Serabi Notosuman

Gambar : assets-pergikuliner.com

Solo mempunyai camilan sederhana tetapi rasanya lembut dan enak, yaitu Serabi Notosuman. Bahan yang digunakan juga sederhana yaitu tepung beras dan santan, kemudian dimasak dalam cetakan khusus di atas api kayu. Aromanya menggugah selera dan disajikan dengan taburan cokelat maupun yang tanpa taburan semuanya enak.

6. Gethuk Goreng

Gambar : cdn.idntimes.com

Bahan untuk membuat gethuk adalah ketela pohon atau singkong, uniknya di Banyumas gethuknya digoreng dan dijadikan oleh-oleh para wisatawan. Rasanya legit, gurih karena dibuat dengan campuran gula merah, ketela pohon kukus, santan. Gethuk Goreng harus segera dikonsumsi karena tidak tahan lama penyimpanannya. Sebagai teman minum teh poci sangat nikmat.

7. Teh Poci

Gambar : upload.wikimedia.org

Teh Poci merupakan minuman tradisional dari Tegal, Slawi, Pemalang dan Brebes. Teh ditempatkan dalam teko dari tanah liat yang dinamakan poci dan disajikan dalam cangkir kecil yang berisi gula batu. Poci tempat tehnya tidak pernah dicuci karena kerak sisa teh yang sebelumnya akan menambah enak rasa teh yang dibuat selanjutnya. Minum Teh Poci dengan gula batu yang tidak boleh diaduk, gula dibiarkan larut dengan sendirinya. Hal ini diumpamakan seperti kehidupan manusia yang merasakan pahitnya hidup lalu akan berbuah manis.

8. Lumpia Semarang

Gambar : Elisabeth Lorencheza

Semarang mempunyai camilan Lumpia, jenisnya ada yang basah dan goreng. Lumpia Semarang berasal dari budaya Tionghoa. Isian Lumpia Semarang dengan mengunakan rebung, telur, wortel, cincangan ayam. Tekstur Lumpia Semarang yang digoreng, krispi di luar dan lembut di dalam. Dimakan dengan saus sambal khusus Lumpia lebih enak dan bisa dijadikan oleh-oleh untuk para wisatawan. Membuat sendiri dengan resep klik di sini lebih enak.

9. Nasi Liwet

Gambar : Youtube The Hasan Video

Nasi Liwet hampir sama dengan Nasi Uduk, namun ketika memasak Nasi Liwet untuk lauknya dicampurkan sekaligus. Penjual Nasi Liwet banyak ditemui di Surakarta, Solo. Zaman dahulu Nasi Liwet dimasak dengan lauk suwiran daging ayam dan bumbu rempah, saat ini lauknya bisa menggunakan ikan sesuai selera. Membuat Nasi Liwet menggunakan magiccom lebih mudah dan hasilnya gurih dengan resep The Hasan Video klik di sini.

10. Mie Ongklok

Gambar : images.solopos.com

Asal mula Mie Ongklok dari daerah Wonosobo, mie yang digunakan mie kuning yang dicampur dengan sayur kol dan daun kucai lalu disiram dengan kuah bumbu kental cokelat. Mie dan sayuran biasanya dicelup-celupkan dalam air panas dengan alat penyaring yang terbuat dari anyaman bambu disebut ongklok, sehingga mie yang disajikan terkenal dengan nama Mie Ongklok. Daerah Wonosobo yang dingin sangat tepat sekali menikmati Mie Ongklok hangat dengan tambahan suwiran ayam serta bawang goreng.

11. Besengek Daging

Gambar : may’s kitchen

Masakan Besengek dari Jawa Tengah menjadi makanan kesukaan kaum bangsawan. Daging yang digunakan bisa menggunakan daging sapi maupun daging ayam. Apabila menggunakan daging sapi ambil bagian has dalam yang dimasak utuh dengan bumbu rempah pilihan, setelah matang dagingnya dipotong-potong. Selain itu jika menggunakan daging ayam, ayamnya diungkep terlebih dahulu dengan bumbu santan kemudian di bakar sebentar. Disajikan dengan nasi hangat dan taburan bawang goreng sangat nikmat.

12. Brekecek

Gambar : s3.sumber.com

Olahan ikan berkuah yang enak dari Cilacap Jawa Tengah yaitu Brekecek, ikan yang digunakan sesuai selera. Membuatnya mudah dengan menggunakan bumbu dapur yang sederhana, ikan dimasak dengan bumbu yang sudah ditumis sampai matang supaya kuah ikannya tidak berbau langu. Cara memasaknya yang menjatuhkan ikan pada bumbu yang sudah tercampur air, dalam bahasa Jawa Tengah brek artinya menjatuhkan sedangkan kecek artinya mencampurkan sehingga masakannya dinamakan Brekecek. Aroma sedapnya Brekecek membuat perut lapar. 😀

Demikian beberapa makanan khas dari Jawa Tengah, kalau masih ada yang kurang bisa Kalian tambahkan dikolom komentar di bawah ini.

Share it!

Comments (5)

  • Sulasih

    Tempe mendoan kepleh yg kriuk pernah buat, kembang goyang jga dah beberapa kali buat, pakai resepnya THV, klo buah paling suka pisang dan jeruk, selain harganya murah dan gk kenal musim, di tempat saya klo mauludan gk harus buah bun

  • Sulasih

    Tempe mendoan kepleh kriuk, Kembang goyang toping wijen, dah pernah bikin pake resepnya THV, gethuk jga suka, tpi gk pernah buat,buatnya lama, teh poci, setau saya teh tubruk yg mereknya poci hehe, klo buah hampir semua buah keluarga saya suka buah, tpi paling suka buah pisang dan jeruk, selain harganya murah dan gk kenal musim, di tempat saya klo mauludan gk harus buah bun

    • Lutvita Jaya

      Mantap bund 😀

  • erotik

    If you want to use the photo it would also be good to check with the artist beforehand in case it is subject to copyright. Best wishes. Aaren Reggis Sela

    • Lutvita Jaya

      Apakah ada sumber yang keliru?, saya mencari di google dan menulis sumbernya.

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.