Lakukan Cara Ini Supaya Sayuran Lebih Tahan Lama

Bahan pangan nabati yang biasa disebut sayuran mempunyai kadar air yang tinggi dan kandungan nutrisi yang terkandung dalam sayuran sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Jenis-jenis sayuran terdiri dari sayuran berdaun, sayuran kacang-kacangan, sayuran buah dan sayuran umbi-umbian. Kalian bisa langsung makan beberapa jenis sayuran dalam keadaan segar maupun harus memasaknya terlebih dahulu.

Sayuran yang mempunyai kadar air tinggi masa simpannya tidak bisa tahan lama, thehasanvideo.com mempunyai beberapa tips supaya sayuran yang Kalian beli dalam jumlah banyak maupun jumlah sedikit di pasar atau tukang sayur tetap segar dan bisa untuk persediaan sayuran di rumah.

Teliti Memilih Sayuran

Gambar : sayuran

Sayuran di pasaran maupun di tukang sayur kesegarannya berbeda-beda. Sayuran yang masih segar dan tidak layu, masa simpannya bisa lebih tahan lama. Pilih warna sayuran yang masih terang dan tajam, tekstur sayuran masih keras dan tidak layu, aroma sayuran tidak bau busuk, daun yang berlubang dimakan ulat pada sayuran berdaun menandakan sayuran organik, namun pilihlah daun yang berlubang sedikit.

Menyimpan sayuran di suhu ruang

Gambar : asset-a.grid.id

Cara menyimpan sayuran yang berdaun di suhu ruang sebaiknya cuci bersih dahulu sayuran yang masih segar setelah Kalian beli di pasar atau tukang sayur. Cuci sayuran yang berdaun dengan menggunakan campuran air dan cuka atau lemon, lalu tiriskan dan keringkan supaya tidak terjadi pembusukan. Simpan sayuran berdaun di dalam wadah tertutup, lalu bungkus dengan plastik yang berlubang.

Simpan tomat, bawang merah, bawang putih, bawang bombay dan kentang di suhu ruang. Sisihkan bagian sayuran tersebut yang sudah busuk dan sudah tidak segar. Kelompokkan sayuran berdasarkan jenis-jenisnya. Letakkan sayuran di tempat yang kering, sejuk dan mempunyai sirkulasi udara yang baik.

Menyimpan sayuran di kulkas

Gambar : sayuran di kulkas

Sayuran yang Kalian simpan di dalam kulkas dengan cara yang tepat bisa membuat sayuran tahan lebih lama. Perhatikan keadaan sayuran sebelum menyimpan ke dalam kulkas, buang bagian jenis sayuran yang sudah lembek atau tidak segar. Simpan sayuran berdasarkan jenis-jenisnya dan bungkus dengan plastik yang berlubang. Beberapa sayuran yang bisa Kalian simpan di kulkas yaitu wortel, kubis, sayuran hijau, kembang kol, cabai dan daun bawang seledri. Tomat juga bisa Kalian simpan di dalam kulkas.

Simpan sayuran pada suhu yang ideal, sekitar 1 sampai dengan 4 derajat selsius. Menyimpan sayuran pada suhu yang semakin rendah akan membuat sayuran bernafas juga semakin rendah, sehingga akan semakin lama masa simpannya. Akan tetapi tidak disarankan menyimpan sayuran dalam keadan beku. Kelembaban dan kebersihan kulkas juga harus Kalian perhatikan.

Melakukan cara penyimpanan sayuran yang tepat akan membuat kandungan nutrisi yang ada pada sayuran masih tetap terjaga dan berkualitas. Semoga bermanfaat dan selamat memasak.

Cara Kalian menyimpan sayuran bagaimana? Tulis di kolom komentar.

Share it!

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.