4 Cara Mengurangi Terjadinya Bunga es di freezer

Kulkas yang memiliki 1 pintu biasanya di bagian freezer lama kelamaan akan muncul  bunga es dan pastinya mengganggu Kalian dalam menyimpan makanan. Bunga es terjadi karena proses membekunya uap air di dalam kulkas. Berikut beberapa tips supaya bunga es tidak cepat tebal :

1. Buka Tutup Freezer Seperlunya

Ambil makanan di freezer seperlunya, lalu tutup kembali sampai rapat. Terlalu sering membuka tutup freezer akan membuat suhu di dalam freezer terus meningkat dan membuat bunga es semakin banyak dan tebal. Suhu di dalam freezer sangat rendah, apabila membuka tutup freezer akan membuat bercampurnya suhu di luar dan di dalam freezer. Akibatnya suhu freezer akan meningkat.

2. Simpan Makanan Tidak Berdesakan

Gambar : gemrielia

Simpan makanan dengan rapi dan tidak berdesakan supaya sirkulasi udara yang ada di dalam freezer dapat tersalur sempurna ke semua makanan.  Menyimpan makanan yang terlalu padat akan menngakibatkan bunga es cepat menebal, selain itu makanan akan berkurang kesegarannya dan tagihan listrik akan membengkak.

3. Suhu Makanan

Gambar : Sosis Popcorn

Dinginkan di suhu ruang terlebih dahulu apabila ingin menyimpan makanan di freezer. Menyimpan makanan di freezer dalam keadaan hangat atau panas akan membuat suhu freezer menjadi naik, akibatnya uap air meningkat dan akan terjadi bunga es semakin tebal.

4. Simpan Makanan Berdasarkan jenisnya Dalam Keadaan Tertutup

Gambar : beritasatu

Bungkus rapat makanan yang akan Kalian simpan di dalam freezer, apalagi menyimpan benda cair. Kelompokkan setiap jenis makanan, tidak mencampur menjadi satu.  Menyimpan makanan yang tidak tertutup rapat mengakibatkan uap air akan meningkat dan terjadi bunga es.

Segera bersihkan bunga es yang sudah menebal, karena akan membuat masa simpan makanan tidak tahan lama.

Share it!

One Comment

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.