Tahu Susu Kriuk Tanpa Susu Tanpa Tepung

( 5 out of 5 )
Loading...
  • 12 Potong Tahu SusuYield
  • 15 mPrep Time
  • 3:55 hCook Time
  • 4:10 hReady In
Print Recipe

Tahu yang sedang terkenal saat ini dan banyak dijual keliling, rasanya yang lembut di dalam dan kriuk diluar dinamakan Tahu Susu. Resep Tahu Susu dari thehasanvideo.com sangat hemat karena bahannya tidak menggunakan susu walaupun namanya Tahu Susu. Sumber resep yang digunakan thehasanvideo.com dari Bunda Evana Tati di Cookpad.

Sajikan Tahu Susu dengan Saos Sambal Bangkok rasanya sangat nikmat, resep lengkap Saos Sambal Bangkok dari thehasanvideo.com klik di sini, selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Potong masing-masing tahu menjadi 8 bagian, jika ingin tahu berukuran kecil. Potong tahu menjadi 4 bagian, jika ingin hasil tahu yang tebal.

  • Langkah 2 :

    Rebus air dengan menggunakan api sedang sampai mendidih dan matikan kompor, lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Tambahkan ketumbar bubuk, kaldu bubuk, garam, baking powder dan baking soda atau soda kue lalu aduk rata.

  • Langkah 3 :

    Masukkan potongan tahu dan rendam minimal selama 3 jam. Semua tahu harus terendam sempurna dan tidak ditutup, supaya airnya cepat dingin.

  • Langkah 4 :

    Air rendaman sudah menjadi dingin dan tekstur tahunya sudah terlihat lebih lembut, setelah merendam tahu selama 3 jam, Tiriskan dan goreng Tahu Susu atau simpan Tahu Susu dalam kulkas dan goreng sewaktu-waktu. Jika Kalian ingin menyimpan Tahu Susu untuk 2 atau 3 hari ke depan sebagai persediaan, maka biarkan potongan tahu terendam larutan bumbu. Simpan Tahu Susu di wadah tertutup di dalam kulkas.

  • Langkah 5 :

    Namun kalau Tahu Susu untuk persediaan di kulkas, sebaiknya takaran garamnya dikurangi separuhnya. Menyimpan lama Tahu Susu dalam keadaan terendam, rasa tahu menjadi rawan keasinan.

  • Langkah 6 :

    Panaskan secukupnya minyak goreng dengan menggunakan api sedang sedikit besar. goreng potongan tahu susu, jika minyak goreng sudah benar-benar panas. Balik tahu saat digoreng ketika salah satu sisi bawahnya sudah kering. Waktu yang dibutuhkan untuk menggoreng Tahu Susu cukup lama, yaitu sekitar 20 sampai dengan 30 menit. Sesuai dengan banyaknya minyak yang digunakan dan jumlah tahu yang digoreng.

  • Langkah 7 :

    Balik segera Tahu Susu apabila bagian bawah tahu sudah terlihat kuning kecokelatan. Pisahkan tahu yang bergandengan, supaya bisa kering sempurna dan mudah diangkat.

  • Langkah 8 :

    Angkat dan tiriskan Tahu yang sudah matang kuning kecokelatan. Tahu yang dipotong tipis, Tahu Susu menjadi kriuk dan garing. Akan tetapi ketika dibelah, isian Tahu Susu kurang cantik karena terlalu tipis dan tekstur Tahu Susu menjadi kurang lembut.

  • Langkah 9 :

    Suatu hari thehasanvideo.com membuat lagi dengan menggunakan tahu yang diiris tebal. Cara membuat dan bumbunya tetap sama, begitu juga dengan cara menggorengnya.

  • Langkah 10 :

    Goreng tahu dengan api sedang sedikit besar. Angkat tahu, jika sudah kuning kecokelatan dan semua tahu tidak bergandengan. Tahu yang dipotong tebal hasilnya lebih cantik dan menggugah selera. Isian tahunya juga lebih tebal, tekstur tahunya lebih lembut.

  • Langkah 11 :

    Sajikan Tahu Susu ketika masih panas dengan cabe rawit, sambal petis atau dicelupakn ke Saos Sambal Bangkok.

Tips dan Trik :

  • Tumpuk tahu ketika proses perendaman, pindah sesekali letak tahu supaya air perendam bisa tercampur dengan baik. Semua tahu harus terendam air dengan sempurna, sehingga saat proses penggorengan tahu bisa kering dan berserabut cantik.

  • Gunakan jenis tahu putih yang kokoh dan sudah menginap semalaman di kulkas, karena jenis tahu mempengaruhi hasil Tahu Susu yang dibuat. Hindari penggunaan tahu kuning.

  • Suatu hari thehasanvideo.com membuat dengan menggunakan tahu kuning dan hasilnya menjadi berkerak banyak di dasar wajan. Kemungkinannya karena menggunakan tahu kuning atau tahu kuning yang terlalu lembut, sehingga takaran 1 sdt baking soda dan baking powder terlalu banyak. Akibatnya ketika menggoreng kulit tahu kuningnya rontok dan mengelupas lalu mengendap di dasar wajan.

  • Thehasanvideo.com menggunakan tahu puith untuk membuat Tahu Susu hasilnya juga mengelupas terlalu banyak dan menjadi menggumpal. Ukuran tahu menjadi lebih kecil dan bentuknya terlihat kurang cantik.

  • Menurut thehasanvideo.com, gunakan takaran baking soda dan baking powder sesuai dengan jenis tahu yang Kalian pakai. Gunakan takaran baking soda dan baking powder masing-masing 1/2 sdt, apabila tekstur tahunya sudah lembut dan rapuh. Naikkan takaran baking soda dan baking powder masing-masing menjadi 1 sdt, apabila tahunya sudah cukup kokoh dan cenderung keras.

  • 1 Resep menghasilkan 12 potong Tahu Susu ukuran besar, apabila Kalian memotong tahunya menjadi 4 bagian dan jumlah tahunya 3 buah. Harga modal setiap 1 tahu yang ukuran besar yaitu : Rp. 1.000, sedangkan untuk harga jual setiap 1 tahu yang lebih besar umumnya Rp. 1500 sampai dengan Rp. 2000. 1 resep menjadi 24 Tahu Susu, apabila menggunakan tahu yang ukuran lebih kecil. Harga jualnya bisa separuh dari harga awal tahu yang ukuran besar.

  • Sesuaikan harga jual Tahu Susu dengan modal, hasil produk dan pangsa pasarnya. Penggunaan minyak goreng dalam pembuatan Tahu Susu hanya ¼ liter, karena jika untuk Kalian jual harus membuat 5 atau 10 kali dari resep Tahu Susu. Sehingga takaran minyak bisa Kalian lipat gandakan, menekan modal dan keuntungan akan lebih besar.

  • Takaran baking powder maupun baking soda per 1000 sampai dengan 1500 ml cukup 1 sdt saja. Rasa Tahu Susu akan mudah pahit, apabila takaran baking powder dan baking soda kelebihan.

Didowardah

Content Creator

Konten kreator di channel Youtube TheHasanVideo

Read More

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.