Cara Simple Membuat Saos Sambal Bangkok

( 0 out of 5 )
Loading...
  • 3 Botol Sambal SedangYield
  • 15 mPrep Time
  • 20 mCook Time
  • 35 mReady In
Print Recipe

Membuat Saos Sambal Bangkok sendiri lebih mudah dan sehat karena tanpa bahan pengawet dengan menggunakan resep dari thehasanvideo.com yang anti gagal. Sajikan Saos Sambal Bangkok untuk aneka gorengan, olahan dimsum, siomay, bakso goreng, bakwan, tahu isi, tahu walik, pempek dan sempol. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-Bahan :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Masak gula pasir dengan api sedang sampai meleleh dan menjadi karamel, lalu aduk supaya meleleh lebih cepat dan merata. Tuang air matang sedikit demi sedikit, setelah semua gula mencair. Jangan tuang semua 400 ml air matang, sisakan sekitar 100 ml untuk Kalian tuang kembali nanti.

  • Langkah 2 :

    Kemudian masak sampai semua gumpalan gula larut, lalu masukkan bumbu cabe rawit dan bawang putih yang sudah dihaluskan kasar. Setelah itu, masak sampai bau langu cabe hilang dan bawang putih harum.

  • Langkah 3 :

    Selanjutnya tambahkan saus tomat, saus sambal, minyak wijen, garam, kaldu bubuk dan aduk rata. Kemudian masukkan sisa air yang 100 ml tadi, lalu masak sampai mendidih. Setelah itu, tambahkan cuka makan atau ganti dengan perasan jeruk nipis atau lemon.

  • Langkah 4 :

    Terakhir, masukkan larutan maizena atau tepung jagung dan aduk rata. Selanjutnya masak sampai mendidih, jangan lupa cicipi rasanya dan pastikan asam, asin dan manisnya sudah sesuai di lidah masing-masing.

  • Langkah 5 :

    Matikan api, jika saus sudah meletup. Kemudian angkat saus sambal dan saring. Sajikan Saos Sambal Bangkok dengan aneka gorengan atau sesuai selera.

Tips dan Trik :

  • Sesuaikan tingkat kekentalan sambal sesuai selera, Suatu hari thehasanvideo.com membuat saos sambal dengan tekstur yang lebih encer. Terkadang biji cabenya sengaja tidak dibuang supaya pedasnya semakin terasa.

  • Tambah takaran cabe lebih dari 10 buah, supaya lebih pedas. Bagi yang tidak suka pedas, Kurangi takaran cabe kurang dari 10, supaya pedasnya lebih ringan. Sesuaikan juga takaran gula, garam dan bawang putih. Sesuaikan dengan selera masing-masing dan tidak harus sama dengan resep. Namun tetap ikuti untuk cara membuatnya, terutama membuat gula sampai menjadi karamel supaya hasil sambal lebih sedap dan enak.

  • Pastikan gulanya sudah benar-benar meleleh, meskipun terlihat mudah tetapi harus teliti. Masak dengan api sedang sambil aduk-aduk Saos Sambalnya, apabila masaknya dengan api terlalu kecil, gula menjadi susah meleleh dan rawan mengeras. Akan tetapi kalau masak dengan api besar, gula menjadi gosong dan hasil karamel menjadi pahit. Pastikan menggunakan api sedang sambil terus aduk, jika sudah meleleh semua segera tuang air dan kecilkan apinya. Dengan begitu hasil karamel bisa cantik dan rasanya tidak pahit.

  • Kemas Saos Sambal Bangkok setelah dingin dalam botol plastik dan ditutup rapat, supaya sambal bisa lebih awet. Kemudian simpan dalam kulkas supaya bisa awet 12 sampai dengan 15 hari. Jika di suhu ruang, karena tanpa pengawet. Sambal bangkok hanya bisa bertahan sekitar 2 sampai 3 hari saja.

Didowardah

Content Creator

Konten kreator di channel Youtube TheHasanVideo

Read More

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.