5 Tempat Makan Unik Di Yogyakarta, Sayang DIlewatkan

Selain tempat wisata dan kota pendidikan, kota Yogyakarta juga menjadi gudang kuliner yang cakep-cakep. Menu-menunya juga tidak kalah enak dan sesuai dengan tema tempat makannya. Harganya bisa memilih dari yang murah sampai mahal. Berikut ini rekomendasi tempat makan di Yogyakarta :

1. The House Of Raminten

Gambar : Raminten

Tempat makan yang terletak di jalan Faridan M Noto No 7 Kota Baru Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta menyajikan menu makanan jawa dengan suasana tradisional. Ketika Kalian berada di depan pintu masuk sudah tercium bau dupa terbakar. Ada juga arca perempuan separuh baya dan bersanggul besar disebut Raminten yang tidak lain adalah seorang pria bernama Hamzah Batik pemilik resto tersebut. Keunikan lain dari The House Of Raminten yaitu Kasir berjalan, pelayan membawa tas uang di meja masing-masing pelanggan yang siap untuk menerima pembayaran.

2. Abhayagiri

Gambar : Abhayagiri

Tempat makan yang terletak di Heritage Resort, RT.02/RW.01, Sumberwatu, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyajikan makanan global dengan cara prasmanan. Suasananya sangat indah dan asri, Kalian bisa menikmati indahnya gunung merapi, candi prambanan dan kota Yogyakarta. Selain rumah makan yang indah, Abhayagiri juga menyediakan tempat penginapan dengan segala fasilitas yang memuaskan. Sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga.

3. Jejamuran

Gambar : Jejamuran

Sesuai namanya, rumah makan jejamuran menyediakan aneka olahan berbahan dasar jamur dan pastinya rasa dan aromanya menggugah selera. Rumah makan Jejamuran terletak di jalan Pendowoharjo, Niron, Pandowoharjo, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempatnya luas dan nyaman, harga makanannya pun juga terjangkau. Selain rumah makan, di Jejamuran juga ada edukasi tentang aneka macam jamur.

4. Sate Klatak

Gambar : Jejamuran

Sate yang berbeda dengan yang lainnya, karena menggunakan daging kambing muda hanya dibumbui dengan garam dan ketika proses pembakaran akan berbunyi klatak-klatak. Sehingga dinamakan Sate Klatak, selain itu tusuknya menggunakan jeruji besi. Konon katanya besi dapat menghantarkan panas dengan cepat sehingga akan membuat daging kambing cepat matang. Pusat kuliner Sate Klatak di Yogyakarta terletak di daerah Pasar Jejeran, Bantul.

Namun ada beberapa tempat penjual Sate Klatak yang terkenal, yaitu Sate Klatak Pak Bari berada di Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Wonokromo II, Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sate Klatak Pak Jeje beradan di jalan Magelang No.Km. 6.5, Jombor Lor, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sate Klatak Pak Jede berada di jalan Nologaten No.46, Nologaten, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Warung Sate Klatak legendaris milik Pak Pong terletak di jalan Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

5. Angkringan

Gambar : Angkringan

Salah satu ikon dari kuliner di Yogyakarta yaitu Angkringan, yang menjajakan dagangannya dengan menggunakan gerobak sederhana beratap terpal plastik. Menunya ada nasi kucing, sate telur puyuh, sate usus, gorengan, kopi jos dan wedangan lainnya. Harganya juga sangat terjangkau, sehingga menjadi tempat favorit ketika kantong kering khususnya bagi mahasiswa.

Pilihan Kalian yang mana nih untuk menikmati kuliner di yogyakarta?. Tulis di kolom komentar ya.

Share it!

Tulis komentar

Your email address will not be published.

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.