Isian Snack Box Super Cute | Tetap Lembut Walau Disimpan di Kulkas | Bugis Mandi Merah Putih

  • Yield: 30 Buah
Watch Video
Loading...
(5 / 5)

Kue basah tradisional Bugis Mandi bisa Kalian jadikan untuk isian snack box atau untuk sajian teman minum teh. Kue Bugis Mandi Merah Putih dari thehasanvideo sangat spesial menyambut hari ulang tahun Negara Kita Indonesia karena warnanya yang cantik merah putih dan pastinya rasanya enak,  manis serta gurih. Isian unti kelapanya bisa tahan sampai 6 bulan, resep klik di sini. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan :

  • Bahan :
  • Bahan Vla Santan :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Bulatkan unti kelapa siap pakai supaya mudah Kalian jadikan isian. Berat masing-masing bulatan sekitar 8 g, total bulatan unti kelapa ada 30 buah. Sisihkan.

  • Langkah 2 :

    Buat larutan santan, tuangkan santan instan kental. Tambahkan air, lalu aduk rata. Panaskan larutan santan, tambahkan gula pasir, garam, bubuk vanili. Masak dengan menggunakan api sedang sedikit kecil sambil aduk-aduk sampai larutan santan menjadi panas dan hampir mendidih. Matikan api kompor dan tambahkan pewarna merah karena akan membuat Bugis merah putih. Aduk sampai tercampur rata, angkat dan diamkan sampai sedikit hangat.

  • Langkah 3 :

    Masukkan tepung ketan putih, kentang kukus halus, lalu tuang larutan santan secara bertahap sambil uleni sampai kalis. Hentikan penuangan larutan santan apabila adonan sudah kalis dan bisa Kalian pulung. thehasanvideo.com menggunakan 200 ml larutan santan, adonan sudah bisa dipulung. Sisihkan.

  • Langkah 4 :

    Olesi tangan dengan secukupnya minyak goreng supaya tidak lengket ketika membentuk adonan Bugis. Ambil secukupnya adonan dengan berat 18 g, lalu isi dengan unti kelapa dan bulatkan. Lakukan dengan cara yang sama sampai adonan habis.

  • Langkah 5 :

    Gunakan cetakan kue talam yang sudah terolesi minyak supaya lebih rapi. Masukkan kue ke dalam cetakan kue talam. Panaskan kukusan, lalu tata cetakan kue talam yang sudah terisi Bugis ke dalam kukusan. Segera kukus dengan menggunakan api sedang sekitar 20 sampai dengan 25 menit atau sampai matang. Angkat Bugis yang sudah matang dan biarkan sampai dingin, lalu keluarkan dari cetakan.

  • Langkah 6 : Vla Santan :

    Masukkan santan instan kental ke dalam wadah, tambahkan air lalu aduk rata. Sisihkan. Masukkan tepung maizena ke dalam wadah, tambahkan tepung beras dan air hangat. Aduk sampai tercampur rata. Sisihkan.

  • Langkah 7 :

    Tuangkan larutan santan ke dalam panci, tambahkan garam halus, daun pandan. Masak dengan menggunakan api sedang sedikit kecil sambil aduk-aduk sampai mendidih, waktunya sekitar 10 menit. Kecilkan api kompor, lalu masukkan larutan tepung maizena dan tepung beras. Aduk cepat sampai adonan menggumpal, tambahkan air panas supaya adonan lebih halus dan lembut. Masak sampai adonan meletup-letup, lalu matikan api kompor. Saring adonan dalam keadaan hangat supaya lebih lembut, Kalian juga harus menghaluskan adonan dengan menggunakan chopper atau blender.

  • Langkah 8 :

    Siapkan secukupnya tali kawat dan plastik OPP dengan ukuran 12 x 12 cm. Sobek salah satu sisi plastik sampai membentuk kerucut. Masukkan secukupnya vla santan ke dalam plastik segitiga, lalu semprotkan secukupnya Vla santan ke dalam plastik, masukkan juga bulatan kue bugisnya, rapatkan dan ikat dengan tali kawat. Rapikan sisa plastik dengan cara digunting, sesuai selera. Hias sesuai selera supaya lebih cantik.

Tips dan Trik :

  • Penggunaan larutan santan dalam pembuatan adonan Bugis tidak bisa persisi karena sesuai dengan tingkat kelembapan kentang dan tepung yang Kalian gunakan.

  • Bungkus kue Bugis sudah dalam keadaan dingin supaya tidak mudah basi. Gunakan plastik segitiga untuk menuangkan adonan supaya hasilnya lebih menarik.

  • Kalian bisa mengukus adonan kue Bugis dengan menggunakan alas daun pisang. Oles minyak goreng tipis-tipis terlebih dahulu di bagian tangan supaya tidak lengket.

Tulis komentar

Your email address will not be published.

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.