Bakso Gepeng Kenyal Alami| Bakso Sapi Homemade

Loading...
(5 / 5)

Salah satu inovasi dalam membuat pentol bakso yaitu berbentuk gepeng dan tidak harus bulat. Bentuknya unik dan langka, rasanya pun enak sekali dan sangat cocok untuk ide jualan. cara membuatnya mudah dan lebih cepat selesai. Sajikan dengan kuah ala abang-abang klik di sini beserta sambalnya klik di sini . Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Masukkan daging sapi ke dalam food processor atau chopper, proses sampai sedikit halus. Kemudian tambahkan cacahan es batu, proses sampai halus. Tambahkan garam krosok, bawang putih goreng halus, royco, lada bubuk, baking powder, putih telur. Tutup dan proses kembali sampai tercampur rata.

  • Langkah 2:

    Tambahkan tepung sagu, proses sampai adonan lembut dan tercampur rata. Tekstur adonan untuk bakso gepeng cenderung lebih lembek supaya lebih mudah mencetaknya.

  • Langkah 3 :

    Panaskan secukupnya air dan masak sampai mendidih, lalu kecilkan api kompor sekecil-kecilnya atau matikan kompor terlebih dahulu. Bentuk bakso dengan menggunakan tangan, lalu ambil adonan dengan sendok makan sedikit lebar. Getokkan di atas permukaan yang keras seperti panci, sehingga bulatan bakso menjadi gepeng. Masukkan ke dalam air panas supaya tidak mudah lengket. Masukkan sendok cetakan ke dalam mangkok yang berisi es batu, supaya hasil bakso mudah terlepas dan mulus.

  • Langkah 4 :

    Nyalakan kembali api kompor dan masak dengan menggunakan api sedang sedikit kecil sampai bakso matang atau sampai semua bakso mengapung. Angkat dan masukkan ke dalam air es supaya lebih cepat dingin serta lebih kenyal. Diamkan sekitar 5 sampai dengan 7 menit atau bakso sampai dingin, tiriskan.

Tips dan Trik :

  • Penggunaan garam krosok supaya tekstur pentol bakso gepeng kenyal dan tidak menggantinya dengan garam halus.

  • Celupkan jari ke dalam rendaman potongan es batu sendok, lalu rapikan adonan secara manual dengan menggunakan jari dingin. Adonan sama sekali tidak lengket karena jari jemari dalam keadaan dingin.

  • Pentol bakso gepeng setelah jadi bisa langsung Kalian olah dengan menambahkan kuah bakso enak ala abang-abang atau simpan di dalam freezer sebagai persediaan makanan beku. Kemas pentol bakso gepeng dengan menggunakan plastik vacuum, sehinggan pentol bakso gepeng akan tetap segar dan tahan sampai 6 bulan.

Tulis komentar

Your email address will not be published.

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.