Awet 3 Hari | Ketan Serundeng Pulen Ide Jualan  

  • Yield: 30 Buah
Watch Video
Loading...
(5 / 5)

Jajanan tradisional Ketan Serundeng sangat enak sekali dan sangat cocok untuk suguhan di rumah, apalagi untuk isian snack box sangat tepat lagi. Resep Ketan Serundeng dari thehasanvideo sangat mudah untuk Kalian ikuti dan bisa awet sampai 3 hari. Resep Serundeng Awet 1 Tahun klik di sini. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan :

  • Bahan :
  • Bahan Topping :
  • Bahan Larutan Santan (aduk rata) :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Cuci bersih beras ketan, lalu rendam dengan air galon. Rendam sekitar 1 sampai dengan 2 jam supaya hasil ketan pulen sempurna. Buang air rendaman, lalu tiriskan.

  • Langkah 2 :

    Panaskan kukusan, lalu alasi sarangan kukusan dengan daun pisang robek-robek. Masukkan beras ketan, lalu buat lubang di tengah supaya uap panas lebih merata sehingga beras lebih cepat empuk dan matang. Tambahkan 1 lembar daun pandan supaya lebih wangi. Kukus beras ketan sampai setengah matang, sekitar 30 menit. Sisihkan

  • Langkah 3 :

    Tuangkan minyak goreng di wajan terpisah, masukkan bawang merah halus. Tumis menggunakan api sedang sedikit kecil sampai harum. Kemudian masukkan larutan santan, tambahkan daun salam, 2 lembar daun pandan ikat simpul, daun jeruk, sereh, kaldu bubuk atau Royco dan garam. Masak dengan menggunakan api sedang sedikit kecil sampai mendidih sambil terus aduk-aduk supaya santan tidak pecah. Waktunya sekitar 15 menit, lalu matikan api kompor dan sisihkan.

  • Langkah 4 :

    Kembali ke beras ketan yang Kalian kukus, teksturnya masih sedikit keras karena masih belum matang sempurna. Angkat beras ketan, lalu campurkan dengan larutan santan Ketika masih panas. Masukkan secara bertahap, lalu aduk-aduk sampai tercampur rata.

  • Langkah 5 :

    Daun pandan, daun jeruk dan daun salam sebaiknya tidak Kalian buang dulu supaya hasil ketan menjadi lebih wangi ketika proses mengukus ketan kembali. Tambahkan air jeruk lemon atau nipis supaya ketan awet lebih lama, aduk sampai tercampur rata. Diamkan sekitar 15 menit sampai larutan santan terserap sempurna.

  • Langkah 6 :

    Tempatkan ketan kembali ke dalam sarangan kukusan setelah santan terserap. Kukus kembali sekitar 30 menit dengan menggunakan api sedang sampai ketan matang. Tetap lanjut kukus dengan menggunakan api kecil selama 30 menit supaya ketan awet lebih lama. Total waktu memasak sekitar 60 menit.

  • Langkah 7 :

    Biarkan nasi ketan sampai dingin suhu ruang, aduk-aduk sambil kipas-kipas supaya uap panas cepat hilang sampai hasil nasi ketan tidak mudah basi.

  • Langkah 8 :

    Siapkan plastik OPP dengan ukuran 12 x 12 cm, sobek di salah satu sisi plastik supaya membentuk kerucut. Ambil 5 g atau sekitar 1 sdm serundeng abon, ambil juga 1 kepal nasi ketan dengan berat 55 sampai dengan 60 g. masukkan ke dalam plastik dan ratakan. Hias dengan potongan daun pandan dan cabe merah, alasi dengan daun pisang dan tutup. Rapikan dengan gunting, lalu rekatkan dengan menggunakan potongan isolasi.

Tips dan Trik :

  • Kalian bisa mencampur serundeng kelapa dengan abon ayam atau sapi, selain menggunakan serundeng kelapa semua. Perbandingannya 2:1 atau 1:1 sesuai selera. cara mencampur abon ayam atau sapi dengan serundeng kelapa perbandingan 1:1, masukkan 75 g serundeng kelapa dan 75 g abon sapi atau ayam. Aduk rata.

  • 1 resep bisa jadi sekitar 30 buah Ketan Serundeng yang cantik, pulen dan awet lama. Awet lama karena jika ketannya benar-benar tanak, paling sedikit kukus selama 1 jam. Kemudian saat membungkus Ketan Serundeng menggunakan tangan bersih dan saat mengemas, ketannya sudah benar-benar dingin. Sehingga Ketan Serundeng bisa awet enak di suhu ruang selama 3 hari.

Tulis komentar

Your email address will not be published.

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.