5 CARA MASAK ALTERNATIF TANPA MINYAK GORENG | IRIT MENYEHATKAN!

Selain dengan cara digoreng, sudah barang tentu masih banyak cara lain dalam mengolah makanan hingga matang agar dapat dikonsumsi dengan baik. Mulai dari dengan cara direbus, digoreng, dibakar, dikukus, dipanggang dll.

Dari sekian cara tersebut, kebanyakan dari kita cenderung lebih menyukai memasak makanan dengan cara digoreng. Karena selain hasilnya yang gurih dan renyah, cara ini juga dianggap lebih mudah dan praktis.

Namun melihat harga minyak goreng yang akhir-akhir ini sedang merangkak naik, juga mengingat adanya resiko kolesterol dan lemak jahat yang terkandung dalam minyak goreng. Maka tidak ada salahnya jika kita jajaki alternatif metode masak lain yang tidak melulu bergantung pada minyak goreng.

Berikut kami hidangkan beberapa cara masak nir-minyak yang dapat Anda pilih sebagai alternatif dari metode goreng-menggoreng.

1. Rebus

Merebus termasuk alternatif cara masak yang cukup sederhana dan praktis untuk diterapkan. Merebus tanpa minyak ini dapat diaplikasikan dengan menggunakan air atau kaldu sayuran.

Dibandingkan dengan ayam goreng yang serba membutuhkan minyak goreng, ayam rebus tanpa minyak tentu jauh lebih sehat untuk tubuh dan lebih ramah di kantong.

Anda dapat membuat sup dengan menggunakan air atau kaldu mendidih, baru kemudian menambahkan daging ayam dan sayuran ke dalamnya.


2. Kukus

Metode selanjutnya adalah kukus-mengukus. Berkat tidak adanya campur tangan minyak goreng pada metode yang satu ini, kadar kolesterol dan lemak pada makanan hasil kukusan tentu lebih rendah, sehingga aman dan sehat bagi tubuh.

Metode kukus dapat diaplikasikan pada pengolahan makanan seperti daging, ikan, dan ayam. Terlebih lagi, cara ini juga dapat memberikan aroma khas kukusan yang menggugah selera.


3. Pepes

Mirip dengan metode kukus dan dikenal sebagai cara masak yang populer di kalangan suku Sunda, metode pepes nyatanya mampu menghasilkan rasa makanan yang tidak kalah enak dengan lauk hasil gorengan.

Setelah melumuri si lauk dengan rempah dan bumbu, kemudian dibungkus dalam balutan daun pisang, lalu akhirnya dikukus, menghasilkan cita rasa lauk yang ma nyus. Anda bisa membuat pepes tahu, ikan, atau jamur sebagai alternatif lauk gorengan.


4. Panggang

Makanan yang dipanggang mengandung kadar lemak dan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan makanan yang digoreng, sehingga tidak membuat gemuk.

Lebih dari itu, cara memasak ini juga lebih baik dalam menjaga nutrisi dalam makanan, sehingga dinilai lebih sehat bagi tubuh.


5. Bacem

Jenis masakan khas Jawa Tengah ini biasanya menggunakan tempe atau tahu. Aroma dan cita rasanya yang khas selalu berhasil menjadi pesaing berat lauk-pauk hasil gorengan.

Secara singkat, cara membacem ini diawali dengan melumurkan bumbu, rempah, dan gula merah pada tahu atau tempe. Kemudian baceman direbus hingga bumbunya benar-benar meresap. Lalu kukus baceman sebelum dihidangkan dengan tanpa digoreng.



Demikian kelima kilasan pendek tentang alternatif cara memasak tanpa minyak goreng yang cukup mudah dan sederhana untuk dicoba di rumah.

Kira-kira, cara manakah yang paling favorit bagi Anda? — Well, apapun jawabannya, yang jelas, kesemuanya sama-sama baiknya, sebab selain sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan minyak goreng, kelima cara masak alternatif di atas ternyata juga mampu menghasilkan kualitas makanan yang lebih sehat.

Selamat bereksperimen dan Happy cooking…!

Sumber: Berbagai sumber, HaloDoc.

Share it!

Tulis komentar

Your email address will not be published.

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.