Tidak Perlu Pusing, Garam Juga Berguna Untuk Keperluan Rumah Tangga Selain Bumbu Masakan

Garam mengandung dua unsur kimia yaitu Natrium (Na) dan Klorin (Cl). Selain untuk penguat rasa pada masakan, garam juga berguna untuk keperluan rumah tangga lainnya. Seperti yang sudah thehasanvideo rangkum di bawah ini :

1. Membersihkan Permukaan Setrika Yang Kotor

Gambar : rumahlia

Permukaan setrika yang kotor akibat gosong, lengket dan kotoran baju yang menempel sangat mengganggu kegunaan setrika untuk melicinkan pakaian. Garam bisa Kalian gunakan untuk membersihkan permukaan setrika yang kotor. Letakkan garam di atas kertas, lalu gosokkan pada bagian yang kotor. Hasilnya bersih dan mulus kembali.

2. Membunuh Hewan Lintah

Gambar : ytimg

Tubuh hewan lintah mengandung banyak air dan kulitnya membran berpori. Ketika Kalian menaburkan garam di tubuh lintah, lama kelamaan akan larut di lendir tubuh lintah yang berfungsi untuk berjalan dan peristiwa seperti ini disebut osmosis.

Mengutip dari merdeka.com, osmosis adalah perpindahan molekul “solution” melalui selaput berpori. “solution” merupakan campuran homogen antara dua atom atau lebih dalam fase padat. Hewan Lintah akan mengalami osmosis yang berakibat dehidrasi, mengecil, kering dan mati apabila terkena taburan garam. Kandungan garam di luar tubuh lintah lebih banyak dibandingkan di dalam tubuh setelah Kalian taburkan garam ke tubuhnya.

3. Membersihkan Warna Kuning di Baju Sekitar Ketiak

Gambar : asset-a

Keringat yang keluar dari ketiak lama kelamaan akan meninggalkan noda kuning di baju yang Kalian gunakan, apalagi warna bajunya putih. Bersihkan dengan menggunakan garam, taburkan garam dengan air panas pada bagian kain yang berwarna kuning. Kemudian diamkan beberapa saat sekitar 30 menit, setelah itu bilas dengan air bersih dan cuci dengan sabun cuci seperti biasa. Baju kembali bersih dan wangi.  

4. Campur Dengan Sabun Cuci Piring

Gambar : youtube The Hasan Video

Sabun cuci piring cair bisa Kalian perbanyak dengan mencampurkan air dan garam, sehingga bisa menghemat pengeluaran. Cara membuatnya sudah ada di Youtube The Hasan Video klik di sini. Larutan garam sendiri berfungsi sebagai anti bakteri. Sabun cuci piring yang sudah tercampur dengan garam bisa juga untuk mencuci baju, hasilnya mejadi lebih bersih dan wangi segar.

5. Membersihkan Karatan Pada Besi

Gambar : berkeluarga

Manfaat lainnya dari garam bisa untuk membersihkan besi yang sudah berkarat. Buatlah larutan campuran garam dan jeruk nipis, lalu celupkan kain ke dalam larutan tersebut dan gosokkan pada besi yang sudah berkarat. Lakukan secara berkala supaya hasilnya memuaskan.

Selain untuk memasak ternyata banyak juga manfaat lainnya untuk keperluan rumah tangga. Kira-kira apalagi ya manfaatnya, ada yang tahu? Tulis di kolom komentar.

Share it!

Tulis komentar

Your email address will not be published.

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.