5 Tips Puasa Tetap Segar Sepanjang Hari

Bulan Ramadhan datang hanya sekali dalam setahun dan semua umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Biasanya berpuasa seharian akan membuat tubuh menjadi lemas dan kurang semangat untuk beraktifitas. Berikut beberapa tips supaya puasa Kalian tetap segar dan semangat.

1. Air Putih

Gambar : Air Putih

Asupan air putih harus terpenuhi 2 liter atau 8 gelas meskipun berpuasa seharian, karena tubuh mengandung 60 persen cairan dan harus di jaga setiap hari. Minum air putih 2 gelas ketika berbuka, 2 gelas setelah shalat tarawih, 2 gelas menjelang tidur dan 2 gelas ketika sahur. Air kelapa juga bisa mengganti cairan tubuh yang hilang karena mengandung isotonik.

2. Sahur Dengan Buah

Gambar : Youtube The Hasan Video

Buah mengandung banyat serat dan vitamin. Sahur dengan makan buah justru membuat tubuh menjadi segar dan tidak mudah mengantuk. Jenis buah yang bisa mengenyangkan diantaranya kurma, alpukat, apel, pisang, blewah, pepaya.

3. Menjaga Pola Tidur

Gambar : Pola Tidur

Tubuh juga perlu istirahat ketika berpuasa. Atur pola tidur Kalian ketika malam maupun siang hari. Kurang tidur dan kebanyakan tidur ketika berpuasa akan membuat tubuh menjadi lemas. Beraktifitas menjadi semangat dengan menjaga pola tidur yang sesuai.

4. Olahraga

Gambar : Olahraga

Olahraga juga penting ketika berpuasa, meskipun hanya jalan-jalan di pagi hari setelah sholat subuh. Waktu lain untuk berolahraga ketika menjelang berbuka atau setelah berbuka. Lakukan olahraga meskipun ringan dan hanya sebentar karena olahraga dapat menjaga kebugaran, kesehatan serta meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Berbuka Dengan Yang Manis

Gambar : Youtube The Hasan VIdeo

Waktu berbuka sangat ditunggu-tunggu bagi orang yang telah berpuasa, karena sudah menahan lapar dan haus seharian penuh. Berbukalah dengan yang manis-manis terlebih dahulu untuk mengembalikan energi tubuh karena kadar gula dalam darah menurun. Awali berbuka dengan makanan pembuka seperti kurma, buah-buahan dan air putih. Kemudian beri jeda waktu untuk beribadah shalat magrib. Setelah itu makan malam dengan sewajarnya dan jangan berlebihan supaya perut tidak begah dan tambah gemuk.

Tulis di kolom komentar ya kalau ada tips lainnya supaya puasa tetap segar dan semangat. Selamat berpuasa semoga sehat selalu.

Share it!

Tulis komentar

Your email address will not be published.

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.