12 Makanan dan Minuman Khas Bali, No.4 Cocok Untuk Oleh-oleh

Pulau Bali selalu menjadi salah satu tujuan wisata seluruh dunia, karena keindahan alamnya yang bagus untuk liburan. Kuliner yang ada di Bali juga beraneka ragam dan lezat. Berikut thehasanvideo.com rangkum beberapa makanan dan minuman khas dari Pulau Dewata.

1. Seafood Jimbaran

Gambar : transstudiomall

Kalian yang berlibur di Bali daerah Kepulauan banyak menemukan makanan hasil laut atau seafood. Jimbaran Bali terkenal dengan makanan seafoodnya, menikmati Seafood Jimbaran dipinggir pantai sangat diminati banyak wisatawan.

2. Sate Lilit

Gambar : Made Made

Makanan khas Bali lainnya Sate Lilit, dagingnya dicincang halus dan dicampur dengan kelapa parut. Dagingnya bisa menggunakan daging ikan maupun lainnya, tusuk sate yang digunakan menggunakan bambu khusus atau batang sereh. Kalian bisa membuat sendiri dengan menggunakan resep klik di sini, pasti ketagihan.

3. Loloh Cemcem

Gambar : Instagram

Minuman tradisional dari Bali yaitu Loloh Cemcem, rasanya seperti jamu dan manfaatnya sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita karena berbahan dasar rempah. Kalian semua bisa menikmati Loloh Cemcem untuk menjaga kesehatan tubuh karena tidak mengandung alkohol.

4. Pie Susu

Gambar : Youtube The Hasan Video

Oleh-oleh untuk orang rumah yang terkenal dari Bali yaitu Pie Susu. Makanan ringan Pie Susu menjadi kesukaan semua orang, karena rasanya yang gurih, garing di luar dan lembut di dalam. Kalian juga bisa membuat sendiri dengan bahan dan cara yang mudah, gunakan resep dari The Hasan Video klik di sini. Resepnya anti gagal.

5. Ayam Betutu

Gambar : asianfoodnetwork

Olahan ayam kampung dari Bali yaitu Ayam Betutu yang di masak dengan bumbu rempah khas Bali. Zaman dahulu tidak menggunakan ayam melainkan menggunakan daging bebek. Cara mengolahnya dengan menggunakan ayam utuh yang dilapisi dengan daun pinang, lalu dikubur di dalam tanah dengan bara api selama 10 jam. Namun sekarang memasak Ayam Betutu tidak membutuhkan waktu yang lama karena setelah ayam di rebus, lalu dipresto. Daging ayam akan cepat lunak, kemudian di panggang atau di goreng.

6. Nasi Campur Bali

Gambar : pegipegi

Campuran ayam betutu, sambal tomat, sate lilit, telur, pindang, nasi hangat dan taburan kacang tanah goreng menjadi makanan khas dari Bali dan lebih tepatnya dari Gilimanuk. Wisatawan banyak menyukai makanan Nasi Campur Bali dan selalu mencicipi ketika singgah ke sana dan banyak penjual Nasi Campur Bali yang menyajikan, tidak harus ke Gilimanuk.

7. Es Kuwut

Gambar : Dapur Naira

Minuman segar dari air, daging kelapa muda dengan campuran melon, selasih, perasan jeruk nipis yang ada di Bali namanya Es Kuwut. Minuman Es Kuwut sangat tepat untuk menikmati keindahan alam yang ada di Bali. Bagi orang muslim minuman ini sangat tepat untuk berbuka puasa, karena dapat menyegarkan tubuh setelah seharian berpuasa.

8. Lawar

Gambar : Shandy Suantara

Makanan yang ada di Bali yaitu Lawar, biasanya berbahan dasar daging babi dan campuran sayuran. Namun bagi orang muslim, dagingnya bisa diganti dengan daging yang halal. Cara membuat Lawar yang asli dengan mencampurkan darah binatang yang digunakan dan bagi Warga Bali yang tidak muslim sudah biasa dan disajikan ketika upacara adat sebagai sesajen. Bagi Kalian yang muslim bisa membuat Lawar sendiri dengan bahan dan cara yang halal ketika mengolahnya dengan menggunakan resep klik di sini.

9. Sambal Matah

Gambar : belirus

Sambal pelengkap makanan khas dari Bali adalah Sambal Matah. Bahan-bahannya mudah dan cuci sampai bersih dahulu bahan-bahannya karena disajikan mentah, tidak dimasak terlebih dahulu. Rendam cabai dengan air es, supaya lebih terlihat segar. Aroma Sambal Matah yang khas karena irisan bawang dan cabai akan membuat selera makan Kalian meningkat.

10. Sop Kepala Ikan

Gambar : metrobali

Menu makanan Sop Kepala Ikan menjadi kesukaan wisatawan yang berkunjung ke Bali. Ukuran kepala ikan yang besar seperti Kakap, Cakalang, Tenggiri, Barakuda dan Salmon dapat dimasak menjadi Sop Kepala Ikan. Tekstur mata ikannya sedikit berlemak, daging pipinya padat bertekstur dan kepala ikan mengandung banyak nutrisi daripada bagian tubuhnya. Masakan Sup Kepala Ikan dari Pulau Bali sangat nikmat, karena dibuat dengan bumbu khas Bali. Kalian akan ketagihan.

11. Rujak Kuah Pindang

Gambar : Made Ramalaksana

Olahan ikan dicampur dengan buah dan dibumbui rujak, hanya ada di Bali. Rasanya segar, gurih, asam, manis dan pedas. Sangat nikmat untuk cuaca panas pinggir pantai yang ada di Pulau Dewata. Masak terlebih dahulu ikan pindangnya dengan bumbu kuah pindang, lalu siramkan pada irisan buahnya.

12. Kopi Bali

Gambar : idntimes

Setiap daerah mempunyai produksi kopi yang melimpah, namun aroma dan rasanya berbeda-beda. Penghasil kopi dari Bali yang terkenal dari Kintamani dengan jenis kopi arabika yang sudah mendunia pemasarannya. Biji kopi dari Kintamani mempunyai ciri khas yang lembut dan manis yang khas dari kopinya. Daerah Kintamani yang sejuk membuat pohon kopi tumbuh subur dengan pengairan yang tradisional. Siapapun yang menikmati Kopi Bali akan dibuat ketagihan, karena rasanya yang ringan dan aroma khas.

Beberapa makanan dan minuman khas dari Bali di atas Kalian suka yang mana? Kalau masih ada yang kurang, tulis di kolom komentar.

Share it!

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.