Terkuak Penyebab Kelangkaan Minyak Goreng di Indonesia

Keberadaan minyak goreng akhir-akhir ini sulit untuk ditemui dan sangat langka, sehingga menjadi barang rebutan semua orang. Minyak goreng menjadi kebutuhan sehari-hari dan sangat penting untuk kebutuhan dapur maupun kebutuhan lainnya.

Menurut Kominfojatim, penyebab kelangkaan minyak goreng ada beberapa faktor. Pertama, Permintaan minyak nabati salah satunya CPO (Curd Palm Oil) saat ini di luar negeri sangat tinggi. Harga CPO di luar negeri sedang mengalami kenaikan harga sekitar 1100 dolar AS menjadi 1340 dollar. Produsen minyak goreng di Indonesia lebih memilih menjual ke luar negeri demi cuan.

Faktor kedua, program pemerintah B30 tentang pencampuran 30 persen diesel dengan 70 persen bahan bakar minyak jenis solar. Sehingga ada peralihan ke produksi biodiesel. Konsumsi yang seharusnya untuk minyak goreng namun digunakan untuk produksi biodesel. Hal ini karena ada kewajiban untuk pengusaha CPO supaya memenuhi pangsa pasar produksi biodiesel sebesar 30 persen.

Faktor ketiga, Pandemi Covid 19 yang belum usai bahkan terjadi gelombang ketiga mengakibatkan permintaan CPO di luar negeri sangat tinggi. Warga luar negeri mulai beralih mengkonsumsi CPO, sehingga permintaan ekspor ke luar negeri meningkat.

Faktor keempat, produsen minyak goreng di Indonesia hanya di beberapa daerah saja dan yang membutuhkan minyak goreng seluruh rakyat Indonesia. Penyebab kenaikan harga minyak goreng terdapat pada proses pendistribusian ke seluruh daerah Indonesia, karena harga kontainer dan perkapalan mengalami kenaikan.

Pemerintah sudah mengeluarkan program minyak goreng dengan harga yang lebih murah dari sebelumnya, namun jumlah pembeliannya juga terbatas setiap orang. Banyak orang berbondong-bondong mengajak keluarganya membeli minyak goreng dengan harga yang pemerintah tetapkan, sehingga siapa cepat dia yang dapat. Seharusnya tidak boleh “punic buying” supaya ketersediaan minyak goreng tidak langka dan semua rakyat mendapatkan minyak goreng..

Dampak yang terjadi dari kelangkaan minyak goreng yaitu kenaikan semua produksi yang menggunakan bahan baku minyak goreng. Di daerah Kalian bagaimana tentang kelangkaan minyak goreng? Tulis di kolom komentar ya.

Share it!

Tulis komentar

Your email address will not be published.

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.