Makanan Khas Sumatera Utara

Sumatera Utara salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Sumatera. Ibu Kota dari provinsi Sumatera Utara adalah di Medan. Selain memiliki beraneka ragam adat yang unik, Sumatera Utara juga memiliki beraneka macam makanan khas. Berikut beberapa makanan khas sumatera Utara :

1. Dekke Na Niura

gambar : wikimedia.org

Dekke Na Niura merupakan makanan khas Sumatera Utara yang tidak boleh dilewatkan siapa saja bila kita berkunjung kesana, karena dahulu kuliner lezat ini adalah makanan yang hanya dikonsumsi oleh raja-raja suku Batak. Bahan utamanya terbuat dari ikan mas, cara pembuatan Dekke Na Niura sangat mudah dan sederhana. Ikan mas yang sudah dibersihkan diolesi dengan asam dan bumbu halus lalu didiamkan kurang lebih selama empat jam. Dekke Na Niura ini lebih sedap disajikan dengan nasi hangat. 

2. Kue Ombus-Ombus

gambar : tagar.id

Di daerah Sumatera Utara terdapat kota kecil yang bernama Siborong-Borong. Ombus-ombus ini merupakan kue yang berasal dari kota kecil tersebut. Biasanya kue ombus-ombus ditemukan pada saat acara adat. Kue Ombus-Ombus ini apabila dimakan dengan minum kopi akan lebih nikmat.

Bahan utama membuat Kue Ombus-Ombus ini dari tepung beras, kemudian dicampur dengan gula merah sampai rata. Sebelum dikukus, adonan ombus-ombus dibungkus dengan daun pisang. Setelah itu dikukus sampai matang. Kue Ombus-Ombus lebih mantap di makan dalam keadaan masih hangat dengan minum kopi Toraja.

3. Mie Gomak

gambar : resep koki

Mie gomak juga termasuk makanan tradisional Sumatera Utara yang terbuat dari mie spageti sebagai bahan pokoknya. Perbedaan Mie Gomak dengan spageti terletak pada bumbu yang digunakan, Mie Gomak cara menyajikannya dengan merebus mie spageti bersamaan dengan bumbu-bumbunya.

4. Manuk Napinadar

gambar : twitter.com

Makanan yang juga dikenal dengan istilah ayam Napinadar ini merupakan salah satu jenis santapan yang biasanya ditemukan pada acara-acara adat. Proses pembuatan manuk napinadar termasuk sulit dan rumit, karena yang menjadi bahan inti yang diperlukan dari makanan satu ini adalah saos yang terbuat dari darah ayam. Proses membuat manuk napinadar dibutuhkan kesabaran.

Cara pembuatannya dimulai dengan memanggang ayam sebentar, kemudian disiram menggunakan saos darah ayam. Setelah itu ayam dicampur dengan aneka bumbu halus yang biasanya terbuat dari bawang putih dan andaliman. Kemudian setelah tercampur merata, ayam dimasak sampai matang dan barulah siap untuk disajikan.

5. Arsik

gambar : resep koki

Makanan khas yang lainnya yaitu Arsik. Makanan ini hampir mirip dengan Dekke Na Niura, karena bahan pokoknya menggunakan ikan mas. Sedangkan untuk cara membuatnya yang berbeda, Dekke Na Niura ikannya hanya didiamkan agar bumbu meresap. Sementara untuk Arsik ikan masnya dimasak terlebih dahulu.

Bumbu olahan khas dari tanah Tapanuli yang digunakan untuk membuat Arsik. Cara memasaknya dengan mengoleskan bumbu tersebut pada ikan mas kemudian dimasak dengan menambahkan sedikit minyak dan ditunggu hingga airnya mengering serta bumbunya sudah meresap sempurna.

6. Lappet

gambar : learning by doing esra

Makanan tradisional Lappet dengan Ombus-Ombus mempunyai kesamaan yaitu berbahan dasar tepung beras, gula merah dan juga menggunakan daun pisang untuk membungkus makanan. Cara memasaknya juga sama-sama dengan dikukus, yang membedakan Lappet menggunakan campuran santan kelapa sehingga bentuk yang dihasilkan juga berbeda. Lappet cocok dijadikan sebagai oleh-oleh karena memiliki berbagai varian rasa.

7. Dali Ni Horbo

gambar : loveusaha.com

Dali ni horbo cocok untuk para pecinta kuliner yang senang mencoba makanan unik-unik, karena bahan baku Dali Ni Horbo adalah susu kerbau yang telah dibekukan. Cara pembuatannya sederhana sekali, susu kerbau cukup dicampur bersama dengan bumbu khas Sumatera Utara. Biasanya bumbu yang wajib ada adalah andaliman, cita rasa dan penampakan yang ditampilkan Dali Ni Horbo hampir mirip-mirip dengan Arsik, hanya berbeda dibahan utama saja.

8. Bika Ambon

gambar : youtube the hasan video

Meskipun menggunakan kata ambon, ternyata kue satu ini asli dari Sumatera Utara. Hampir seluruh masyarakat Indonesia pasti sudah mengetahui dan bahkan mencicipi makanan khas Sumatera utara yang satu ini. Bika Ambon biasanya disajikan dengan berbagai macam bentuk sesuai selera yang membuat, Bika Ambon bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

9. Itak Gurgur

gambar : merah putih.com

Itak Gugur ini biasanya disajikan pada saat acara-acara adat, bahan dasar Itak Gurgur sama dengan Leppet. Pemberian nama makanan Itak Gurgur tidak lepas dari tepung beras, karena beras yang dihaluskan menjadi tepung secara tradisional dalam Batak disebut Itak.

Sementara kata Gurgur memiliki arti membara, makna filosofis yang dihasilkan dari perpaduan antara Itak dan Gurgur adalah suatu pengharapan agar yang memakannya dapat memiliki semangat yang membara. Hanya saja Itak dibuat dengan mencampur tepung beras dengan kelapa parut, air panas, dan sedikit gula pasir. Adonan kemudian dicampur rata dan dicetak menggunakan tangan sendiri. Setelah itu langsung bisa disantap, ada juga yang terlebih dahulu dikukus dalam air mendidih.

10. Anyang Pakis

gambar: youtube.com

Sekilas makanan khas Kabupaten Asahan Sumatera Utara ini mirip seperti urap-urap, namun sebenarnya Anyang Pakis berbeda dengan urap. Makanan ini terbuat dari sayuran pakis yang dibumbui dengan kelapa serundeng, serundengnya sendiri juga telah dibumbui dengan berbagai macam rempah khas. Sementara untuk pakis sebelumnya juga telah direbus atau dikukus terlebih dahulu, kemudian dicampurkan bersama bumbu serundeng yang sudah dimasak.

11. Sambal Tuktuk

gambar : kuliner haujek2014.blogspot.com

Sambal Tuktuk berasal dari daerah Tapanuli Sumatera Utara, sambal ini memiliki rasa yang sangat berbeda dari sambal pada umumnya. Meskipun merupakan sambal, namun tuktuk dibuat dengan tambahan ikan aso-aso atau ikan kembung yang sudah dikeringkan. Sementara untuk bahan sambal, tidak jauh berbeda dengan bahan sambal pada biasanya. Ciri khas dari Sambal Tuktuk yaitu penambahan ikan aso-aso kering suwir dan juga andaliman.

Demikian tadi beberapa makanan khas dari masakan populer di Sumatera Utara, kalau masih ada yang kurang dari masakan-masakan populer di Sumatera Utara bisa ditambahkan di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih 😀

Sumber : shopback.co.id

Share it!

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.