14 Camilan Keripik Serba Keriuk dari The Hasan Video

Berbicara soal camilan, apakah Pembaca lebih memilih camilan berkeriuk atau lebih memilih camilan yang empuk-empuk sejenis kue-kue basah …? Jika penulis yang ditanya sih, pasti lebih memilih camilan yang kres-kres keriuk. Selain karena camilan keriuk selalu identik dengan rasa-rasa gurih, juga karena camilan keriuk cenderung tidak gampang membuat perut cepat kenyang. Jadi bisa lebih lama dan awet untuk menemani saat-saat santai atau saat gak ada kerjaan.

Baiklah – untuk menyingkat waktu , artikel kali ini bakal membahas beragam kreasi olahan keripik. Tentu saja beserta video tutorial atau langkah-langkah pembuatannya yang telah tersedia di channel YouTube The Hasan Video. Mulai dari jenis keripik pisang yang sering nongol di warung-warung sebelum perempatan, hingga keripik-keripik unik seperti keripik usus, kaca dan terong yang tentunya bikin penasaran.


Keripik Pisang

Keripik Pisang

Varian keripik yang satu ini dapat dikatakan sebagai salah satu pemangku singgasana Keripik paling populer. Karena memang bahan utamanya yang mudah ditemukan di sekitar kita, juga proses dan cara pembuatannya pun tergolong mudah. Jadi, adalah sebuah hal yang lumrah jika kita selalu dapat menemukan Keripik Pisang hampir di setiap sudut Nusantara.

Seiring berjalannya waktu, Keripik Pisang tidak hanya melulu identik dengan rasa manis-gurih keriuk. Keripik Pisang kini sudah memiliki variasi aneka rasa, mulai dari varian rasa Karamel, Cokelat, greentea matcha, dan banyak lagi.

Keripik Singkong

Keripik Singkong

Keripik ini juga masih termasuk salah satu kreasi keripik paling masyhur, bahkan sepertinya sudah pasti tercatat di halaman pertama kamus para penggemar Camilan Keriuk. Sesuai dengan namanya, keripik yang berbahan dasar singkong ini selalu khas dengan cita rasa keriuk asin gurih di setiap gigitan.

Untuk membuat Keripik Singkong dengan tekstur yang terjamin keriuk, kita bisa memanfaatkan air kapur sirih. Namun, sebenarnya tanpa kapur sirih pun kita bisa membuat Keripik Singkong yang renyah. Meski memang langkah-langkah pembuatannya perlu diperhatikan untuk mendapatkan tekstur Keripik Singkong yang renyah dan keriuk. Penasaran dengan rahasia resep Keripik Singkong yang dijamin KERIUK, jawabannya bisa pembaca dapatkan di video berikut ini.

Keripik Sanjai Balado

Keripik Sanjai Balado

Tampilan keripik khas dari tanah Minangkabau ini terkenal nyentrik dengan lumuran sambal Balado yang selalu berhasil meluluhkan hati para pecinta kuliner pedas. Maka tak heran jika Keripik Sinjai acap kali menjadi oleh-oleh wajib saat mengunjungi daerah Bukittinggi.

Camilan keripik yang terbuat dari irisan tebal singkong dengan balutan lengket bumbu Balado ini sukses menyajikan perpaduan rasa gurih, renyah, manis, dan pedas yang Tunggal Ika.

Keripik Kentang (Potato Chip Ala Chitato)

Keripik Kentang (Potato Chip Ala Chitato)

Lanjut ke Keripik Kentang atau yang bisa kita kenal dengan Kripik Potato. Keripik Kentang dapat dikenal banyak umat berkat keberadaannya yang dapat dengan mudah kita temui di rak-rak toko swalayan. Teksturnya yang sudah pasti keriuk dan rasanya yang sangat beraneka membuat euforia Keripik jenis ini seperti tidak ada habisnya.

Keripik Kentang selalu khas dengan camilan yang ringan nan renyah dengan taburan bumbu yang selalu berhasil membuai para penikmatnya untuk mengemut jari jemari layaknya bayi menyusui.Dan kabar baiknya, rahasia kernyahan Kripik Potato ini dapat pembaca temukan di salah satu video kami – The Hasan Video, tentunya beserta langkah-langkah yang jelas dan mudah diikuti.

Keripik Kentang Balado

Keripik Kentang Balado

Kerennya lagi – untuk para penggemar rasa pedas, The hasan Video juga telah mengunggah video tutorial Keripik Kentang versi Balado. Tentunya dengan langkah-langkah gamblang dan simpel yang mudah untuk diikuti.


Keripik Tahu Pong

Keripik Tahu Pong

Camilan Keripik berikutnya adalah kreasi keripik unik yang bisa juga disajikan untuk makan malam, yaitu Keripik Tahu Pong. Keripik istimewa ini juga dikenal dengan Keripik Tahu Mangkok ini karena bentuknya yang menyerupai mangkok.

Bicara soal rasa, kegurihan Keripik Tahu Pong sudah tentu “Juara”, dengan overall rasa yang ringan dan jauh dari istilah ‘bikin enek ’. Jika pembaca adalah penggemar camilan keriuk sejati, mungkin sekaranglah waktu yang tepat untuk bereksperimen dengan keripik unik yang satu ini. Pembaca dapat mengulik bagaimana membuat Keripik Tahu Pong ini dari video tutorial yang telah kami kemas dengan apik dan mudah dipahami.

Keripik Kaca

Keripik Kaca

Kreasi camilan keripik yang satu ini terbilang sangat unik dan tergolong sukses memicu rasa penasaran banyak pemirsa saat pertama kali mendengar atau melihatnya, Keripik Kaca. Karena keripik yang juga dikenal dengan ‘Keripik Beling’ dan juga biasa disebut ‘Keripik Beuledag’ ini memang terlihat sangat mirip dengan lembaran bening kaca atau plastik.

Selain bentuknya yang selalu sukses menggugah rasa penasaran, rasa dan tekstur keriuknya juga ternyata ‘Te O Pe Be Ge Te’ alias mantap surantap. Dengan segala keriuk dan keunikannya, rasanya tidak mungkin bagi seseorang untuk menolak mencicipi keripik yang satu ini, apalagi bagi pecinta camilan Keriuk.

Keripik Usus

Keripik Usus

Saat mengolah ayam, kita mungkin terbiasa menyepelekan beberapa bagian yang tidak berdaging banyak. Seperti bagian kepala, ceker, dan usus. Namun ternyata, salah satu dari ketiga contoh tersebut sebenarnya dapat diolah menjadi camilan keriuk unik yang mantap rasanya, yaitu Keripik Usus Ayam. Selain aman untuk dikonsumsi berkat pengolahannya yang higienis, rasa keripik ini juga sudah pasti ikonik dengan gurih-gurih khas usus dengan tingkat kerenyahan yang tidak kalah dengan variasi Keripik lainnya.

Bagi para pembaca yang tertarik dengan Keripik Usus atau mungkin kebetulan berkecimpung di dunia pengolahan Ayam, tidak ada salahnya untuk bereksperimen membuat keripik Usus di dapur pribadi. Meski proses pembuatannya tidak sesederhana variasi Keripik sebelumnya, tapi semua itu terbayar dengan tampilannya yang menawan dan tekstur keriuknya yang mumpuni.

Keripik Usus Pepaya

Keripik Usus Pepaya

Camilan keriuk berikutnya masih tidak jauh kaitannya dengan dunia per-usus-an, tapi Keripik Usus yang ini berbahan dasar Buah Pepaya. Karena bahan-bahannya sepi dari daging, Keripik Usus KW (tiruan) ini tentu dapat menjadi alternatif pilihan bagi pecinta camilan yang memegang teguh gaya hidup vegetarian, atau bagi para pecinta camilan sehat.

Proses pembuatan Keripik Usus Pepaya relatif memakan waktu lebih lama daripada kripik usus yang asli. Tapi jika melihat tampilan Keripik Usus KW yang unik, keriuk dan ramah kesehatan, saya rasa sedikit kerepotan tersebut sangat dapat diterima. Apalagi jika Pembaca terlebih dahulu menilik video tutorial tentang Usus Pepaya yang telah tersedia di channel YouTube kami, sudah barang tentu akan semakin menabah rasa percaya diri untuk mencoba membuat Keripik Usus KW di dapur sendiri.

Keripik Batang Pisang

Keripik Batang Pisang

Bukan hanya dari buahnya saja, bonggol batang pisang pun dapat dibuat menjadi olahan keripik. Selain menawarkan tampilan yang unik dan kerenyahan di setiap gigitan, Keripik Batang Pisang (gedebog ) juga mengandung serat alami yang tentu saja baik untuk kesehatan.

Dengan bahan dasar yang relatif mudah ditemukan di negara kita tercinta, ditambah dengan keunikan dan kerenyahan teksturnya yang menggoda dan menggugah rasa penasaran, wajib rasanya bagi penggemar camilan keriuk untuk menjajal kreasi Keripik Batang Pisang.

Keripik Paru Daun Singkong

Keripik Paru Daun Singkong

Kreasi keripik kali ini giliran si Singkong yang tidak mau kalah dengan si Pisang jagonya keripik, yaitu Keripik Paru ala-ala yang terbuat dari Daun Singkong. Jadi meskipun menyandang nama Keripik Paru, keripik ini memang dibuat tanpa menggunakan daging atau paru-paru sapi original, hal ini tentu saja merupakan kabar baik bagi kaum vegetarian.

Selain aman untuk kaum vegetarian, Keripik Paru KW atau juga disebut Dendeng Daun Singkong dapat pula menjadi alternatif pilihan saat harga daging sapi melonjak, dengan tekstur yang tentu saja keriuk me-renyah-kan dan tampilan yang menggoda selera.

Keripik Kulit Mangga

Keripik Kulit Mangga

Selain menjadi primadona bagi wanita hamil yang sedang ngidam, buah Mangga juga juga ternyata bisa dikreasikan menjadi keripik, tepatnya bagian kulitnya. Keripik Kulit Mangga menawarkan rasa khas rasa manis menyerupai rasa sale pisang goreng. Karena rasa manis-manis asam alami dari buah mangga itulah, keripik ini kurang cocok jika dipadukan dengan bumbu-bumbu gurih.

Selain membantu mengurangi limbah kulit Mangga, Keripik Kulit Mangga juga menawarkan banyak manfaat bagi tubuh. Seperti meremajakan kulit, membantu menghilangkan jerawat, melancarkan peredaran darah dan lain sebagainya.

Keripik Bayam

Keripik Bayam

Kreasi keripik kali ini berbahan dasar sayuran favorit tokoh kartun Popeye Si Pelaut, yaitu daun bayam. Jadi, selain sudah tentu mengandung banyak nutrisi, Keripik Bayam juga memiliki tekstur yang keriuk gurih dengan rasa yang mantap dan bikin nagih.

Keripik Bayam menjadi salah satu kreasi keripik yang diminati masyarakat karena bahan baku pembuatannya dapat ditemukan hampir di seluruh wilayah nusantara. Selain itu, keripik bayam menjadi salah satu alternatif camilan yang sehat untuk dikonsumsi.

Keripik Pare

Keripik Pare

Kreasi keripik yang satu ini berbahan dasar Buah yang sering dianggap sebagai Sayur dengan rasa khas sedikit pahit, yaitu Keripik Pare. Meski dikenal dengan rasanya yang pahit, tapi jika sudah diolah sedemikian rupa hingga menjadi Keripik, rasa pahitnya bisa benar-benar hilang lho.

Dengan proses pengolahan, metode penggorengan dan trik yang tepat, Buah Pare yang terkenal dengan rasa pahitnya dapat disulap menjadi kripik anti-pahit dengan tekstur yang garing nan keriuk yang kaya rasa.

Keripik Terong

Keripik Terong

Kreasi keripik yang terbuat dari buah terong segar ini bertekstur renyah dan bercita rasa gurih di setiap gigitan. Bahkan dengan teknik pembuatan yang tepat, keripik ini mampu bertahan awet hingga 2 Bulan. Maka tidak heran jika keripik terong menjadi salah satu jajanan pilihan saat hari-hari perayaan.

Sebagai bahan utamanya, Buah Terong sendiri tergolong kaya akan nutrisi, seperti kalsium, mineral, kaya serat, bioflavonoid serta vitamin K. Terong juga dapat dengan mudah kita temui di pasar-pasar atau di penjual sayuran dengan harga yang sangat terjangkau. Maka apa salahnya untuk bereksperimen ria dengan menjajal pembuatan Keripik Terong di dapur sendiri.


Demikian rentetan kreasi keripik-keripik unik maupun original yang video tutorialnya bisa pembaca temukan di channel YouTube kami, semoga bermanfaat dan selamat mencoba …!
Good Luck …!

Share it!

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.