Resep Kuliner Lebaran Paling Populer di Nusantara Dari The Hasan Video

Usai menjalani sibadah berpuasa dengan menahan rasa lapar, rasa haus dan keinginan untuk berpamer ria atau gibah selama satu bulan penuh, salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu dari bulan suci Ramadhan adalah perayaan Idul Fitri. Hari raya Idul Fitri yang kerap disebut Lebaran di Nusantara juga selalu identik dengan berbagai sajian kuliner khas yang menggugah selera.

Tentu saja setiap daerah di Indonesia memiliki Kuliner Khas Lebaran masing-masing berkat begitu melimpahnya kekayaan kuliner negeri ini. Akan sangat panjang dan berjilid-jilid Jika kita harus menyebutkan satu persatu kuliner khas lebaran dari setiap daerah di Nusantara.

Oleh karena itu The Hasan Video kali ini berinisiatif untuk mengumpulkan beberapa kuliner khas lebaran yang paling ikonik di tanah Ibu Pertiwi. Mari, intip berbagai Kuliner Lebaran paling populer di negeri kita tercinta:

Ketupat dan Opor Ayam

Bicara soal makanan khas Lebaran di Indonesia, ketupat merupakan salah satu ikon kuliner terpopuler yang sangat identik dengan perayaan hari raya Idul Fitri di Indonesia.

Kuliner sederhana namun penuh makna berupa beras yang dimasak dalam bungkusan anyaman daun kelapa muda. Saking populernya kuliner khas Lebaran satu ini, ornamen ketupat biasa menjadi bagian dari bumbu dekorasi wajib di setiap desain-desain bertemakan lebaran.

Copytight (c) thehasanvideo

Kemudian, untuk melengkapi santapan ketupat di hari Lebaran, ada berbagai pilihan lauk dan hidangan khas Lebaran lainnya. Salah satunya adalah opor ayam.

Makanan khas Lebaran satu ini merupakan olahan ayam yang dimasak dengan kuah santan yang dibumbui beragam rempah ini menjadi pasangan yang pas dan lezat untuk disantap bersama ketupat pada hari raya Idul Fitri.

Rendang

Meskipun rendang adalah kuliner khas asal Padang, namun banyak penduduk Nusantara dapat dengan mudah menemukan kuliner mantap ini di meja makan di pagi hari Lebaran.

Karena selain popularitasnya yang sudah tak dapat disangkal lagi berkat adanya restoran-restoran Padang di penjuru negeri, kuliner satu ini juga bahkan sudah sangat dikenal di tanah asing alias mendunia.

Rendang juga menjadi salah satu makanan khas Lebaran yang kerap disajikan bersama opor ayam dan juga ketupat.

Semur Daging

Alternatif sajian untuk melengkapi ketupat pada hari Lebaran selain rendang adalah semur daging.

Sajian semur daging pada hari raya Idul Fitri sangat populer di kalangan masyarakat Jakarta dan terkadang tak hanya menggunakan daging sapi namun juga telur ayam dan potongan kentang.

Nastar

Tidak hanya ketupat dan berbagai lauk-pauk pendampingnya, perayaan hari raya Idul Fitri di Indonesia juga identik dengan sajian berbagai kue dan camilan-camilan manis.

Salah satu yang terpopuler dan kerap ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia adalah Nastar. Kue kering dengan isi selai nanas ini memang jadi andalan untuk menyambut berbagai perayaan seperti Lebaran.

Kastengel

Selain Nastar, kue kering lainnya yang kerap merapaikan ragam kuliner khas Lebaran di Indonesia adalah Kastangel. Jika kue Nastar lebih identik dengan rasa manis,

Kastangel memiliki rasa yang lebih gurih dan asin karena kandungan keju yang digunakan untuk membuat kue kering khas Lebaran satu ini.

Bersama dengan Nastar dan berbagai kue kering lainnya, Kastengel kerap dijadikan parcel Lebaran untuk diberikan kepada kerabat atupun sahabat terdekat.


Selain berbagai kuliner khas Lebaran tersebut, tentu masih ada banyak sekali makanan khas Lebaran di Indonesia lainnya yang bisa kamu temukan di berbagai daerah di Indonesia. Mana yang jadi pilihan favoritmu?

Share it!

One Comment

  • Serli

    Semuanya suka yg paling suka ketupt opor aym, es kopyor kw, nastar ,kastengel

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.