17 Wisata Kuliner Legendaris Daerah Istimewa Yogyakarta, Nomor 6 Pasti Tidak Asing Lagi

Selain seni budaya dan keindahan alam, Yogyakarta juga mempunyai beragam wisata kuliner yang legendaris dan banyak dikunjungi wisatawan. thehasanvideo.com sudah merangkum beberapa makanan khas dari Yogyakarta yang harus Kalian ketahui.

1. Gudeg Komplit

Gambar : Melany Sam’s

Makanan yang Kalian cari ketika berkunjung ke Yogyakarta pasti gudeg, penjual gudeg mudah ditemui disetiap jalan. Jenis gudeg yang kering untuk dijadikan oleh-oleh di rumah sedangkan yang basah bisa Kalian nikmati di tempat makan sambil menikmati indahnya Daerah Istimewa Yogyakarta. Gudeg Komplit berisi sayur nangka, pindang telur, opor kuah kental, sambal goreng krecek dan tahu. Rasanya cenderung manis dan bagi Kalian yang ingin menikmati Gudeg Komplit bisa membuat sendiri dengan resep klik di sini.

2. Mie Goreng Jawa

Gambar : Youtube The Hasan Video

Makanan legendaris dari Yogyakarta yaitu Bakmi Jogja, cara penyajiannya ada yang direbus maupun digoreng. Mie yang digoreng dinamakan dengan Mie Goreng Jawa, rasanya sama-sama enak karena dimasak dengan bumbu khas jawa. Kalau ingin membuat yang digoreng, Kalian bisa menggunakan resep dari thehasanvideo klik di sini. Cara membuatnya mudah dengan modal yang sedikit bisa menghasilkan mie goreng jawa yang banyak.

3. Yangko

Gambar : Purwati Chinta Adam

Asal mula jajanan Yangko dari daerah Kotagede Yogyakarta, zaman dahulu Yangko yang berbahan dasar tepung ketan harganya mahal sehingga hanya bisa dinikmati oleh keluarga kerajaan saja. Sekarang Yangko bisa dinikmati oleh semua orang, karena harganya sudah murah dan menjadi oleh-oleh dari Yogyakarta. Rasa Yangko bermacam-macam, salah satunya Yangko buah naga. Resepnya klik di sini, rasanya enak dan dibuat ketagihan.

4. Wedang Ronde

Gambar : Youtube The Hasan Video

Minuman hangat yang kaya akan manfaatnya bagi tubuh dan terkenal di Yogyakarta yaitu Wedang Ronde, ternyata asalnya dari negara Cina dan mempunyai nama asli Tāngyuán artinya reuni keluarga. Penyajiannya biasanya pada acara perayaan hari terakhir musim panen dan diakhiri dengan reuni keluarga. Cara membuat mudah dengan resep klik di sini.

5. Oseng-oseng Mercon

Gambar : petualang.travelingyuk.com

Oseng-oseng Mercon berbahan dasar kikil yang ditumis dengan bumbu pilihan dengan tambahan cabe yang banyak dan rasanya ada sensasi pedas luar biasa seperti meledak di dalam mulut, sehingga dinamakan oseng-oseng Mercon. Wajib dicoba kalau berkunjung ke Yogyakarta untuk yang suka pedas.

6. Bakpia

Gambar : Youtube The Hasan Video

Jajanan legendaris dari Yogyakarta yang enak yaitu Bakpia, kuenya berbentuk pipih. Asal mula Bakpia dari imigran Tiongkok yang ada di Yogyakarta, isiannya biasanya kacang hijau. Resep Bakpia dari orang Tiongkok masih menggunakan minyak babi, kemudian warga Yogyakarta karena sebagian besar muslim lalu mengubah resepnya dengan tidak menggunakan minyak babi. Saat ini isiannya sudah beraneka ragam, tidak hanya kacang hijau. Bakpia sangat tepat untuk oleh-oleh yang di rumah dan Penjual Bakpia di Yogyakarta sudah banyak sekali. Membuat sendiri Bakpia caranya mudah dengan menggunakan resep klik di sini.

7. Cokelat Monggo

Gambar : chocolatemonggo.com

Thierry Detournay adalah penemu Cokelat Monggo di yogyakarta, dahulu beliau ketika berada di Indonesia belum menemukan cokelat yang rasanya enak. Kemudian mengambil beberapa spesialisasi cokelat dari negara asalnya di Belgia dan membuat cokelat truffle yang banyak disukai teman-temannya.

Mengawali karirnya beliau menjual cokelat truffle di Sunday Morning (SunMor) Universitas Gadjah Mada dan di luar gereja Kotabaru. Banyak orang menyukai jualannya dan selanjutnya membuat olahan cokelat lainnya dengan nama Cokelat Monggo, karena tinggal di Yogyakarta yang banyak penduduk jawa dan Monggo berasal dari bahasa jawa artinya silahkan.

8. Kopi Jos

Gambar : petualang.travelingyuk.com

Minum kopi hitam dengan memasukkan arang panas ketika menyajikannya hanya ada di Yogyakarta, nama kopinya Kopi Jos. Biji kopi yang digunakan untuk membuat kopi dari daerah Klaten, Jawa Tengah. Menghaluskan biji kopinya dengan cara tradisional setelah disangrai, sehingga menghasilkan cita rasa yang khas.

Memasak airnya didalam ketel atau teko besar menggunakan arang panas, kemudian arang panas setelah digunakan untuk memasak air, dimasukkan kedalam kopi panas. Sebelumnya arang panas diketuk-ketukkan untuk menghilangkan debu yang menempel pada arang panas. Arang panas mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh sebagai pengikat racun, karena berubah menjadi karbon aktif.

9. Sate Klatak

Gambar : dolanyok.com

Sate Kambing yang ada di Yogyakarta sangat unik karena tusuknya menggunakan besi dari jeruji sepeda. Potongan dagingnya besar dan ketika dibakar akan mengeluarkan suara klatak-klatak, sehingga diberi nama Sate Klatak. Makanan ini selain banyak disukai warga Yogyakarta, para wisatawan juga menyukainya. Aroma prengus pada daging kambing tidak terasa karena dibumbui dengan rempah pilihan. Tekstur daging satenya empuk dan tidak alot.

10. Belalang Goreng

Gambar : www.indozone.id

Belalang banyak ditemui di daerah Gunungkidul Yogyakarta, sehingga warga sekitar membuat olahan camilan dari belalang dengan menggorengnya dan dibumbui pedas. Rasanya gurih, renyah dan pedas. Bagi yang tidak tawar akan mengeluarkan reaksi alergi di tubuhnya.

Kandungan protein, vitamin E, kalsium, magnesium, potasium, sodium, fosfor, zat besi, zinc, mangan, asam lemak esensial dari belalang sangat tinggi. Oleh karena itu, manfaatnya sangat baik untuk mencerdaskan otak, meremajakan kulit, menurunkan kolesterol, perkembangan janin, merawat kesehatan tulang dan gigi.

11. Geplak

Gambar : inibaru.id

Makanan lainnya yang bisa Kalian jadikan oleh-oleh yaitu Geplak, berasal dari Kabupaten Bantul. Bahannya dari kelapa parut, tepung beras, gula, air dan garam yang diberi pewarna beraneka ragam, supaya menarik konsumen. Zaman dahulu, geplak yang mempunyai rasa manis sebagai makanan persediaan ketika musim paceklik sebagai pengganti nasi agar tidak kelaparan. Harga geplak sangat terjangkau dan cara membuatnya tidak perlu digoreng maupun dioven.

12. Lotek

Gambar : uzone.id

Isian Lotek berbeda dengan gado-gado, sayuran yang ada dalam Lotek biasanya rebusan daun bayam, kacang panjang, kapri, dan daun kacang kedelai. Selain sayuran juga ada potongan kentang dan gorengan. Bumbunya sama-sama berbahan dasar kacang, namun dalam pembuatan Lotek ada tambahan kencur sehingga aromanya nikmat. Cara penyajiannya sayuran rebus diletakkan di atas bumbu kacang, lalu diaduk sampai rata.

13. Bakpia Kukus

Gambar : Imelda Sitompul

Perpaduan dari Bakpia tradisional dan modern yaitu Bakpia Kukus yang menjadi oleh-oleh baru dari Yogyakarta, kuenya enak dan lembut dengan isian beraneka ragam. Kalian juga bisa membuat sendiri dengan resep klik di sini.

14. Sego Abang Jirak

Gambar : blogspot.com

Wilayah Gunungkidul curah hujannya rendah, sehingga tanaman padinya juga padi tadah hujan yang menghasilkan beras berwarna merah. Cara memasaknya tidak secepat nasi putih, memasak Nasi Abang atau merah lebih lama. Beras abang dimasak menggunakan tungku tanah liat secara tradisional sehingga aromanya gurih dan tidak lembek. Sajian pelengkap makan Nasi Abang biasanya dengan sayur lombok ijo, tumisan tempe, sayur urap dan ikan wader goreng.

15. Jadah Tempe

Gambar : eventkampus.com

Makanan khas dari lereng gunung merapi yaitu Jadah Tempe, gabungan makanan jadah yang terbuat dari ketan dan tempe yang dimasak bacem. Sultan Hamengkubuwono IX dan keluarga keraton sangat menyukai Jadah Tempe. Sajikan Jadah Tempe dengan lalapan cabe dan sangat tepat dinikmati di daerah dingin seperti di Kaliurang. 

16. Wedang Uwuh

Gambar : harapanrakyat.com

Minuman hangat yang menyehatkan dari Imogiri Yogyakarta yaitu Wedang Uwuh, wedang artinya minuman dan uwuh artinya sampah. Wedang Uwuh berisi sampah dedaunan yaitu daun cengkeh, daun pala, kayu manis, jahe, kayu secang dan gula batu. Rasa Wedang Uwuh pedas, segar dan sangat tepat untuk menyegarkan tubuh yang lemas.

17. Rujak Es Krim

Gambar : petualang.travelingyuk.com

Jajanan yang unik dari Yogyakarta yaitu Rujak Es Krim, Rujak dari buah mangga, bengkuang, pepaya mengkal, kedondong dan nanas. Kemudian dicampur dengan bumbu rujak yang berkuah dan sajikan dengan tambahan eskrim, rasanya segar dan nikmat.

Demikian tadi makanan khas dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Kalian suka yang mana? dan kalau masih ada yang kurang tulis di kolom komentar. 😀

Share it!

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.