Makanan Khas Kepulauan Riau

Kepulauan Riau atau biasa disebut dengan Kepri ini ibukotanya juga sama dengan Riau yaitu di Tanjungpinang. Penduduknya juga sebagian besar suku melayu, makanannya juga makanan melayu seperti yang ada di Riau. Wilayah Kepulauan Riau sebagian besar adalah lautan dan daratannya hanya sedikit, sehingga sebagian besar makanan khas dari Kepri berupa hasil laut. Sebelumnya thehasanvideo.com sudah pernah membagikan artikel Makanan Khas Riau yang mungkin bisa di coba, klik di sini ya alamatnya. Sementara ini beberapa Makanan Khas Kepulauan Riau yang wajib dicoba juga 😁👍

1. Roti Belauk

gambar : kebudayaan.kemdikbud.go.id

Roti yang berasal dari Penyengat, Tanjungpinang, Kepulauan Riau ini rasanya gurih dan mengenyangkan. Roti Belauk ini kulitnya terbuat dari tepung gandum, mentega, ragi, gula garam. Kemudian diisi dengan sambal lumat yang terbuat dari ikan dan sedikit pedas. Teksturnya garing di luar dan lembut di dalam, cara membuatnya juga mudah sehingga cocok sekali buat teman minum teh atau kopi di pagi hari 😃.

2. Luti Gendang

gambar : idntimes

Luti Gendang atau roti goreng khas Anambas ini hampir mirip dengan Roti Belauk. Perbedaannya bahan yang digunakan untuk membuat Luti Gendang menggunakan tepung terigu dengan isian sesuai selera. Makanan ini sangat digemari warga Kepri maupun wisatawan dan bisa juga dijadikan oleh-oleh, enak kan 😃.

3. Gong-gong

gambar : suarasiber

Siput laut atau Gong-gong merupakan makanan seafood yang menjadi primadona makanan khas dari Kepri. Siput laut mempunyai kandungan protein yang tinggi, cara memakannya dengan merebus siput laut kemudian daging yang kenyal dikeluarkan dari cangkangnya dengan cara dicungkit menggunakan tusuk gigi. Hati-hati saat memakan Gong-gong ini karena kaki siput laut sangat tajam dan jika tertelan bisa melukai kerongkongan. Sebaiknya saat merebus siput laut ini dalam keadaan hidup, karena jika direbus dalam keadaan hidup kaki yang tajam akan keluar dari cangkangnya. Sebaliknya jika direbus dalam keadaan mati, maka kaki siput akan semakin masuk ke dalam cangkang. Gong-gong lebih nikmat dimakan dengan dicoco sambal khas Kepulauan Riau 😃.

4. Cencalok

gambar : resepisarawakian.blogspot.com

Sebenarnya Cencalok makanan khas Kalimantan Barat, tetapi sekarang berkembang ke Kepulauan Riau. Di jawa namanya terasi, kalau Cencalok masih berupa udang utuh yang sudah difermentasi. Cencalok menjadi bumbu disetiap masakan yang dipadukan dengan bumbu rempah khas Kepulauan Riau. Sehingga rasanya makin sedap dan gurih, membuat nambah nasi terus 😃👍.

5. Es Laksamana Mengamuk

gambar : goodnewsfromindonesia

Nama makanan yang unik, Es Laksamana Mengamuk yang berbahan dasar buah kuini. Ternyata sejarahnya dahulu ada seorang Laksamana mengamuk saat mengetahui istrinya diculik oleh pemilik kebun kuini. Kemudian Laksamana melampiaskan kemarahannya dengan cara menbang semua pohon buah kuini di kebun kuini. Warga bingung harus dibuat apa buah kuini sebanyak ini, akhirnya ada salah seorang wanita penduduk sana memanfaat buah kuini dengan mencampurkan santan, gula merah dan warga sekampung semua suka sehingga minuman itu dinamakan Es Laksamana Mengamuk.

Es Laksamana Mengamuk banyak ditemui dalam perayaan keagamaan. Saat minum es ini tenggorokan menjadi segar dan cocok sekali diminum di pinggir pantai atau saat cuaca panas 😃.

6. Lendot

gambar : amp.oppo.baca.co.id

Sayuran yang berisi bayam, kangkung, daun mlinjo, pakis dengan kuah bertekstur lendir dari sagu ini dinamakan Lendot. Asal mula makanan ini dari Pulau Karimun, Lendot dimasak dengan campuran udang sehingga menimbulkan sensasi yang khas. Jika sudah mencicipi Lendot makan akan dibuat ketagihan 😃.

7. Gubal

gambar : youtube Ali Rahma Kaban

Gubal banyak ditemui di daerah penghasil sagu, yaitu di Teluk, Nerekeh, Panggak Laut, Kedung. Bahan baku yang digunakan untuk membuat Gubal adalah sagu, penduduk penghasil sagu menjadikan Gubal sebagai pengganti nasi dan bisa juga sebagai obat diabetes. Gubal dimasak dengan menggunakan kuali dan dimakan dengan campuran parutan kelapa. Gubal lebih sedap dimakan dengan gulai khas Riau dan juga Sambal Belacan. Lezat pastinya 😃.

8. Tepung Gomak

gambar : idpinterest.com

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Tepung Gomak adalah tepung ketan yang diisi dengan unti kelapa dan gula merah. Kemudian direbus, karena setelah matang dibaluri dengan bubuk kacang hijau sehingga dinamakan gomak. Teksturnya seperti mochi kenyal-kenyal legit, kue ini mantap dimakan sebagai teman minum teh atau kopi. Mantap sekali 😃.

Selain keindahan alam yang enak dipandang mata, ternyata makanan khas Kepulauan Riau juga enak untuk dicicipi. Kalau masih ada yang kurang dari makanan khas Kepri, bisa ditulis di kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih :D.

Share it!

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.