Makanan Khas Riau

Ketika pergi ke Riau, Kita banyak sekali menemukan Suku Melayu. Sehingga makanan khas dari Riau yang beribu kota di Pekanbaru ini kebanyakan masakan Melayu. Ciri Khas dari masakan Melayu yaitu banyak menggunakan bumbu rempah dan santan, rasanya pas di lidah. Tidak terlalu manis, tidak terlalu asin, tidak terlalu pedas, dan juga tidak terlalu asam. Pada saat memasak sambal tidak lupa menggunakan belacan, yaitu terasi khas Riau. Berikut beberapa makanan khas dari Riau yang harus dicoba.

1. Gulai Ikan Patin

gambar : resepsegalamasakan.web.id

Olahan ikan ini banyak sekali ditemukan di restoran Melayu, makanan ini sudah ada sejak zaman dahulu. Bahkan disetiap acara adat maupun hajatan, Gulai Ikan Patin ini selalu tersedia. Saat mengolah Gulai Ikan Patin banyak menggunakan bumbu rempah dan santan sehingga kuahnya kental dan aromanya sedap. Tetapi ada juga yang memasaknya tanpa menggunakan santan, agar lebih mantap lagi Gulai Ikan Patin dimakan dengan rebusan pucuk daun ubi dan nasi hangat. Yummy 😃

2. Nasi Lemak Riau

gambar : Kak Rose

Nasi Lemak ini makanan khas Melayu sehingga banyak juga ditemui di Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam. Cara memasaknya hampir mirip dengan nasi uduk, nasi liwet. Nasi lemak dimasak dengan menggunakan santan dan juga ditambahkan daun pandan agar aromanya lebih mantap. Lebih mantap lagi Nasi Lemak dimakan dengan sambal goreng tempe kentang, teri goreng crispy, telur rebus dan nasinya ditaburi bawang goreng. Rasanya sedap sekali, oh ya resep Teri Goreng Crispy klik di sini ya, sudah ada di Channel Youtube The Hasan Video😃

3. Sambal Belacan Riau

gambar : cdn.kuali.com

Belacan hampir mirip dengan terasi, sama-sama bumbu masakan yang terbuat dari udang atau ikan kecil yang ditumbuk halus. Perbedaannya pada warna karena proses fermentasi, belacan fermentasinya lebih sebentar sehingga menghasilkan warna yang lebih terang. Sedangkan untuk terasi warnanya lebih gelap karena fermentasinya lebih lama. Cara membuatnya sama seperti sambal terasi dan pastinya menggunakan cabe, selain itu bahan yang dibutuhkan bawang merah, bawang putih, tomat dan belacan. Sedap sekali untuk pelengkap makan ikan bakar atau ayam panggang 😃.

4. Asam Pedas Ikan Baung Riau

gambar : katabatam.com

Riau memiliki banyak sungai, sehingga banyak ditemukan berbagai jenis ikan. Selain Ikan Patin, Riau juga memiliki Ikan Baung yang mantap sekali dimasak menjadi Asam Pedas Ikan Baung. Dimasak dengan menggunakan bumbu rempah tradisional yaitu asam kandis, serai, jahe, kunyit, lengkuas dan cabe merah. Sehingga menghasilkan masakan yang sedap, membuat perut lapar terus 😁.

5. Sup Tunjang Riau

gambar : a-pradana.net

Saat musim dingin, menu ini sangat favorit untuk dimakan. Rasa kuah hangat yang mantap dimakan dengan nasi hangat membuat tubuh menjadi hangat dan segar. Sup Tunjang ini terbuat dari tulang kaki sapi yang masih ada dagingnya. Dimasak dengan kuah yang sangat kuat aroma rempahnya, saat memakan sup ini disedot menggunakan tulang sapi yang lubang sambil memakan langsung sumsum dari tulangnya. Gurih sekali rasanya, wajib dicoba nih saat musim dingin begini 😃.

6. Mie Sagu Riau

gambar : Queena

Mie ini berbahan dasar dari sagu, makanan ini sudah ada sejak zaman nenek moyang di Selat Panjang Kabupaten Meranti. Ternyata tidak hanya di Papua yang makan sagu, yang membedakan cara mengolahnya. Di Riau diolah menjadi mie sedangkan di Papua diolah menjadi bubur atau papeda. Mie sagu ini sangat cocok untuk penderita diabetes atau yang sedang diet keto karena kandungan karbohidratnya rendah dan dapat menurunkan gula darah. Mantap kan 😃.

7. Bacah Daging

gambar : kaskus

Riau juga mempunyai olahan dari daging sapi sama seperti Rendang Padang, yang membedakan daging dimasak dengan bumbu tradisional yang khas kemudian dipanggang dahulu sebelum disajikan. Bacah Daging ini banyak dijumpai pada saat hari besar keagamaan, lebih mantap dimakan dengan ketupat 😃.

8. Mie Lendir Riau

gambar : Momsky FM

Mie kuning dengan kuah kental dari Tanjungpinang ini sangat kaya rasa, karena dibuat dengan bumbu rempah yang melimpah khas dari Melayu. Dimasak dengan menggunakan bahan kacang tanah, ubi rambat kukus, larutan maizena, bawang merah, bawang putih, cabe merah, jahe dan gula jawa. Sehingga kuah yang dihasilkan menjadi kental, dimakan dengan sayur cambah, telur rebus dan taburan bawang goreng enak sekali 😃.

9. Mie Tarempa

gambar : kompasiana.com

Selain Mie Sagu, Mie Lendir masih ada lagi Mie khas Riau, yaitu Mie Tarempa yang berasal dari daerah Tarempa Kabupaten Anambas. Khas dari Mie Tarempa ini menggunakan mie yang pipih atau lebar, bisa disajikan dengan kuah bumbu merah sedikit pedas ataupun tanpa kuah. Dulunya topping yang digunakan potongan ikan tongkol, lebih nikmat lagi jika menggunakan topping aneka seafood. Pasti membuat lidah tidak bisa berhenti mengunyah 😃.

10. Lopek Bugi

gambar : kelanariau.blogspot.com

Lopek Bugi ini makanan tradisional dari Kabupaten Kampar, zaman dahulu makanan tradisional ini hanya tersedia pada saat perayaan keagamaan atau acara adat saja. Tetapi seiring berkembangnya zaman, Lopek Bugi sudah banyak dijual di toko oleh-oleh. Bahan dasar Lopek Bugi ada 2 macam, yaitu dari ketan hitam dan putih. Kalian lebih suka Lopek Bugi yang mana?😃

Banyak juga ya ternyata makanan khas dari Riau, kalau ke sana jangan lupa dicoba ya dan jika masih ada yang kurang bisa tulis di kolom komentar di bawah ini, terima kasih 🤗.

Sumber : makananoleholeh.com

Share it!

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.