Amalan, Niat dan Buka Puasa di Bulan Ramadhan

Gambar : pikiran rakyat

Bulan Ramadhan atau puasa merupakan bulan yang ditunggu-tunggu seluruh umat muslim, karena Ramadhan termasuk bulan yang penuh berkah. Ramadhan juga bulan turunnya wahyu pertama dari kitab suci Al-Quran di malam Lailatul Qadar.

Makna bulan puasa sangat banyak bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Puasa mengajarkan umat muslim untuk bersabar, berlomba—lomba dalam kebaikan dan bersedekah, mendapatkan pahala yang berlipat ganda, diampuni semua dosa-dosanya, dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka. Pada bulan puasa terdapat malam seribu bulan yaitu malam Lailatul Qadar di salah satu sepuluh hari terakhir bulan puasa.

Wajib hukumnya untuk seluruh umat muslim berpuasa mulai dari fajar sampai terbenamnya matahari selama satu bulan penuh, karena salah satu rukun islam yang ke empat. Umat muslim yang wajib berpuasa yaitu beragama islam, berakal, baligh, suci dari haid dan nifas bagi muslim perempuan. Selama berpuasa umat muslim harus bisa menahan lapar, haus dan hawa nafsu.

Sebelum berpuasa umat muslim harus berniat meskipun di dalam hati. Pelafalannya mulai malam hari sampai menjelang terbit fajar, puasanya bisa tidak sah apabila tidak mengucapkan niat puasa.

Berikut niat berpuasa Ramadhan dalam bahasa arab, latin dan terjemahnya :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma ghadin an’adai fardi syahri Ramadani hadzihisanati lillahita’ala

Artinya: “Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardu di bulan Ramadan tahun ini karena Allah Ta’ala.”

Sumber : CNN Indonesia

Selama berpuasa Kalian bisa mengamalkan kebaikan sebanyak-banyaknya seperti membaca Al-Quran dan menghatamkannya, bersedekah, umroh bagi yang mampu, mendekatkan diri kepada Allah, berdzikir, bertaubat, membayar zakat, solat wajib 5 waktu dan tarawih.

Menjelang magrib semua umat muslim yang berpuasa akan menyiapkan hidangan berbuka untuk keluarganya. Ketika waktu berbuka puasa tiba, sebelumnya harus membaca doa buka puasa.

Berikut niat berbuka puasa Ramadhan dalam bahasa Arab, latin dan terjemahnya :

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.
Artinya:
“Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.” (HR Bukhari dan Muslim).

Sumber : detik

Semoga semua amal ibadah Kalian umat muslim yang berpuasa diterima oleh Allah SWT dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Aamiin.

Share it!

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.