Makanan Khas Sumatera Barat

Sumatera Barat atau biasa disebut dengan Sumbar ini Ibu kotanya berada di Padang. Mendengar kata Padang pasti sudah dibayangkan berbagai adat yang unik dan juga selain itu memiliki banyak makanan khas dari sana. Sebagian besar makanan khas dari Sumbar sudah terkenal dikalangan kita, karena rumah makan Padang sudah menyebar hampir di seluruh Indonesia. Pastinya sudah pernah merasakan masakan ala-ala padang kan ya??? Berikut ini beberapa makanan khas dari Sumatera Barat :

1. Telur Dadar Padang

gambar: Youtube The Hasan Video

Telur Dadar Padang ini tidak asing lagi bagi Kita, karena banyak ditemukan di rumah makan Padang. Telur dadarnya berbeda dengan telur dadar biasanya, karena telur dadar ini terbuat dari bumbu rempah-rempah kesehatan yaitu: kunyit, daun kunyit, daun jeruk, ketumbar bawang putih dan bawang merah. Semoga Kita semua selalu sehat dengan menyantap olahan makanan ataupun minuman yang mengandung herbal khas Indonesia seperti jahe, kunyit, kencur, kayu manis, sereh dan lain sebagainya. Resepnya klik di sini, yuk dicoba 😃.

2. Sambal Lado Padang

gambar: youtube The Hasan Video

Sambal Lado Padang ini mantap sekali disajikan dengan makanan bersantan, ayam lengkuas, aneka olahan lauk, gorengan dan lain sebagainya. Bahan dan cara membuatnya juga mudah, jadi Kita bisa membuat sendiri tanpa harus ke rumah makan padang. Resepnya klik di sini ya, semoga menjadi menu favorit Kalian 😃.

3. Rendang Daging

gambar : Youtube The Hasan Video

Rendang Daging versi Padang biasanya bumbunya memakai parutan kelapa disangrai, tidak memakai jinten dan bunga lawang. Biasanya rendang Daging Padang ini menggunakan daging sapi, tetapi jika kita ingin menggunakan daging ayam juga bisa. Rendang yang dimasak setengah jadi dinamakan Rendang Kalio, durasi memasaknya lebih pendek. Semua olahan rendang juga bisa dijadikan oleh-oleh, cara penyimpanannya agar lebih awet bisa dikemas dalam plastik kedap udara dengan mengeluarkan udaranya kemudian diikat dan dibekukan dalam freezer. Resep Rendang Daging Padang ala The Hasan video mantap selalu karena ada tambahan baby kentangnya, buruan lihat resepnya klik di sini 😃.

4. Dendeng

gambar : tam tam kitchen’s diaries

Dendeng ini dimasak dengan cara daging diiris tipis-tipis dan diberi bumbu saus asam, manis atau asin lalu dikeringkan agar lebih awet disimpan. Jenis Dendeng yang terkenal dari tanah minang ini yaitu Dendeng Balado dan Dendeng Batokok.

Dendeng Balado dimasak dengan menggunakan bumbu balado khas dari Minangkabau yaitu cabai digiling, bawang merah, bawang putih dan jeruk nipis. Kemudian ditumis dengan daging yang sudah diiris tipis-tipis. Biasanya Dendeng Balado ini dimasak kembali dengan aneka jenis masakan. Sedangkan Dendeng Batokok hampir sama dengan Dendeng Balado, hanya saja cabai yang digunakan cabai hijau bukan cabai merah. Cara memasaknya juga sama, sudah pernah merasakan belum ya? 😃.

5. Gulai

gambar : craftlog.com

Masakan khas dari Sumatera Barat ini kebanyakan bersantan. Masakan gulainya beraneka ragam, ada Gulai Paku, Gulai Banak, Gulai Itiak dan Gulai Masin Ikan. Bumbu rempah yang digunakan untuk memasak juga hampir sama, yang membedakan dari bahan dasarnya. Gulai Paku berbahan dasar dari daun pakis. Biasanya disajikan dengan ketupat, ketupat Gulai Paku banyak ditemukan di pesisir barat dari Sumatera Barat khususnya daerah Pariaman.

Gulai Banak berbahan dasar dari otak sapi yang sudah dipotong-potong. Biasanya dimasak dengan mencampurkan irisan daun mangkok yang banyak. Makanan ini mengandung banyak kolesterol, jadi harus pintar-pintar memilih menu yang disuka ya.

Gulai Itiak berbahan dasar dari daging itik. Makanan ini berasal dari kota Godang Adam Bukittinggi. Cabai keriting yang digunakan cabai hijau, sehingga warna gulainya menjadi hijau. Sebelum dimasak, itiknya dipotong-potong kemudian dibakar. 

Gulai Masin Ikan ini berbahan dasar ikan, biasanya menggunakan ikan mas, tenggiri, tongkol dan kakap. Akan tetapi jika menggunakan ikan jenis lain juga bisa. Bumbu kunyit yang digunakan lebih banyak, sehingga kuah yang dihasilkan berwarna kuning kental. Kalian suka gulai yang mana nih 😃.

6. Sate Padang

gambar : craftlog.com

Sate Padang ini disekitar kita juga sudah banyak yang berjualan. Bahan dasarnya terbuat dari daging sapi, lidah dan jerohan. Disajikan dengan kuah kacang yang pedas. Ternyata selain sate padang ada juga jenis sate yang lain, yang membedakan dari kuah bumbunya. 

Sate Padang Panjang atau biasa disebut dengan Sate Darek. Sate Padang Panjang ini berasal dari Padang Panjang, penggunaan kunyit dalam pembuatan bumbu kuah kacangnya lebih banyak sehingga warna bumbu kuah kacangnya menjadi kuning cerah. Sebelum dibakar, dagingnya direbus dengan bumbu rempahnya. Biasanya disajikan dengan ketupat dan taburan bawang merah.

Selanjutnya Sate Padang Pariaman yang asal mulanya dari daerah Pariaman. Bumbu yang digunakan untuk membuat kuahnya dengan menggunakan cabai dan bumbu rempah yang komplit. Kuah sambal kacangnya berwarna kemerahan dan kental serta aroma bumbunya sangat sedap. Sate padangnya buruan dicobain biar tidak penasaran 😃.

7. Martabak Mesir

gambar : resepkuerenyah.com

Martabak Mesir ini hampir sama dengan martabak telur seperti biasa. Hanya saja penggunaan bumbu rempah pada pembuatan Martabak Mesir ini sangat kuat. Martabak Mesir biasa disebut juga dengan Martabak Kubang, karena berasal dari Kubang Sumatera Barat. Lezat nih Martabaknya 😃.

8. Dadih

gambar : genpi.co

Dadih adalah yogurt, hanya saja bahan dasarnya dari susu kerbau. Susu kerbau difermentasi di dalam tabung bambu dan ditutup menggunakan daun pisang. Kemudian didiamkan dalam suhu ruang sampai terbentuk gumpalan. Dadih sangat bagus untuk kesehatan, dimakan sebagai menu sarapan pagi, sebagai pelengkap lauk pendamping nasi juga mantap. Ternyata Sumatera Barat juga mempunyai yogurt sendiri, mantap nih pastinya 😃.

Dari beberapa makanan khas Sumatera Barat di atas kalau masih ada yang kurang bisa ditambah di kolom komentar di bawah ini ya. Terima kasih 😀

Sumber : Liputan6.com

Share it!

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.