Ting-ting Kacang Tanah 3 Bahan

( 5 out of 5 )
Loading...
  • 32 buahYield
  • 10 mPrep Time
  • 1:05 hCook Time
  • 1:15 hReady In
Print Recipe

Jajanan zaman dahulu Ting-ting Kacang Tanah masih tetap banyak orang yang suka sampai saat ini. Cara mendapatkannya juga mudah untuk Kalian temukan, namun lebih baik buat sendiri bisa lebih puas. Gunakan resep dari thehasanvideo.com karena hanya menggunakan 3 bahan. Hasilnya enak, renyah dan gurih. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Sangrai kacang tanah dengan menggunakan api sedang sedikit kecil sampai matang dan kulit arinya mudah terkelupas. Waktunya sekitar 25 menit. Angkat kacang tanah yang sudah matang.

  • Langkah 2 :

    Tempatkan kain serbet bersih di atas kacang tanah yang masih panas. Tekan-tekan dan gilas atau remas-remas dengan tangan supaya kulit arinya terkelupas secara merata. Kemudian pisahkan kacang dari kulit arinya, dengan cara menampi ringan. Buang kulit arinya.

  • Langkah 3 :

    Tempatkan kacang tanah yang sudah bersih di dalam plastik, lalu tumbuk dengan menggunakan ulekan atau kayu sampai kacang tanah tercacah kasar secara merata. Cacah kacang tanah dengan kelembutan sesuai selera dan tidak terlalu halus.

  • Langkah 4 :

    Berat kacang tanah menjadi 250 gr apabila sudah terkelupas dari kulit arinya. Gunakan kacang tanah dengan takaran 250 gr apabila Kalian menggunakan kacang tanah yang sudah bersih dari kulit ari. Sisihkan.

  • Langkah 5 :

    Potong daun pisang sesuai ukuran dasar loyang yang Kalian gunakan, lalu letakkan potongan daun pisang di dasar loyang sebagai alas. thehasanvideo.com menggunakan loyang ukuran 22x22 cm. Selain daun pisang, Kalian juga bisa menggunakan kertas roti sebagai alas loyang. Gunakan alat penekan spatula atau fondant smoother. Sisihkan.

  • Langkah 6 :

    Masukkan gula pasir ke dalam panci, lalu masak dengan menggunakan api sedang sedikit kecil sampai mencair sambil Kalian aduk-aduk. Gula sudah mencair semua setelah memasak selama 10 menit, kecilkan api kompor.

  • Langkah 7 :

    Tambahkan margarin setelah gula mencair sempurna. Aduk cepat, lalu masukkan kacang tanah cincang. Aduk dengan cepat sampai tercampur rata, matikan api kompor. Tuang adonan Ting-ting Kacang dalam keadaan panas ke dalam loyang yang sudah Kalian siapkan.

  • Langkah 8 :

    Gunakan spatula atau fondant smoother untuk meratakan adonan. Alasi spatula atau fondant smoother dengan daun pisang supaya tidak mudah lengket. Ratakan dengan cepat supaya adonan tidak cepat mengeras. Potong-potong adonan yang sudah sedikit hangat, gunakan pisau tajam untuk memotong Ting-ting Kacang dengan ukuran sesuai selera.

  • Langkah 9 :

    Bungkus Ting-ting Kacang yang sudah dingin dengan menggunakan plastik OPP supaya lebih bersih dan renyah tahan lama. Ting-ting Kacang tanah bisa tahan sampai 2 bulan walaupun tidak menggunakan pengawet.

Tips dan Trik :

  • Kalian juga bisa menambahkan wijen pada Ting-ting Kacang supaya rasanya lebih enak dan terasa gurih. Takaran wijen untuk 1 resep Ting-ting Kacang sekitar 50 gram. Kurangi komposisi kacang tanah dan sesuaikan dengan jumlah wijen yang Kalian gunakan. Gunakan kacang tanah dengan takaran 250 gr, apabila menggunakan kacang tanah yang belum terkelupas kulit arinya. Gunakan kacang tanah dengan takaran 200 gr, apabila menggunakan kacang tanah yang sudah terkelupas kulit arinya. Takaran gulanya tetap sama, yaitu 250 gr.

  • 1 resep Ting Ting Kacang menghasilkan 16 potong, apabila memotongnya besar-besar. 1 resep Ting Ting Kacang menghasilkan 32 potong, apabila memotongnya dengan ukuran lebih kecil.

  • Cara lain mematangkan kacang tanah selain mengsangrai yaitu dengan cara panggang mrnggunakan oven. Kelebihannya lebih paraktis karena tidak terus menerus mengaduk dan waktunya lebih cepat.

  • Gunakan kualitas gula pasir yang bagus supaya hasil Ting-tiing Kacang bisa bagus sempurna. Pengalaman thehasanvideo.com menggunakan jenis gula tanpa merek, hasilnya gula mudah menggumpal ketika proses memasak dan ketika menambahkan margarin teksturnya kurang leleh.

  • Potong Ting-ting Kacang dalam keadaan hangat atau panas, karena Ting-ting Kacang yang sudah dingin teksturnya sudah keras dan sulit untuk Kalian potong.

Didowardah

Content Creator

Konten kreator di channel Youtube TheHasanVideo

Read More

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.