Telur Mata Sapi Super Mulus Ala Bungkus Indomie

Loading...
(5 / 5)

Sekilas terlihat mudah namun ternyata cara membuat Telur Mata Sapi yang mulus dan cantik harus memperhatikan tips dan trik dari thehasanvideo.com. Resep Telur Mata Sapi dari thehasanvideo.com sudah terbukti anti gagal. Sajikan Telur Mata Sapi panas-panas dengan Indomie Goreng, resepnya klik di sini. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Pecahkan telur, lalu pisahkan antara kuning dan putih telur.

  • Langkah 2 :

    thehasanvideo.com menggunakan 2 tatakan kompor, letakkan di atas kompor dengan cara menumpuk supaya panas kompor bisa kecil sempurna dan hasil telur ceplok bisa mulus cantik.

  • Langkah 3 :

    Oles permukaan teflon mini diameter 12 cm dengan minyak goreng tipis-tipis, jika perlu usap dengan tissue untuk meratakannya supaya hasil telur tidak mudah bergelembung.

  • Langkah 4 :

    Nyalakan api kompor, gunakan api paling kecil. Tuang putih telur tanpa menunggu teflon panas, goyang teflon supaya merata. Masak dengan api kecil sampai putih telur berubah warna menjadi putih susu. Waktunya sekitar 3 menit, lalu tutup teflon sekitar 1 menit supaya putih telur teksturnya lembut dan tanak. Hasil Telur Ceplok bisa berkerut Ketika telur dingin apabila memasaknya kurang tanak atau kurang matang.

  • Langkah 5 :

    Segera buka tutup teflon setelah 1 menit memasak dan tuangkan kuning telur tepat di tenga-tengah, jika perlu goyang-goyang teflon. Masak sekitar 1 menit, lalu tutup sebentar sekitar 1 sampai dengan 2 menit supaya bagian kuning hampir matang. Segera matikan api kompor setelah 1 menit memasak.

  • Langkah 6 :

    Tutup kembali Teflon dan diamkan sekitar 2 sampai dengan 3 menit supaya uap panasnya bisa mematangkan kuning telurnya menjadi lebih tanak. Kemudian buka tutup teflon setelah 2 menit.

  • Langkah 7 :

    Sajikan Telur Mata Sapi panas-panas dengan Indomie Goreng, cukup tabur-tabur garam sedikit saja. Tekstur Telur Mata Sapi mulus dan tidak bergelembung karena putih telur matang sempurna.

Tips dan Trik :

  • Cara memasak Telur Mata Sapi tetap sama apabila menggunakan telur bebek, masak dengan menggunakan api kecil. Kempeskan dengan lidi apabila putih telur bergelembung. Hasil Telur Ceplok dengan menggunakan telur bebek warna kuning telurnya lebih gelap. Buat teman makan mie goreng sangat nikmat.

  • Penggunaan minyak goreng hanya Kalian kuas atau usap dengan tissue tipis-tipis atau tidak perlu banyak-banyak. Hasil Telur Ceplok menjadi jelek apabila menggunakan minyak yang banyak dan teflon terlalu panas.

  • Gunakan wajan atau teflon dengan diameter kecil supaya hasil Telur Ceplok menjadi bundar walaupun tanpa cetakan, bisa juga menggunakan wajan yang sedikit cekung. Gunakan wajan atau teflon dengan bahan yang tebal dan bagus. Penggunaan wajan yang kurang bagus dan terlalu panas meskipun minyak sudah tipis-tipis serta pengaturan api yang kecil akan menghasilkan Telur Ceplok yang bergelembung.

  • Penggunaan teflon ceper, hasilnya putih telur susah bulat. Penggunaan telur yang sudah lama, hasilnya kuning telur menjadi mudah pecah. Meskipun sekilas terlihat mudah, ternyata lumayan susah cara membuatnya. Memasak putih telur tidak sampai matang akan menghasilkan Telur Ceplok mudah berkerut Ketika sudah dingin.

  • Hasil Telur Ceplok mulus, cantik dan bulat sempurna walaupun tidak menggunakan cetakan apabila memasak dengan menggunakan teflon yang tepat, poles minyak goreng tepat, pengapian tepat, teknik dan caranya tepat.

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.