TELUR ASIN SULTAN TEPUNG TERIGU

( 5 out of 5 )
Loading...
  • 10 Biji Telur AsinYield
  • 10 mPrep Time
  • 242:30 hCook Time
  • 242:40 hReady In
Print Recipe

Salah satu lauk kesukaan hampir setiap orang yaitu Telur Asin, karena tektur Telur Asin yang masir sehingga banyak orang yang suka. Cara membuat Telur Asin sangat beragam, namun resep Telur Asin dari thehasanvideo.com sangat berbeda. Cara membuat Telur Asinnya dengan menggunakan tepung rerigu. Hasilnya masih tetap enak dan masir. Sajikan Telur Asin dengan aneka lauk sesuai selera resep dari thehasanvideo.com, seperti rawon klik di sini, nasi kebuli klik di sini, abon daging klik di sini atau singkong mustofa klik di sini. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Cuci bersih telur, gosok permukaan telur dengan menggunakan potongan amplas apabila menggunakan telur bebek supaya proses pengasinan bisa lebih sempurna. Sisihkan.

  • Langkah 2 :

    Campurkan garam krosok dengan air hangat, aduk rata sampai garam larut. Diamkan sebentar sampai larutan garam menjadi sedikit dingin. Tuang larutan garam ke dalam tepung, aduk rata sampai adonan halus dan tidak bergerindil. Sisihkan. Perbandingan komposisi tepung dan garam 3:1.

  • Langkah 3 :

    Tempatkan telur di dalam wadah sambil lumuri dengan adonan tepung. Ratakan adonan tepung pada telur sampai terbalut sempurna. Tutup rapat wadahnya, lalu diamkan paling sedikit sekitar 10 hari. Kalian juga bisa menambah waktunya sampai 15 atau 16 hari, sesuai selera.

  • Langkah 4 :

    thehasanvideo.com membuat Telur Asin dalam 3 wadah dengan waktu mendiamkan berbeda-beda. Mendiamkan Telur Asin selama 11 hari untuk 2 wadah dan 15 hari untuk 1 wadah lainnya.

  • Langkah 5 :

    Cuci bersih telur yang sudah waktunya untuk memanen, kemudian rebus telur. Didihkan 2 liter air, lalu masukkan telur dan masak menggunakan api sedang sedikit kecil selama 1 ½ jam.

  • Langkah 6 :

    Buka sedikit tutup panci, supaya uapnya sesekali keluar sehingga kulit telur bisa tetap terlihat bersih dan mulus. Angkat Telur Asin yang sudah matang, dinginkan.

  • Langkah 7 :

    Kalian juga bisa memasak Telur Asin dengan cara mengukus. Kukus Telur Asin selama 2 jam dan tutup rapat panci. Buka sesekali tutup panci apabila tutupnya tidak ada ventilasi udara, supaya uap airnya tidak mengotori kulit telur.

  • Langkah 8 :

    Hasil telur yang thehasanvideo.com diamkan selama 11 hari masih belum terlalu masir, namun rasa asinnya sudah sesuai dan tidak keasinan. Sedangkan telur yang thehasanvideo.com diamkan selama 15 hari, tekstur kuning telurnya lebih berpasir dan berminyak atau masir. Namun rasanya asin sekali dan harus Kalian makan dengan nasi supaya lebih nikmat dan berkurang rasa asinnya.

Tips dan Trik :

  • Teropong bagian dalam telur dengan menggunakan senter untuk mengetahui telur busuk atau tidak. Tanda telur busuk dan tidak layak untuk Kalian konsumsi yaitu apabila ada titik hitam di bagian dalam atau kulit telurnya sudah retak. Telur yang berkualitas bagus dan bisa Kalian konsumsi yaitu telur yang bersih dan tidak retak.

  • Telur yang Kalian masak dengan cara mengukus akan tahan sekitar 2 sampai dengan 3 minggu di suhu ruang. Sedangkan telur yang Kalian masak dengan cara merebus akan tahan sekitar 5 hari di suhu ruang.

  • Isi air di dalam plastik es dan tutup rapat, lalu letakkan di atas permukaan telur yang sudah terendam adonan tepung di dalam wadah sampai tidak ada ruang yang tersisa dan tutup rapat wadah pembuatan telur asin. Tujuannya supaya proses pembuatan Telur Asin lebih sempurna, telurnya tidak mudah mengapung dan rasa asinnya merata.

  • Tutup rapat panci kukusan apabila memasak telur asin dengan cara mengukus. Buka sesekali tutup panci kukusan supaya uap airnya tidak mengotori kulit telur, sehingga kulit telur tetap sempurna. Mengukus Telur Asin dengan cara membuka tutup panci kukusan akan mengakibatkan Telur Asin tidak akan matang dan tetap mentah.

Didowardah

Content Creator

Konten kreator di channel Youtube TheHasanVideo

Read More

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.