Tanpa Mikser Pakai Oven Tangkring | Roti Boy Roti Tawar

Loading...
(5 / 5)

Bikin Roti Boy yang praktis bisa pakai roti tawar. Rasanya tidak kalah enak dan pastinya mudah membuatnya. Bentuknya bisa segitiga atau bulat, sesuai selera. topping kopinya bisa renyah kress. Kalian juga bisa menggunakan topping kopi dengan hanya menggunakan putih telur, resepnya klik di sini. Roti Boy Roti tawar bisa juga Kalian jadikan ide usaha, selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan :

  • Bahan Larutan Kopi (aduk rata) :
  • Bahan Topping Adonan Kopi :
  • Bahan Lain :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 : Topping Adonan Kopi :

    Masukkan gula halus dan mentega ke dalam baskom, kocok sampai lembut. Tambahkan telur, tepung terigu dan larutan kopi. Aduk rata dan masukkan ke dalam plastik segitiga, lalu diamkan di dalam kulkas sekitar 15 menit. SIsihkan.

  • Langkah 2 : Roti Boy Roti Tawar :

    Oleskan margarin di atas permukaan roti tawar, tambahkan potongan keju Cheddar lalu tutup dengan 1 lembar roti tawar. Belah roti tawar secara menyilang, lakukan dengan cara yang sama sampai roti tawar habis.

  • Langkah 3 :

    Susun roti di atas loyang yang sudah teralasi baking paper, lalu semprotkan permukaan roti tawar dengan adonan kopi yang Kalian simpan di dalam kulkas.

  • Langkah 4 :

    Panaskan oven tangkring sekitar 10 menit, lalu panggang dengan menggunakan api sedang atau suhu sekitar 150 derajat selsius selama 30 menit. Keluarkan roti dari oven setelah 30 menit memanggang dan topping adonan kopi terlihat kering. Kemudian pindah loyang ke rak atas dan panggang kembali dengan api sedang sedikit kecil atau sekitar 130 derajat selsius selama 15 sampai dengan 20 menit. Panggang sampai permukaan topping menjadi kering dan tidak lengket.

  • Langkah 5 :

    Angkat Roti Boy Roti Tawar setelah 20 menit memanggang, topping sudah kering dan tidak lengket. Kemas Roti Boy Roti Tawar setelah dingin supaya awet renyah.

Tips dan Trik :

  • Kalian juga bisa membentuk Roti tawar menjadi bulat. Gunakan roti tawar kupas dan keju mozzarella potong kotak dengan berat sesuai selera. Cara membuatnya, oles permukaan roti dengan secukupnya margarin secara merata terutama di bagian pinggiran supaya ketika mencetak roti tidak mudah pecah. Oles roti berikutnya dengan cara yang sama, lalu isi dengan potongan keju. Tangkupkan dan padatkan, potong dengan cara tekan kuat-kuat menggunakan mangkok plastik. Lakukan dengan cara yang sama sampai roti tawar habis. 1 resep hanya menghasilkan 4 biji apabila menggunakan roti tawar bentuk bulat. Panggang dengan cara yang sama, rasanya enak sekali dan sajikan hangat-hangat.

  • Kalian juga bisa menggunakan roti bagelan sebagai pengganti roti tawar, menurut thehasanvideo.com lebih mudah karena rotinya sudah terisi cokelat dan hanya memberi topping sesuai selera. gunakan kopi bubuk murni tanpa kreamer supaya teksturnya lebih garing. Telurnya gunakan putih telur saja, lalu tambahkan ¼ sdt baking soda. Panggang dengan menggunakan oven listrik, gunakan api atas bawah di suhu 150 derajat selsius selama 15 menit. Turunkan suhunya menjadi 100 derajat selsius setelah 15 menit memanggang. Panggang sekitar 10 sampai dengan 15 menit atau sampai topping kering dan tidak lengket. Hasilnya topping kopi lebih renyah dan garing apabila menggunakan putih telur dan kopi murni.

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.