Tahu Goreng Kopong Homemade | Tahu Pong Anti Gagal Versi Lengkap

  • Yield: 100 buah
Watch Video
Loading...
(5 / 5)

Tahu Kopong atau biasa disebut Tahu Pong berasal dari Kota Semarang. Membuat Tahu Pong sangat mudah asalkan memperhatikan tips dan triknya, gunakan resep Tahu Kopong dari thehasanvideo.com yang sudah terbukti anti gagal. Potongan tahu panjang-panjang bisa Kalian jadikan Tahu Pocong khas Bandung, resepnya klik di sini. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Potong tahu kotak-kotak, lalu bilas dan tiriskan. Panaskan minyak goreng, lalu goreng tahu dengan tidak menambahkan bumbu apapun, supaya tahu bisa cepat garing dan tidak mudah gosong ketika proses penggorengan.

  • Langkah 2 :

    Goreng tahu sampai kokoh, lalu balik. Waktunya sekitar 3 sampai dengan 5 menit, sesuai dengan panas kompor masing-masing. Balik tahu pelan-pelan setelah terlihat lebih kokoh supaya tidak mudah gosong dan matang merata.

Tips dan Trik :

  • Belah menjadi 2 apabila menggunakan tahu yang besar.

  • Gunakan jenis api kompor ngowos atau kompor yang nyala apinya bertekanan tinggi supaya proses penggorengan lebih cepat.

  • Jangan balik terlebih dahulu di awal proses penggorengan supaya tahu tidak mudah hancur. Biarkan tahu sampai kokoh.

  • Minyak yang terdengar Ketika menggoreng tahu masih bersuara pletok-pletok atau rame, tandanya tahu masih sama sekali belum matang karena masih banyak mengandung air. Meskipun sekilas sudah terlihat kering, ternyata tahu masih belum matang dan goreng sampai matang.

  • Waktu menggoreng tahu sekitar 12 sampai dengan 15 menit apabila menggunakan kompor dengan api bertekanan tinggi. Namun waktu menggoreng bisa lebih lama sekitar 25 sampai dengan 30 menit apabila menggunakan kompor biasa. Angkat tahu yang sudah matang, dinginkan.

  • Tahu goreng garing ketika sudah dingin teksturnya cenderung menggembung dan dalamnya kopong. Tahu Pong bisa langsung Kalian nikmati dengan taburan secukupnya garam atau Royco, sesuai selera. Makan Tahu Pong dengan lalapan cabe rawit sudah enak sekali.

  • Kualitas tahu putih sangat menentukan dalam pembuatan Tahu Pong. Hasil tahu menjadi lebih bantat apabila menggunakan jenis tahu yang lebih padat, meskipun cara membuatnya sama. Waktu menggorengnya cenderung lebih lama sekitar 30 menit dengan api bertekanan tinggi.

  • Hasil Tahu Pong cenderung terlihat bantat dan tidak kopong apabila menggunakan tahu putih yang terpotong persegi panjang meskipun menggorengnya sampai garing sempurna. Kalian bisa membuat tahu bantat menjadi tahu kopong, caranya masak sekitar 2 sampai dengan 3 menit menggunakan api sedang lalu matikan api kompor. Tutup dan diamkan sampai air dingin sempurna, lalu peras tahu satu-persatu. Hasilnya tahu menjadi kopong dan tidak bantat lagi. Tahu bisa mengapung ketika proses perendaman apabila menggorengnya sampai matang dan garing.

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.