Tahu Bulat Isi Keju-Bakso Gurih-Gurih Nyoiy | Resep Tahu Bulat Anti Gagal

( 0 out of 5 )
Loading...
  • 16 sampai 18 buah Tahu BulatYield
  • 15 mPrep Time
  • 3:40 hCook Time
  • 3:55 hReady In
Print Recipe

Tahu merupakan salah satu makanan paling favorit di Indonesia selain tempe. Tahu dihidangkan dengan beragam olahan. Salah satu olahan terkenal dari tahu yaitu tahu bulat, dewasa ini berjualan tahu bulat dengan mobil banyak dijumpai di beberapa daerah di Indonesia. Berjualan dengan menggunakan mobil mereka menjajakan tahu bulat dilengkapi sound system untuk mempromosikan tahu bulatnya dengan jungle yang sekarang menjadi sangat popular karena lucu dan unik. “Tahu bulat, digoreng dadakan, lima ratusan, gurih gurih nyoi…,” Demikian kata-kata yang sering terdengar dari para penjual tahu bulat.

tahu bulat yang biasa dijual ala abang-abang dengan mobil dan jingle-nya yang lucu ini ternyata bisa dibikin sendiri di rumah lho. Seperti biasa thehasanvideo.com selalu membagikan resep dengan 1001 satu trik dan tips yang memungkinkan setiap orang untuk bisa mengikutinya dengan sukses. Resep tahu bulat kali ini dijamin anti gagal sepanjang kita mengikuti resep step-by-stepnya dengan benar dan juga memperhatikan tips dan trik yang diberikan. Tahu bulat isi keju bakso ini juga bisa dibuat suka-suka, buat kamu yang suka dengan tahu bulat tanpa isi juga bisa menggunakan resep ini dengan melewatkan isian keju dan baksonya.

Selamat mencoba dan semoga berhasil 😀

Share it!

Bahan-bahan :

  • Bahan Dasar :
  • Bahan Filling (Isian) :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Tahu putih diperas terlebih dahulu dengan kain bersih hingga tahu benar-benar kesat tanpa air. Lalu airnya dibuang dari mangkok, kemudian kuning telur dimasukkan. Semua bumbu juga baking powdernya dan diaduk rata.

  • Langkah 2 :

    Setelah tercampur rata, adonan dibentuk bulat-bulat. Adonan dipipihkan dan diisikan potongan daging bakso atau keju mozzarella didalamnya. Dilakukan hal yang sama hingga adonan habis.

  • Langkah 3 :

    Setelah semua adonan dibulatkan kemudian disimpan terlebih dahulu di kulkas minimal 3 jam. Setelah dikeluarkan dari kulkas, tahu bulat didiamkan 10 menit sebelum digoreng.

  • Langkah 4 :

    Setelah itu digoreng dengan api kecil sambil diaduk-aduk. Tahu bulat digoreng sampai permukaan kuning kecokelatan, kira-kira selama 20 menit.

  • Langkah 5 :

    Setelah matang diangkat dan disajikan dengan saus kesukaan. Baik yang diisi dengan potongan bakso maupun keju mozzarella, rasanya sama-sama enak. Disajikan dengan taburan bumbu balado atau barbeque juga enak.

Tips dan Trik :

  • Tahu menjadi kopong karena penggunaan kuning telur, jika kuning telur dilewatkan maka tahu bulat menjadi kurang kopong. Permukaan tahu bulat kurang licin, tapi untuk rasa tetap enak dan bisa kriuk. Saat memeras tahu dipastikan air benar-benar terbuang dari tahu. Jika kandungan air masih banyak, maka tahu menjadi susah kopong dan kurang kriuk.

  • Jika baking powder dilewatkan maka tahu tidak terlalu mengembang, bahkan terkadang bantat. Hanya saja untuk rasa menjadi kurang kres-kres. Permukaan tahu juga jadi kasar dan tidak licin. Sementara tahu bisa melempes (kempes) lagi saat ditiriskan, karena menggorengnya kurang tanek (kurang lama). Karena itu, tahu bulat digoreng dengan api kecil saja. Butuh waktu kira-kira 20 menit agar hasil tahu bulat tetap bulat licin saat disajikan.

  • Jika kita langsung menggoreng tahu tanpa disimpan dahulu di kulkas, maka tahu menjadi rentan pecah dan meletus saat digoreng. Agar hasil maksimal dan tahu mengembang sempurna, disarankan menggunakan baking powder yang masih aktif. Jika baking powder sudah rusak atau kadaluarsa maka tahu menjadi bantat dan permukaan tahu kasar tidak licin.

  • Tahu bulat digoreng dengan minyak terendam agar hasil tahu bulat maksimal dan tidak mudah gosong. Terakhir, saat membulatkan tahu dipastikan isian tahu tidak keluar dan harus benar-benar tersalut penuh. Jika isiannya kelihatan sedikit saja, nantinya menjadi rentan meletus saat digoreng.

Didowardah

Content Creator

Konten kreator di channel Youtube TheHasanVideo

Read More

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.