Sus Kering Keju 2 Telur | Tanpa Mixer Tanpa Baking Powder 

Loading...
(5 / 5)

Camilan Kue Sus Kering sangat praktis dan membuatnya mudah karena tanpa menggunakan mikser. Bahannya tidak memerlukan baking powder dan pastinya anti gagal. Rasanya enak sekali, apalagi ada isian selai di dalam Kue Sus Kering. Nyaamm tambah nikmat. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Masak air, garam dan margarin dengan menggunakan api sedang sampai mendidih. Matikan api kompor setelah mendidih, lalu masukkan tepung terigu protein sedang dan aduk cepat.

  • Langkah 2 :

    Nyalakan api kompor kembali, lalu masak dengan menggunakan api kecil sambil aduk-aduk sampai adonan kalis. Waktunya sekitar 2 sampai dengan 3 menit dan matikan api kompor setelah adonan kalis. Pindahkan ke wadah tahan panas dan diamkan sampai adonan sedikit dingin.

  • Langkah 3 :

    Tambahkan parutan keju Cheddar setelah adonan sedikit dingin, lalu aduk sampai tercampur rata. Terakhir masukkan telur secara bertahap, lalu aduk-aduk sampai adonan menyatu sempurna dan tercampur rata.

  • Langkah 4 :

    Siapkan spuit bentuk kerrang, tempatkan spuit ke dalam piping bag. Letakkan piping bag ke dalam gelas atau wadah tinggi, lalu masukkan adonan sus. Sisihkan.

  • Langkah 5 :

    Oles loyang tipis-tipis dengan margarin, lalu semprotkan adonan di atas loyang sebesar kelereng atau jempol tangan. Panggang dengan menggunakan oven tangkring atau oven listrik.

  • Langkah 6 : Oven Tangkring :

    Panaskan oven takngring selama 10 menit, panggang kue sus dengan menggunakan api sedang sedikit besar atau sekitar 200 derajat selsius selama sekitar 25 menit atau sampai sus menjadi mengembang dan kokoh.

  • Langkah 7 :

    Pindah loyang kue sus dengan cepat ke rak atas setelah kokoh, panggang dengan menggunakan api kecil kira-kira di suhu sekitar 130 derajat selsius selama 40 sampai dengan 50 menit atau sampai sus benar-benar bebas dari busa dan matang luar dalam.

  • Langkah 8 :

    Angkat kue Sus yang sudah kering dan tanpa busa, biarkan sampai dingin. Hasilnya garing dan matang luar dalam.

  • Langkah 9 : Oven Listrik :

    Panaskan oven listrik di suhu 200 derajat selsius sekitar 10 menit, lalu panggang selama 20 menit di suhu 200 derajat selsius. Sesuaikan dengan oven masing-masing. thehasanvideo.com memanggang dengan suhu 150 derajat selsius selama 25 menit dengan menggunakan api atas bawah. Turunkan suhu oven menjadi 125 derajat selsius dan panggang selama 10 menit sampai dengan 15 menit. Angkat Sus Kering yang sudah matang.

Tips dan Trik :

  • Simpan Kue Sus Kering yang sudah dingin di dalam wadah tertutup supaya awet renyah. Tambahkan isian Sus Kering dengan selai cokelat atau aneka rasa. Tempatkan selai di dalam piping bag, lalu lubangi sus kering dan semprotkan selai ke dalam sus kering. Kalian juga bisa mengisi dengan glaze, kreasikan sesuai selera.

  • Telur harus dalam keadaan segar dan baru, lalu panaskan oven terlebih dahulu sampai panas sempurna supaya Sus Kering bisa mengembang dan renyah meskipun tanpa menggunakan baking powder. Tambahkan sekitar ½ sdt baking powder setiap 1 resep apabila menggunakan telur lama.

  • Oles tipis-tipis loyang dengan menggunakan margarin secara merata supaya tampilan bagian pantat Kue Sus mulus dan cantik. Mengoles margarin tidak terlalu tebal supaya Kue Sus tidak bantat.

  • Panggang Kue Sus sampai kering luar dalam, oven tertutup rapat dan jangan pernah terbuka selama memanggang kecuali ketika memindah posisi loyang. Pindah posisi loyang ketika Kue Sus sudah mengembang sempurna dan kokoh, ketika memanggang sekitar 25 menit. Walaupun Kue Sus sekilas terlihat kering dan ketika panas teksturnya renyah namun setelah dingin menjadi melempem karena Kue Sus belum matang luar dalam. Kalian bisa memanggang ulang. Panggang kembali Kue Sus kering yang melempem, panggang sekitar 5 menit dengan suhu tinggi sekitar 200 derajat selsius, lalu turunkan suhu menjadi 130 derajat selsius dan panggang kembali selama 5 menit atau sampai Kue Sus matang luar dalam. Hasilnya Kue Sus yang melempem bisa renyah dan garing.

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.