Sirup Cocopandan Gula Asli Tanpa Pengawet

( 5 out of 5 )
Loading...
  • 400 ml sirup cocopandanYield
  • 15 mPrep Time
  • 24:35 hCook Time
  • 24:50 hReady In
Print Recipe

Sirup cocopandan ini menjadi andalan, karena rasanya yang juara dan benar-benar berasa sekali aroma degan dan pandannya. Cara membuatnya juga mudah dan bahannya mudah didapat. Semoga cocok dengan hasilnya, selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan:

Cara Membuat:

  • Langkah 1:

    Gula pasir, air kelapa segar dan daun pandan dicampurkan dan dimasak dengan api sedang sambil sesekali diaduk hingga mendidih. Setelah mendidih terus dimasak sebentar sampai aroma pandan keluar. Lalu ditambahkan secukupnya pasta cocopandan diaduk rata, jangan lupa ditambahkan air jeruk nipis atau jeruk lemon. Selanjutnya api dikecilkan dan dimasak lagi sampai air berkurang sesuai selera. Karena disini menggunakan air kelapa takaran 800 ml maka dimasak lagi selama 15 sampai 20 menit.

  • Langkah 2:

    JIka sudah berbusa, tandanya kandungan airnya sudah berkurang. Setelah dingin sirup terlihat kental. Cukup dimasak hingga airnya sampai 400-500 ml, jangan terlalu asat nantinya kalau dingin menjadi terlalu kental seperti tekstur madu dan akan sulit tercampur ke aneka makanan dan minuman.

  • Langkah 3:

    Setelah airnya berkurang separuhnya, kompor dimatikan dan sirup didiamkan hingga benar-benar dingin. Setelah 24 jam, teksturnya menjadi lebih kental. Sirup disaring dan aroma wangi pandan kelapanya sudah benar-benar terasa.

Tips dan Trik:

  • Agar lebih awet disimpan, sirup cocopandan ditempatkan di wadah yang bersih dan kering. Disimpan di kulkas tahan 3 bulan. Kalau ingin disimpan di kulkas pastikan tekstur sirupnya jangan terlalu kental, biasanya kalau disimpan di kulkas tekstur sirupnya akan menjadi semakin kental lagi.

  • Jika air kelapa yang digunakan semakin sedikit maka semakin cepat kentalnya, jadi semakin singkat durasi memasaknya. Akan tetapi jika semakin banyak takaran air kelapa semakin kuat aroma rasa kelapa mudanya, hanya saja menjadi sedikit lama waktu memasaknya.

Didowardah

Content Creator

Konten kreator di channel Youtube TheHasanVideo

Read More

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.