Salad Buah Saus Aneka Rasa Harga 8 Ribu

( 5 out of 5 )
Loading...
  • 12 cup ukuran 200 mlYield
  • 20 mPrep Time
  • 1:05 hCook Time
  • 1:25 hReady In
Print Recipe

Kali ini thehasanvideo.com akan membagikan resep cara membuat salad buah warna-warni dengan aneka rasa. Ada rasa cokelat, green tea matcha, durian dan strawberry. Salad buah ini tekstur kuahnya itu lembut, segar sekali disajikan dingin-dingin. Pastinya juga cocok sekali untuk usaha rumahan. Selamat mencoba 😀

Share it!

Bahan-bahan :

  • Bahan Isian untuk Salad buah :
  • Bahan Isian Jelly :
  • Bahan Saus Fla Aneka Warna untuk Dressing Salad Buah :
  • Dressing Rasa Green Tea Matcha :
  • Topping :

Cara Membuat :

  • Isian Salad Buah : Aneka Buah :

    Banyaknya buah ini hanya cukup untuk 1 porsi dressing salad yang kita buat. Jadi kalau kita membuat 4 porsi dressing salad, maka takaran buahnya itu harus dilipat gandakan menjadi 4 kali lipat.

  • Semua buah dipotong kecil-kecil menyerupai dadu, untuk buah apelnya ini agar tidak rawan menghitam sebaiknya setelah dipotong lalu direndam segera potongan buah apelnya di dalam air hangat yang ditambahkan sedikit garam dan perasan jeruk nipis atau lemon kemudian ditiriskan.

  • Isian Jelly :

    Gula pasir dan nutrijell diaduk rata agar larutan jelly tidak menggumpal. Selanjutnya dimasukkan air bersih dan dimasak hingga mendidih. Kemudian dituangkan ke wadah kotak dan didiamkan hingga mengeras. Setelah mengeras dipotong dadu dan disisihkan.

  • Saus Fla Green Tea :

    Chocolatos green tea dilarutkan dengan air bersih dan dimasak hingga mendidih. Jika dirasa kurang manis, ditambahkan gula pasir. Setelah mendidih, dimasukkan larutan maizena dan diaduk rata. Terus dimasak hingga mengental. Setelah mengental, api dimatikan dan disisihkan.

  • Saus Fla Aneka warna :

    Dalam pembuatan saus fla ini, sebenarnya untuk rasa dan warnanya itu bisa kita buat sesuai selera, jadi tidak harus hijau green tea. Jika suka kita juga bisa membuat saus fla warna cokelat dengan menggunakan chocolatos rasa cokelat. Sementara untuk saus fla warna pink, kita bisa menggunakan pop ice rasa strawberry dengan takaran dan cara pembuatan yang sama dengan saus fla green tea tadi. Sedangkan untuk saus fla kuning kita bisa menggunakan pop ice dengan rasa durian. Sama seperti tadi, menggunakan 2 sachet Pop Ice durian kemasan 25 gr.

  • Dressing Salad Aneka Warna

    Saus fla yang sudah dibuat tadi dicampur dan diaduk rata dengan mayonaise, yoghurt Cimory dan Susu Kental Manis. Dipastikan tekstur dressing salad benar-benar lembut dan kental. Sedangkan untuk rasa lain caranya juga sama, semua saus fla itu dicampur dengan yoghurt, mayonaise dan susu kental manis atau kremer. Dressing salad aneka warna siap digunakan dan kita simpan di kulkas terlebih dahulu.

  • Topping :

    Anggur dibelah menjadi 2 bagian, keju diparut memanjang. Jika menggunakan cokelat batang maka cokelat batangnya diserut kasar.

  • Cara Penyajian : Langkah 1 :

    Disiapkan wadah untuk salad buah, thehasanvideo.com menggunakan mangkuk salad takaran 200 ml. Potongan buah ditempatkan pada masing-masing wadah dengan takaran sekitar 1-2 sdm sesuai persediaan potongan buah yang kita siapkan. 1 resep ini bisa jadi sekitar 12 mangkok, jadi untuk buahnya juga dibagi menjadi sekitar 12 porsi.

  • Langkah 2 :

    Potongan jellynya jangan lupa ditambahkan juga, selanjutnya disiram dengan dressing salad sekitar 2-3 sdm, sesuai selera. Setelah selesai, lanjut ditambahkan topping sesuai selera. Bisa parutan keju cheddar atau serutan cokelat batang DCC.

  • Langkah 3 :

    Jangan lupa potongan buah anggur ditempatkan di bagian tengah. Sebaiknya sebelum dimakan disimpan terlebih dahulu di dalam kulkas minimal 2 jam kemudian salad buah siap dinikmati dalam keadaan dingin.

Tips dan Trik :

  • Jika sudah dingin saus fla yang dibuat tadi menjadi lumayan mengeras, kita haluskan sebentar dengan menggunakan whisker. Sehingga agar lebih mudah, sebaiknya saat membuat dressing salad ini saus flanya dalam keadaan hangat jadi bisa lebih mudah saat dicampur.

  • Topping yang menggunakan keju ini rasanya itu enak sekali, jadi rasanya itu antara kombinasi manis dan lembut dari saus fla, lalu ada rasa segar dari buah dicampur dengan rasa gurih dari keju cheddar. Dijamin dibuat ketagihan. Sedangkan yang menggunakan topping cokelat ini, menurut thehasanvideo.com rasanya itu kurang menyatu. Bagi yang tidak suka manis kalau toppingnya cokelat begini, itu hampir terlalu kemanisan dan tidak seenak yang menggunakan keju. Jadi sebaiknya jika memang saladnya itu ingin ditopping cokelat, pastikan saus fla yang kita buat itu tidak yang terlalu manis. Kalau bisa ditambahkan sedikit keju cheddar, dengan begitu hasil salad buah menjadi semakin enak dan tidak bikin enek.

  • Salad buah aneka warna ini ternyata umur simpannya itu tidak lama, jadi sebaiknya begitu dibuat, harus langsung habis dalam waktu maksimal 2 hari. Karena jika sudah disimpan sampai di hari ke 3, kesegaran dan rasa salad buahnya itu sudah lumayan banyak berkurang. Bahkan menjadi basi di hari ke 4. Atau mungkin agar lebih awet lagi, sebaiknya dressing salad dan potongan buah dikemas secara terpisah. Dengan begitu umur simpan salad bisa lebih panjang lagi sekitar 4-5 hari di suhu kulkas. Sementara Jika di suhu ruang, kesegaran salad buah ini hanya bisa bertahan sekitar 8 jam saja.

  • Sementara untuk penggunaan yoghurt Cimory itu bisa diganti dengan menggunakan 1 botol yakult kemasan 65 ml. Hanya saja menurut thehasanvideo.com rasanya itu lebih enak yang mengunakan yoghurt Cimory, tetapi tergantung selera masing-masing.

  • Saat mengisi buah dan menuang dressing salad, sebaiknya jangan terlalu penuh. Selain membuat hasil porsinya jadi berkurang, ternyata juga jadi kurang cantik saat ditutup. Jadi memang kalau kepenuhan begini jumlah hasil yang seharusnya bisa 12 buah, hanya jadi 9 atau 10 porsi saja. Kalau dijual tidak jadi untung.

  • 1 resep ini dihitung-hitung itu habis sekitar 54 ribu rupiah, itu sudah termasuk kemasan, gas dan lain-lain. Sementara untuk 1 cup 200 ml ini harga jualnya itu bisa mulai 8 ribu rupiah hingga 10.000 rupiah. Jadi untuk 1 resep ini omzet yang didapatkan adalah sekitar Rp. 96.000-120.000.

  • Untuk harga jual salad buah itu sama sekali tidak harus sama, artinya jika komposisi buah kita ganti dengan buah yang lebih bagus lagi, misalnya anggur untuk isian, komposisi apel diperbanyak, penggunaan papaya diganti dengan pear dan lain sebagianya, maka harga jual salad juga bisa naik lagi mengikuti modal yang kita keluarkan. Begitu juga dengan saus fla, untuk versi premium gula pasir bisa diganti dengan Susu Kental Manis dan takaran bubuk chocolatos bisa ditambah menjadi 3 sachet agar rasa green tea-nya bisa lebih kuat.

  • Sementara untuk jenis mayonaise yang digunakan dipastikan menggunakan jenis mayonaise yang berwarna putih, jika kita menggunakan warna kuning pastinya tidak cocok, karena yang warn kuning ini biasa digunakan untuk jenis salad sayur yang berasa gurih.

Didowardah

Content Creator

Konten kreator di channel Youtube TheHasanVideo

Read More

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.