Salad Buah Enak Harga Rp 3500,-

( 5 out of 5 )
Loading...
  • 23 cup ukuran 160 mlYield
  • 20 mPrep Time
  • 1:05 hCook Time
  • 1:25 hReady In
Print Recipe

Kali ini thehasanvideo.com akan membagikan salah satu menu receh kesukaan yaitu: Salad Buah Ekonomis. Ekonomis karena saus salad yang digunakan itu tidak menggunakan mayonaise, tanpa susu kental manis, dan tanpa yoghurt.

Sementara untuk tekstur dan rasanya ternyata tidak kalah mantap dengan versi saus salad mewah. Pastinya cocok sekali untuk suguhan di rumah atau untuk ide usaha.

Resep ini hasil recook dari Bunda Lucky Ariani dan bunda Lucky Ariani ternyata hasil recook dari Bunda paling kreatif sedunia, Bunda Ika cek akun Youtubenya di @Tutorial Tanggal Tua by Ika Faza. Jangan lupa subscribe untuk mendapatkan resep-resep receh yang keren dari beliau.

Alhamdulillah percobaan pertama langsung puas sekali karena berhasil. Akan tetapi dipercobaan ke dua dimodif dengan menggunakan margarin dan butter ternyata malah menjadi kacau,. Intinya kalau ingin berhasil percobaannya, silahkan diikuti setiap langkah-langkah resepnya dan buat Bunda Lucky Ariani serta Bunda Ika yang sudah berkenan membagikan resep yang enak ini, thehasanvideo.com mengucapkan terimakasih banyak. Semoga bunda selalu sehat, dilimpahi rizki melimpah dan berkah turah-turah. Aamiin.

Selamat mencoba, semoga berhasil! 😀

Share it!

Bahan-bahan :

  • Bahan Isian Buah :
  • Bahan Dressing salad Ekonomis :
  • Topping :

Cara Membuat :

  • Isian Salad Buah : Langkah 1 :

    Pertama disiapkan secukupnya buah segar untuk isian salad, yaitu pepaya mengkal, apel lokal, anggur hitam Lokal dan pear. Pepaya, apel dan pear dikupas, dicuci bersih dan dipotong sesuai selera. Sementara untuk buah anggurnya ini yang sebagian besar dibelah menjadi dua dan dibuang isinya. Sisanya ini dibiarkan utuh yang nantinya digunakan sebagai topping salad.

  • Langkah 2 :

    Sementara untuk apel dan pear agar daging buahnya tidak menghitam setelah dikupas, maka daging buah apel dan pear direndam dengan air hangat yang sudah ditambahkan sedikit garam. Kemudian dipotong kotak kecil-kecil dan segera dibilas lalu dicuci bersih, ditiriskan. Potongan buah untuk isian salad sudah siap.

  • Dressing salad Ekonomis : Langkah 1 :

    Susu bubuk full cream ditambahkan air es, lalu diaduk hingga susu larut dan disisihkan. Selanjutnya disiapkan blender. Thehasanvideo.com menggunakan chopper multifungsi sebagai pengganti blender dari Mitochiba.

  • Langkah 2 :

    Gula pasir, larutan susu bubuk tadi dimasukkan ke dalam blender. Kemudian ditambahkan air perasan jeruk nipis dan dikocok hingga tercampur rata sampai larutannya itu menjadi berbusa dan hampir kental.

  • Langkah 3 :

    Selanjutnya ditambahkan minyak goreng sedikit demi sedikit sambil diblender hingga rata. Thehasanvideo.com menggunakan chopper jadi memang sedikit ribet, karena kita harus membuka tutup chopper untuk menuangkan minyaknya. Jika menggunakan blender sebenarnya lebih praktis, karena kita bisa langsung menuangkan minyak goreng melalui lubang yang ada di bagian atas tutup blender sambil terus dikocok. Hanya saja kebetulan blender thehasanvideo.com sedang rusak dan belum sempat beli lagi jadi memakai yang seadanya saja. Terpenting untuk hasil akhirnya itu masih bisa bagus dan memuaskan.

  • Langkah 4 :

    Jika semua minyak sudah dituang dan tekstur saus saladnya sudah mengental, segera dimatikan chopper atau blendernya. Saus salad Ini akan menjadi lebih kental lagi kalau kita simpan di dalam kulkas. Rasanya itu lembut sekali, manis dan gurihnya itu pas pastinya cocok sekali untuk dressing salad buah.

  • Langkah 5 :

    Agar hasil yang lembut maksimal, kita bisa menambahkan 2 sampai 3 sdm kremer bubuk dengan merek sesuai selera. Lalu diblender seperti biasa. Belum disimpan di kulkas saja, teksturnya sudah kental.

  • Cara Penyajian : Langkah 1 :

    jika sausnya sudah jadi selanjutnya disiapkan wadah untuk salad buah, thehasanvideo.com menggunakan cup ukuran sedikit kecil dengan volume sekitar 160 ml.

  • Langkah 2 :

    Potongan buah yang sudah kita siapkan tadi dimasukkan secara merata. Satu resep ini biasanya itu bisa jadi sekitar 23 sampai 25 cup dan ini kebetulan hanya jadi 23 cup saja. Selanjutnya disiram dengan dressing salad ekonomis secukupnya dan dilakukan hingga habis.

  • Langkah 3 :

    Sementara untuk topping salad, disiapkan keju cheddar yang sudah diparut dan ditaburkan di bagian atasnya sedikit saja agar bisa cukup untuk jumlah 23 cup. Terakhir ditambahkan sisa anggur yang utuh tadi. Salad ekonomis dengan rasa mewah siap disantap.

Tips dan Trik :

  • Salad ekonomis versi cantik, kita bisa menambahkan topping salad dengan secukupnya buah strawberry segar dan sukade hijau (manisan buah). Strawberry dipotong menjadi 3 irisan tipis lalu salad dihias. Jadi walaupun dengan bahan saus yang sama, hanya saja sedikit berbeda di topping begini ternyata itu bisa mengubah tampilan salad menjadi semakin cantik dan terlihat mahal #CATAT. Jika tampilan salad cantik, sudah pasti untuk harga jualnya itu menjadi lebih tinggi lagi.

  • Salad versi topping sederhana ini harga jualnya sekitar 3500 s/d 4500 rupiah saja. Setelah dipercantik maka harga jualnya itu bisa naik menjadi sekitar 5000 sampai 6000 rupiah per satu cup. Pastinya juga keuntungannya semakin banyak.

  • Agar hasil yang maksimal, jika menggunakan chopper Mitochiba ini sebenarnya untuk mengocok jenis cream seperti ini, sebaiknya menggunakan aksesoris cream whisk atau pengocok kream. Jadi tadi itu thehasanvideo.com mengocoknya menggunakan aksesoris triple blade, Sehingga hasilnya menjadi kurang kental maksimal, karena memang aksesoris mata pisau triple blade didesign untuk mencincang bukan melembutkan adonan.

  • kapan hari itu thehasanvideo.com mencoba lagi membuat saus salad dengan menggunakan aksesoris cream whisk untuk membandingkan hasilnya dan ternyata memang hasilnya jadi lebih lembut dan mantap. Jika menggunakan chopper mitochiba ini, dipastikan menggunakan akesoris yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Agar hasilnya bisa sempurna dan memuaskan #CATAT

  • Penggunaan minyak goreng ini, asal jenis minyaknya itu bagus dan dipacking kemasan, pastinya sangat aman dikonsumsi dan untuk rasanya itu sama sekali tidak berasa berminyak dan serik di tenggorokan. Akan tetapi kalau misalnya ingin lebih bagus lagi, kita bisa menganti minyak goreng kemasan ini dengan menggunakan minyak sayur yang lebih sehat misalnya minyak zaitun, minyak jagung, minyak kelapa dan lain-lain.

  • kapan hari itu thehasanvideo.com membuat salad ini dengan separuh takaran minyaknya itu diganti dengan margarine, ternyata hasilnya bisa lembut. Hanya saja setelah lama disimpan di kulkas hasilnya terasa lebih berminyak dan mengendal di mulut. Teksturnya tidak bisa homogen dan menyatu padu. Jadi teksturnya itu cenderung pecah dan menggumpal, beda sekali dengan saus salad yang mengguankan minyak goreng yang tetap bisa lembut dan menyatu padu walau saus sudah lama disimpan di dalam kulkas. Salad yang menggunakan margarin ini hasilnya lama-lama menjadi memadat. Meskipun saat dicampurkan dengan buah hasilnya itu bisa meleleh dan cair. Tapi teksturnya itu tetap rawan pecah dan jadi sangat terasa minyaknya saat dimakan. Jadi untuk komposisi minyak goreng ini sebaiknya tidak perlu diganti dengan margarin ataupun mentega #CATAT

  • Agar hasil saus salad bisa kental sempurna, dipastikan saat mengocok atau memblender bahan saus salad ini dengan menggunakan kecepatan tinggi. Sementara untuk alatnya kita bisa menggunakan chopper dengan aksesoris egg whisk atau menggunakan blender biasa atau menggunakan mikser juga boleh. Lebih penting jangan dikocok manual, karena sudah diuji coba sampai tangan encok dan kesleo juga hasil saus saladnya masih tetap encer dan rusak.

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.