Rose Apple Roll Tanpa Oven

( 0 out of 5 )
Loading...
  • 4 PorsiYield
  • 20 mPrep Time
  • 45 mCook Time
  • 1:05 hReady In
Print Recipe

Camilan praktis yang romantis ini bentuknya cantik dan manis. Membuatnya mudah dan praktis karena bisa dibuat tanpa menggunakan oven. Camilan ini cocok disajikan dengan teh maupun kopi. Apalagi disajikan selagi hangat.

Buat yang tidak ingin ribet, kita bisa menggunakan kulit pastry siap pakai yang banyak dijual di took bahan kue maupun pasar swalayan. Kalau thehasanvideo.com sendiri berhubung tinggal di kampung, puff pastry-nya membuat sendiri. Awalnya sempat nitip suami karena tidak bisa membayangkan mengurus bayi sambil membuat puff pastry yang pada dasarnya sedikit ribet. Sama suami malah dibelikan kulit pie haha. Karena sudah terlanjur dibeli akhirnya dipakai juga. Jadi pertamanya itu dalam resep ini thehasanvideo.com menggunakan kulit pie biasa (merek Fienna). Hasilnya lumayan enak kog, renyah dan crispy. Sayangnya tidak mengembang sama sekali dan sedikit kurang menggigit karena sudah membayangkan renyahnya kulit puff pastry yang bertekstur.

Minggu berikutnya thehasanvideo.com memberanikan diri membuat puff pastry sendiri. Membutuhkan waktu tiga hari untuk menguleni dan membanting-banting adonan agar tekstur puff pastry menjadi maksimal. Alhamdulillah tidak sia-sia, karena ternyata memang kulitnya ketika dieksekusi jadi mengembang dan lebih renyah. Dua tingkat lebih enak dari pada menggunakan kulit pie sebelumnya.

Share it!

Bahan-bahan:

Cara Membuat:

  • Langkah 1:

    Apel yang sudah bersih kita belah dua, buang biji. Iris tipis-tipis. Sisihkan. Jeruk lemon diperas dan air perasan jeruk dituang ke dalam air kurang lebih 250 derajat selsius.

  • Langkah 2:

    Apel dimasukkan ke dalam panci, lalu dituangi dengan air lemon sampai irisan terendam. Selanjutnya apel dipanaskan 5 sampai 10 menit (atau bisa di microwave 3 sampai 4 menit). Setelah apel cukup lemas dan mudah ditekuk, lalu ditiriskan.

  • Langkah 3:

    Agar warna irisan apel yang lebih bervariasi bisa ditambahkan pewarna sesuai selera. Ketika eksekusi ke dua thehasanvideo.com menggunakan warna biru dan kuning. Hasilnya memang jauh lebih cantik. Akan tetapi dipastikan menggunakan pewarna makanan yang aman.

  • Menggunakan Kulit Pie:

    Kulit pie disiapkan dan dipotong memanjang (kurang lebih 8 cm x 22 cm). Irisan apel ditata dan diolesi selai nanas. Gula halus ditaburkan, selanjutnya ditambahkan bubuk kayu manis. Lipat ke arah dalam dan digulung sampai habis.

  • Jika Menggunakan Puff Pastry Caranya Sama:

    Hanya saja thehasanvideo.com menggunakan selai cokelat. Karena memang suka cokelat. Rose Apple Roll dengan selai cokelat ternyata jauh lebih legit dan enak.

  • Langkah 4:

    Apel ditata di cooking pan atau di teflon. Kemudian dipanggang diatas api kecil 30 sampai 45 menit sampai kulit matang sempurna.

  • Langkah 5:

    Jika menggunakan kulit puff pastry ditata sedikit renggang karena kulit puff pastry akan mengembang saat dipanggang atau dioven.

  • Langkah 6:

    Rose Apple Pie siap dihidangkan.

Tips dan Trik:

  • Agar rasa yang lebih manis, bisa ditambahkan madu dan gula ke larutan air sesuai selera.

  • Tutup teflon atau cooking pan sebaiknya dialasi kain lap bersih untuk menghindari uap menetes ke pie.

Didowardah

Content Creator

Konten kreator di channel Youtube TheHasanVideo

Read More

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.