Review dan Resep Oreo Supreme Versi Wajan + Oven Tangkring + Oven Listrik

( 5 out of 5 )
Loading...
  • 22 pasang Oreo Supreme KWYield
  • 20 mPrep Time
  • 1:30 hCook Time
  • 1:50 hReady In
Print Recipe

OREO SUPREME, ada yang suka tidak nih? thehasanvideo.com selain ingin membuat Oreo Sultan versi KW, nantinya juga akan me-review Oreo Supreme versi Original. Kira-kira enak yang mana, yang asli atau buatan sendiri?.

thehasanvideo.com hanya mengadaptasi dari resep asli milik Yummy Youtube Channel. Jadi untuk takarannya sangat berubah dan hampir tidak sama, karena untuk versi aslinya itu adalah resep Oreo Copycat versi black. Kemudian thehasanvideo.com mengkonversi takarannya dan merubah komposisi cokelat ke tepung. Intinya tanpa menggunakan resep milik Yummy tersebut, resep ini tidak akan pernah bisa sukses dengan hasil sesuai ekspektasi. Jadi wajib bagi thehasanvideo.com untuk mencantumkan sumber utama sebagai credit.

Penasaran kan bagaimana rasanya dan seperti apa cara membuatnya, langsung saja kita siapkan bahan-bahannya.

Share it!

Bahan-bahan :

  • Bahan Biskuit :
  • Bahan Filling (Isian) :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 : Filling (isian) :

    Mentega atau margarin dimikser hingga lembut dan pucat sekitar 2 menit dengan kecepatan tinggi. Setelah 2 menit kecepatan mikser di turunkan, lalu ditambahkan gula halus dan dimikser dengan kecepatan sedang agar gulanya tidak berhamburan kemana-mana.

  • Langkah 2 :

    Jika suka, ditambahkan juga pasta vanilla dan diteruskan dimikser dengan kecepatan tinggi hingga lembut. Setelah lembut, isian Oreo KW ditempatkan di dalam plastik segitiga atau plastik es biasa juga boleh dan disisihkan.

  • Langkah 3 : Biskuit Oreo :

    Mentega, gula bubuk dan SKM diaduk hingga rata dan lembut. Lalu ditambahkan tepung terigu protein rendah, tepung maizena, baking powder dan soda kue. Kemudian diaduk rata dengan tangan bersih dan agar lebih mantap ditambahkan pasta vanilla serta ditambahkan juga pewarna makanan sesuai selera. Thehasanvideo.com menggunakan pasta strawberry kemudian juga sedikit perisa red velvet dan bisa juga diganti dengan pewarna merah tua, seadanya saja.

  • Langkah 4 :

    Ketika mengaduk rata adonan, thehasanvideo.com menggunakan sarung tangan agar tangannya tidak belepotan merah-merah dan setelah rata kemudian dibulatkan dan disisihkan. Adonan ditutup dan didiamkan sekitar 20 sampai dengan 30 menit agar adonan menjadi lebih menyatu.

  • Langkah 5 :

    Setelah adonan menyatu, lalu adonan dicetak. Agar tidak lengket, meja tempat untuk mencetak dialasi dengan selembar plastik. Adonan diambil secukupnya, dan digilas dengan menggunakan rolling pin atau menggunakan botol bekas sirup atau botol kecap juga boleh.

  • Langkah 6 :

    Ketebalan biskuit itu sekitar ½ cm, lalu dicetak dengan cutter bulat yang sekiranya sama besar dengan bulatan biskuit Oreo. Sementara untuk motif oreonya kita bisa menggunakan biscuit Oreo biasa. Jenis oreonya sesuai selera saja, yang biasa atau ekslusive. thehasanvideo.com menggunakan Oreo Sultan asli.

  • Langkah 7 :

    Membuat motif dengan cara ditekan pelan-pelan dan dilakukan hal yang sama hingga adonan biskuit habis. kalau mencetak menggunakan Oreo biasa ternyata juga tidak kalah cantik dengan Oreo Supreme.

  • Langkah 8 :

    Selain dicetak dengan biscuit Oreo, kita juga bisa mencetak Oreo Sultan KW ini dengan menggunakan cetakan silicon. Ada yang bertuliskan Supreme dan ada juga yang bertuliskan Oreo, cetakan diisi adonan dengan berat sekitar 10 gr saja. Lalu ditekan-tekan hingga adonan menempel sempurna di dalam cetakan, bagian pinggiran cetakan dilonggarkan agar mudah dikeluarkan. Semua adonan biscuit dicetak dengan cara yang sama hingga adonan habis

  • Langkah 9 :

    thehasanvideo.com membuat 2 resep, ada yang dipanggang dengan menggunakan wajan. Ada juga yang dipanggang dengan menggunakan oven tangkring, serta ada juga yang dipanggang dengan oven listrik sebagai perbandingan.

  • Langkah 10 :

    Dipanggang menggunakan wajan, adonan biskuit yang sudah dicetak ditempatkan di atas loyang yang sudah dioles margarin dan dialasi dengan baking paper. Karena dipanggang dengan wajan jadi loyangnya menggunakan sarangan kukusan.

  • Langkah 11 :

    Wajan ditempatkan di atas kompor dan untuk bagian dalam wajan ini kita biarkan kosong tanpa dioles minyak ataupun diisi air. Lalu loyang kukusan dimasukan ke dalam wajan dan api distel dengan setelan api sedang agak kecil. Jangan lupa ditutup dengan menggunakan tutup panci yang pas dengan wajannya. Kemudian dipanggang selama 15 menit.

  • Langkah 12 :

    Setelah 15 menit tampilan Oreo KW ini hampir matang dan agar matang luar dalam, selanjutnya dipanggang lagi dengan mengunakan api kecil selama sekitar 10 menit. Setelah total dipanggang 25 menit, sekarang Oreo KW sudah matang. Lalu diangkat dan dibiarkan hingga benar-benar dingin. Setelah dingin Oreo KW siap di isi dengan isian yang sudah kita buat tadi.

  • Langkah 13 :

    Ujung plastik isian digunting lalu Oreonya diisi dan ditempelkan jadi satu dengan Oreo satunya yang tanpa isian. Semua Oreo diisi dengan isian sampai habis dengan cara yang sama. Oreo KW yang dipanggang dengan wajan hasilnya cantik dan Mantap.

  • Langkah 14 :

    Oreo KW yang dipanggang dengan oven tangkring juga mantap hasilnya. Jika dipanggang dengan oven tangkring, caranya hampir sama. Oven tangkring dipanaskan sekitar 10 menit, lalu Oreo KW dipanggang dengan menggunakan api sedang hampir kecil selama 15 menit. Jika ada pengukur suhunya, sekitar 150 sampai dengan 160 derajat celsius saja.

  • Langkah 15 :

    Setelah 15 menit, kemudian suhu oven diturunkan menjadi sekitar 120 sampai dengan 130 derajat celsius dengan cara dikecilkan api kompornya. Lalu lanjut dipanggang sekitar 10 menit. Setelah 10 menit dipanggang dengan api kecil, sekarang Oreo KW sudah matang luar dalam dan dibiarkan hingga benar-benar dingin.

  • Langkah 16 :

    Cantik sekali hasilnya dan dipastikan tulisan Oreo dan Supreme-nya itu tidak ada yang terbalik. Selanjutnya diisi dengan isian Oreo, dengan cara yang sama seperti tadi. Selesai dan Oreo KW hasil dipanggang oven tangkring siap disantap.

  • Langkah 17 :

    Jika dipanggang dengan oven listrik, caranya juga hampir sama, Hanya saja durasinya lebih cepat, karena thehasanvideo.com menggunakan oven listrik andalan MO-888 dari Mitochiba yang bagus sekali kualitasnya. Cukup dipanggang dengan suhu rendah, yaitu sekitar 110 derajat celsius dengan waktu sekitar 8 menit dengan menggunakan api bawah.

  • Langkah 18 :

    Setelah 8 menit dipanggang dengan api bawah, selanjutnya dipindah ke api atas, cukup dipanggang sekitar 1 menit saja. Karena jika terlalu lama sedikit saja, hasilnya menjadi rawan gosong. Cukup dipanggang 9 menit saja Oreo KW sudah matang luar dalam. Setelah matang, diangkat dan Oreo KW hasil dipanggang oven listrik siap disantap.

  • Langkah 19 :

    Ternyata jika ingin dipanggang dengan wajan, oven tangkring atau dengan oven listrik hasilnya cantik semuanya. Thehasanvideo.com membuat 2 resep jadinya lumayan banyak. Dicampur dengan Oreo Sultan asli juga hampir susah dibedakannya.

Tips dan Trik :

  • Agar mudah dicetak dan tidak lengket, sebaiknya sebelum digunakan cetakan silicon ditaburi dengan sedikit tepung terigu, lalu diketok-ketok agar terigu yang menempel tidak terlalu tebal. Kemudian dicetak dan hasilnya semua huruf dan motif bisa tercetak dengan sempurna. #CATAT

  • Jika Oreo KW-nya itu dicetak dengan cetakan silicon, sebaiknya menggunakan gula halus yang benar-benar lembut. Jadi kalau misalnya masih terlihat menggumpal dan keras, sebaiknya dihaluskan kembali dengan menggunakan blender. Gula halus diblender hingga benar-benar lembut. Thehasanvideo.com menggunakan blender Heavy duty dari Crown Horeca. Hasilnya lembut sekali, butiran gulanya menjadi benar-benar halus seperti bedak bayi. Jika gula halusnya lembut, maka adonan Oreonya itu nantinya menjadi lebih mudah dicetak. #CATAT

  • Sementara untuk pembuatan filling (isian) Oreo. Agar hasil fillingnya lebih mantap, kita bisa menambahkan 1 sdm soft cream per 1 resep ini. Sedangkan untuk merek soft creamnya sesuai selera saja. Soft cream ini ditambahkan bersamaan dengan mentega atau margarin, dengan penambahan soft cream ini maka hasil filling Oreonya menjadi lebih halus. Dimakannyapun menjadi tidak menyengat di tenggorokan, selain itu juga rasa manisnya lebih mantap karena ada rasa gurih susu dari soft cream tersebut. #CATAT

  • Jika suka, kita bisa mengurangi takaran tepung terigu sebanyak 1 sdm, lalu menggantinya dengan cokelat bubuk cukup 1 sdt. Jika kita menambahkan 1 sendok teh cokelat bubuk, akibatnya biskuit oreo menjadi lebih manis lagi. Sebaiknya gula halus yang digunakan minimal 30 gr (bukan hanya 15 gr) dan untuk pewarnanya agar tidak terlalu gelap merahnya, sebaiknya menggunakan pewarna merah strawberry, atau merah cabe, jadi bukan pewarna merah tua, atau red velvet.

  • Oreo Supreme KW yang asli ada rasa sensasi red velvet sedikit dan creamnya lebih mantap dan wangi sekali. Sedangkan Oreo Supreme KW ini rasanya mantap dan tidak kalah dengan yang aslinya. Rasa red velvetnya juga terasa, karena thehasanvideo.com menggunakan red velvet yang asli. Jika membuat sendiri lebih puas, karena hasilnya melimpah dan semua kebagian.

Didowardah

Content Creator

Konten kreator di channel Youtube TheHasanVideo

Read More

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.