Perkedel Tepung Kentang

( 5 out of 5 )
Loading...
  • 40 Perkedel KentangYield
  • 15 mPrep Time
  • 30 mCook Time
  • 45 mReady In
Print Recipe

Kalian pasti suka Lauk Perkedel Kentang, karena rasanya enak dan lembut. Membuat sendiri dengan resep Perkedel Kentang dari thehasanvideo.com sangat mudah karena menggunakan tepung kentang dan tidak menggunakan telur. Teksturnya lembut dan gurih. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan :

  • Bahan :
  • Bahan Pencelup (aduk rata) :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Penggunaan tepung kentang sesuai selera, bisa menggunakan kentang flakes atau super fine. Rajang halus daun seledri atau daun bawang dengan menggunakan pisau tajam dan sisihkan.

  • Langkah 2 :

    Kalian bisa mengganti bawang merah goreng dengan 4 siung bawang merah segar, kemudian goreng terlebih dahulu. Ganti bawang putih goreng dengan 4 siung bawang putih segar, lalu goreng terlebih dahulu.

  • Langkah 3 :

    Masukkan ke dalam wadah tepung kentang, bawang merah goreng, bawang putih goreng, garam, kaldu bubuk, merica bubuk, kemudian aduk rata. Seduh dengan air mendidih. Semakin banyak penggunaan air, akan membuat tekstur kentang semakin lembut.

  • Langkah 4 :

    Tuang air panas sedikit demi sedkit, supaya tidak mudah lembek dan hentikan penambahan air apabila tekstur adonan perkedel sudah sesuai. thehasanvideo.com menggunakan takaran air 850 ml, karena tidak menggunakan telur. Masukkan potongan daun seledri dan aduk rata.

  • Langkah 5 :

    Berat adonannya sebesar 1081 gr. Bagi adonan Perkedel Kentang menjadi beberapa bulatan dengan berat masing-masing 27 gr supaya sama besarnya. Bulatkan perkedel kentang dan pipihkan.

  • Langkah 6 :

    Goreng Perkedel Kentang dengan mencelupkan terlebih dahulu ke dalam adonan pencelup. Kalian bisa menyimpan Perkedel Kentang di dalam kulkas akan tahan 2 sampai dengan 3 hari sebagai persediaan atau simpan dalam freezer bisa tahan 2 bulan.

  • Langkah 7 :

    Panaskan secukupnya minyak goreng, celupkan Perkedel Kentang ke dalam kocokan telur. Masukkan Perkedel Kentang pelan-pelan dan tidak saling berdekatan dengan yang lain supaya tidak mudah hancur. Goreng dengan menggunakan api besar, supaya Perkedel Kentang bisa cepat kering, matang dan teksturnya tidak mudah hancur.

  • Langkah 8 :

    Goreng Perkedel Kentang dengan terendam minyak, supaya matang merata. Balik sekali saja, supaya tidak mudah pecah. Angkat Perkedel Kentang, apabila sudah kuning kecokelatan. Waktu menggoreng kurang lebih 3 sampai dengan 4 menit dan jangan melebihi 5 menit.

  • Langkah 9 :

    Cara menggoreng Perkedel Kentang dengan balutan yang berserabut yaitu setelah semua Perkedel Kentang masuk ke dalam minyak panas, tuangkan larutan telur dari campuran 1 butir kocokan telur yang sudah Kalian tambahkan sejumput garam, 30 ml air.

  • Langkah 10 :

    Tuangkan kocokan telur sedikit lebih tinggi dari wajan dengan takaran sesuai selera. Biarkan membentuk serabut dan matang, tidak perlu Kalian aduk. Balik satu kali, apabila belum matang merata. Dan angkat Perkedel Kentang apabila sudah matang. Sajikan Perkedel Kentang ketika masih panas atau sesuai selera.

Tips dan Trik :

  • Kalian bisa menambahkan fillet daging sapi, kornet atau ayam pada adonan Perkedel Kentang. thehasanvideo.com menambahkan 250 gr fillet daging ayam yang sudah tercincang halus setiap 1 resep Perkedel Kentang. Kemudian tambahkan bumbu-bumbu sesuai selera. Masak ayam terlebih dahulu dengan ½ gelas air dna tambahkan 1 sdt bubuk kari, 1 sdt kaldu ayam atau jamur, 1 sdt garam halus, 1 sdt bubuk Ngo Hiong atau ½ sdt bubuk pala, sejumput lada bubuk, kemudian aduk rata dan masak sampai ayam empuk. Matikan api setelah matang dan angkat. Campurkan tepung ketan ketika masih panas dan tambahkan bahan lain yang sama seperti di atas. Kurangi 60 ml penambahan air, karena menggunakan butir telur. Gunakan 790 ml air, 1 butir telur dan aduk rata. Bentuk adonan Perkedel Kentang dengan berat masing-masing adonan sama dengan yang di atas dan hasilnya menjadi 47 buah Perkedel Kentang. Cara menggorengnya juga sama dan hasilnya hampir sama dengan yang tidak menggunakan telur dan ayam.

  • Gunakan minyak panas dan atur api kompor sedikit besar atau api besar. Hindari penggunaan api kecil, karena Perkedel Kentang akan berminyak dan hasinya mudah rapuh. Goreng sampai tenggelam ke dalam minyak, supaya tidak membolak-balik Perkedel Kentang. Balik sekali saja, apabila belum matang merata.

Didowardah

Content Creator

Konten kreator di channel Youtube TheHasanVideo

Read More

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.