Nasi Liwet Magicom Tanpa Santan

( 5 out of 5 )
Loading...
  • 6 porsiYield
  • 15 mPrep Time
  • 1:10 hCook Time
  • 1:25 hReady In
Print Recipe

Kali ini thehasanvideo.com akan membagikan salah satu resep receh favorit, yang ini receh sekali karena membuatnya mudah. Bahan-bahannya juga mudah didapat, tapi untuk hasilnya mantap. Harumnya menggoda dan pastinya rasanya juga juara. Mantap sekali disajikan hangat-hangat dengan sambal kesukaan.

Resep Nasi Liwet ini adalah hasil recook dari resepnya bunda Asmara, yang sudah mencoba resepnya banyak sekali. Jadi memang benar-benar mudah, praktis dan anti gagal. Buat Bunda Asmara yang sudah berbaik hati membagikan resepnya, terimakasih banyak ya Bunda. Semoga selalu sehat dan dimudahkan rizki dan urusannya ya. Aamiin

Share it!

Bahan-bahan :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Teri dicuci bersih dan digoreng hingga cokelat keemasan. thehasanvideo.com menggunakan jenis teri nasi yang asinnya pas. Sisa minyak menggoreng terinya jangan dibuang, diambil sekitar 6 sampai dengan 8 sdm untuk menumis bumbu Nasi Liwetnya. Cabe merah besar, bawang merah dan bawang putih dirajang.

  • Langkah 2 :

    Minyak jelantah sisa menggoreng teri tadi dituangkan ke dalam teflon atau wajan. Kemudian bumbu yang sudah dirajang tadi yaitu cabe, bawang merah dan bawang putih dimasukkan. Lalu ditumis hingga harum.

  • Langkah 3 :

    Ditambahkan sereh dan daun salam, setelah itu dimasukkan teri yang sudah digoreng dan ditumis sebentar dengan api sedang. Jika suka ditambahkan pete dan cabe rawit, lalu diaduk rata. Kemudian kompor dimatikan dan tumisan terinya sudah jadi lalu disisihkan.

  • Langkah 4 :

    thehasanvideo.com memasak Nasi Liwet menggunakan rice cooker digital andalan dari Mitochiba. Mitochiba rice cooker ini bagus sekali karena dengan menggunakan teknologi pemanas 3D. Jadi proses memasaknya lebih cepat dan lebih matang merata. Selain itu juga tekstur nasi tetap enak dan pulen hingga penghangatan selama 24 Jam.

  • Langkah 5 :

    Beras yang sudah dicuci dimasukkan ke dalam rice cooker lalu ditambahkan semua bumbu dan teri yang sudah ditumis tadi. Selanjutnya ditambahkan air atau menggunakan takaran air seperti biasa, jadi umumnya takaran yang ideal itu tinggi airnya menutupi beras hingga satu ruas jari.

  • Langkah 6 :

    Hanya saja thehasanvideo.com takaran airnya, dilebihkan sedikit hampir 2 ruas jari. Agar hasil nasinya lebih pulen dan tanak, selanjutnya ditambahkan kaldu bubuk dan garam halus. Kemudian diaduk rata dan jika dirasa asinnya sudah pas, lalu ditutup.

  • Langkah 7 :

    Setelah itu ditekan tombol nasi putih pada rice cooker dan dimasak hingga matang. Durasinya sekitar 45 sampai 50 menit.

  • Langkah 8 :

    Setelah 50 menit, menunya sudah pindah ke mode hangat dengan display angka 8, artinya nasinya sudah matang sekitar 8 menit yang lalu. Setelah dibuka, Nasi Liwet simple ala The Hasan Video sudah matang.

  • Langkah 9 :

    Nasi Liwet ini enak sekali langsung disantap hangat-hangat. Tidak menggunakan lauk apapun cukup nasi seperti ini sudah enak, karena rasanya sudah gurih dan nikmat. Ditambah telur dan sambal asin cumi seperti ini pastinya semakin mantap.

Tips dan Trik :

  • Agar Nasi Liwet awet tahan lebih lama. Setelah nasi matang, didiamkan sekitar 5 sampai 10 menit. Kemudian sebelum disajikan sebaiknya nasi diaduk secara meyeluruh, agar sisa-sisa air yang terjebak di butiran nasi bisa menguap keluar, selain itu juga agar rasanya lebih merata. Jika tidak diaduk, air akan terperangkap cukup lama di dalam nasi sehingga membuat nasi menjadi lebih cepat basi.

  • Selain itu, agar nasi bisa tahan lama dan warnanya jadi lebih putih. Sebelum dimasak, ditambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis atau lemon. Kemudian diaduk rata.

  • Sementara untuk penggunaan bumbu dan jenis terinya sesuai selera saja. Jadi takarannya juga tidak harus sama. Silahkan disesuiakn dan dimodif sesuai bahan yang ada dan selera masing-masing. Kapan hari thehasanvideo.com membuat juga bawang merahnya dan diganti dengan bawang bombay, ternyata hasilnya juga semakin mantap.

Didowardah

Content Creator

Konten kreator di channel Youtube TheHasanVideo

Read More

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.