Milo Mille Crepes Lembut Tanpa Telur

  • Yield: 22 sampai dengan 24 Lembar
Watch Video
Loading...
(5 / 5)

Kue yang lagi viral kali ini Milo Mille Crepes, membuatnya sangat lama namun hasilnya tidak mengecewakan. Resep Milo Mille Crepes dari thehasanvideo sangat ekonomis karena tidak menggunakan telur. Hasilnya masih tetap lembut sekali, lentur dan pasti ketagihan. thehasanvideo.com juga membuat adonan Milo Mille Crepes dengan menggunakan telur, hasilnya bisa sama-sama tipis, lentur dan lembut. Keduanya sama-sama cantik, enak dan pastinya sangat layak jual.

Share it!

Bahan-bahan :

  • Bahan : Larutan susu cair (aduk rata sampai volume 550 ml) :
  • Bahan :
  • Bahan Cheese Cream :
  • Cream Filling :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Aduk rata tepung terigu protein tinggi, tepung tapioka, gula pasir, cokelat bubuk, garam, milo bubuk. kemudian masukkan larutan susu dan tuangkan secara bertahap sambil aduk sampai adonan halus dan tidak bergerindil. Kalian bisa memblender adonan supaya tidak capek.

  • Langkah 2 :

    Tambahkan pasta vanili, margarin leleh setelah adonan lembut dan aduk sampai tercampur rata. Saring adonan jika perlu, lalu tutup rapat. Diamkan adonan di suhu ruang selama sekitar 1 sampai dengan 2 jam karena tanpa menggunakan telur, sehingga adonan lebih lentur saat proses mencetak.

  • Langkah 3 :

    Adonan terlihat lebih kental setelah mendiamkan selama 1 jam lebih atau 80 menit. Siapkan teflon, thehasanvideo menggunakan teflon terbalik dengan diameter sekitar 20 cm supaya proses mendadarnya lebih mudah dan hasilnya lebih tipis. Mille Crepe bisa lembut walaupun tanpa menggunakan telur.

  • Langkah 4 :

    Panaskan teflon terbalik sekitar 2 sampai dengan 3 menit, sesuaikan dengan panas kompor masing-masing. Segera oles setelah teflon sedikit panas, oles dengan menggunakan sedikit margarin dan ratakan dengan tissue. Oles cukup sekali saja di awal.

  • Langkah 5 :

    Celupkan ke dalam adonan setelah teflon panas, kuas tipis-tipis untuk menambal adonan yang berlubang. Masak dengan api sedikit kecil sekitar 1 ½ menit atau sampai permukaan kering dan matang. Milo Crepes sudah matang apabila sudah bergelembung, angkat dan kelupas supaya crepesnya terlepas. Tutup dengan kain bersih lembaran crepes supaya tetap lembut, lalu cetak sisa adonan dengan cara yang sama.

  • Langkah 6 :

    Usap teflon terbalik dengan menggunakan tissue setiap mau mencelupkan ke adonan supaya bersih dan bebas residu. Panaskan sebentar sekitar 10 detik, lalu celupkan kembali dan tambal adonan yang berlubang dengan menggunakan kuas. Masak dengan menggunakan api sedikit kecil sampai matang. Hasilnya bisa tipis dan lentur meskipun tidak menggunakan telur. Diamkan di suhu ruang sampai crepes dingin sempurna.

  • Langkah 7 : Cheese Cream :

    Aduk sampai lembut dan tidak bergerindil cream cheese dan SKM putih, sisihkan.

  • Langkah 8 : Cream Filling :

    Masukkan whipped cream bubuk di wadah terpisah. Tambahkan gula halus, milo bubuk dan air es. Mikser sebentar dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata, lalu naikkan kecepetan mikser setelah rata.

  • Langkah 9 :

    Mikser dengan menggunakan kecepatan tinggi selama sekitar 3 menit atau sampai adonan kaku. Matikan mikser setelah adonan kaku, lalu tambahkan campuran cheese cream. Mikser sebentar sampai tercampur rata.

  • Langkah 10 : Hias :

    Ambil 1 lembar crepe, lalu ambil secukupnya cream filling. Oles dengan tingkat ketebalan sesuai selera, tambahkan cream filling yang agak banyak dan agak tebal supaya lembut sempurna. Ratakan dan tutup kembali dengan lembaran crepe lainnya. Tambahkan kembali secukupnya cream filling seperti tadi, lakukan dengan cara yang sama sampai crepe habis. Rapikan sesuai keahlian masing-masing, lalu simpan di chiller sekitar 3 sampai dengan 5 jam.

  • Langkah 11 :

    Mille Crepe sudah terlihat kokoh setelah 4 jam di chiller. Taburi dengan 1 sachet bubuk Milo, garis Mille Crepes dengan menggunakan pisau bersih supaya mudah memotongnya. Garis menjadi 8 atau 10 bagian, sesuai selera.

  • Langkah 12 :

    Hias Mille Crepes sesuai selera, thehasanvideo.com menggunakan crispy ball warna kuning. Taburkan, lalu tambahkan gumpaste flower warna kuning. Hias sesuai selera, tempelkan juga Milo cube, Choco Bar, gumpaste bentuk mawar, chocochips. Simpan Kembali di dalam kulkas paling sedikit 1 jam supaya lebih kokoh.

  • Langkah 13 :

    Potong-potong Mille Crepes setelah kokoh, bersihkan pisau menggunakan tissue apabila pisau kotor dan potong kembali sisanya. Teksturnya lembut walaupun tanpa menggunakan telur.

  • Langkah 14 :

    Potong sisanya sampai habis, tempatkan di dalam mika slice cake. Tutup dan simpan di kulkas supaya tetap dingin dan lembut.

Tips dan Trik :

  • 1 resep dapat menghasilkan 22 sampai dengan 24 lembar crepes.

  • thehasanvideo.com juga membuat Mille Crepes menggunakan telur dengan topping bunga merah. Sekilas tampilannya hampir sama, gunakan cukup 1 telur setiap 1 resep. Tambah takaran larutan susu menjadi 600 ml, karena Ketika menggunakan telur maka volume adonan akan bertambah sehingga apabila tetap menggunakan larutan susu dengan takaran 550 ml, hasil crepe masih terlalu tebal dan teksturnya kurang lembut.

  • Tambahkan telur setelah mendiamkan adonan selama 1 jam, lalu aduk sampai rata. Cetak adonan crepes dengan cara yang sama seperti tadi, hasilnya crepes menggunakan telur kulitnya sama-sama bisa tipis dan lentur. Teksturnya juga lembut dan buat ketagihan.

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.