Manisan Permen Pepaya Nutrijell | Tahan 5 Bulan

Loading...
(5 / 5)

Pepaya muda tidak hanya Kalian sayur saja, Manisan Pepaya Nutrijell bisa menjadi camilan pilihan untuk keluarga. Resep Manisan Pepaya Nutrijell dari thehasanvideo.com rasanya manis dan asam, teksturnya kenyal dan tahan lama meskipun tidak menggunakan pengawet. Proses pengeringannya tidak perlu menjemur di bawah terik matahari, cukup angin-anginkan saja. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Tekstur daging pepaya yang masih putih atau mengkal, sesuai selera. Kupas pepaya, lalu potong-potong dan cuci bersih. Parut sedikit kasar dengan menggunakan parutan keju, peras parutan pepaya menggunakan kain bersih untuk menghilangkan kadar airnya. Berat totalnya menjadi 500 gram.

  • Langkah 2 :

    Kalian bisa mengganti Nutrijell leci kemasan 10 gram menjadi 1 sachet Nutrijell leci kemasan 15 gram. Larutkan Nutrijell dengan air matang dingin, aduk rata dan sisihkan.

  • Langkah 3 :

    Siapkan panci, masukkan gula pasir, parutan pepaya yang sudah Kalian peras, larutan Nutriijell leci, vanili bubuk. Aduk sampai tercampur rata.

  • Langkah 4 :

    Masak dengan menggunakan api sedang sambil Kalian aduk-aduk sampai adonan kalis. Gula sudah larut semua setelah memasak selama 6 menit, lanjut masak dengan menggunakan api sedang dan aduk-aduk supaya tidak mudah gosong.

  • Langkah 5 :

    Tekstur sudah mulai mengering setelah 12 menit memasak, namun masih belum matang. Tambahkan bubuk citric acid setelah 18 atau 20 menit memasaknya, aduk rata. Tambahkan juga air perasan lemon supaya lebih segar, aduk rata. Masak sampai adonan kalis sempurna.

  • Langkah 6 :

    Adonan sudah hampir matang setelah memasak 25 menit. Tanda adonan sudah matang apabila sudah terlihat kalis, di pinggiran wajan sudah kesat kering, permukaan adonan sudah terlihat memutih. Ambil sedikit adonan dan diamkan sedikit dingin, lalu apabila Kalian pulung di tangan sudah tidak lengket tandanya adonan sudah matang.

  • Langkah 7 :

    Waktu total memasak sekitar 30 menit, matikan kompor apabila adonan sudah matang. Bagi adonan menjadi 4 bagian atau sesuai selera, lalu warnai adonan sesuai selera. thehasanvideo.com menggunakan warna kuning 1/2 tetes, merah strawberry, biru dan hijau.

  • Langkah 8 :

    Cetak adonan menggunakan sendok takar ukuran 5 g, lalu bulatkan dan tempatkan di atas gula pasir. Segera taburkan gula secara merata dan lakukan sisanya sampai habis.

  • Langkah 9 :

    Angin-anginkan di suhu ruang setelah adonan sudah terbentuk bulat, supaya lebih kering kembali. Cara lain bisa Kalian tempatkan di ruangan AC dan tidak perlu Kalian jemur terik matahari.

  • Langkah 10 :

    Kemas dengan segera di dalam wadah tertutup Manisan Pepaya Nutrijell yang sudah mengeras supaya lebih tahan lama.

Tips dan Trik :

  • thehasanvideo.com membuat lagi dengan bentuk menyerupai donat, alatnya menggunakan cetakan jelly berbahan silicon dan caranya tetap sama. Masukkan adonan ke dalam cetakan, lalu tekan-tekan cetakan supaya lebih mudah untuk mengeluarkannya atau simpan sekitar 3 sampai dengan 4 menit di freezer kemudian tinggal keluarkan dari cetakan. Segera tabur-tabur gula di Manisan Pepaya Nutrijell.

  • Manisan Pepaya Nutrijell terbuat dari gula, teksturnya kering mengandung pengawet alami citric acid sehingga akan tahan di suhu ruang sekitar 2 bulan sedangkan di kulkas akan tahan sekitar 5 bulan.

  • Angkat dengan segera adonan manisan ketika sudah kalis supaya mudah untuk mencetaknya. Waktu memasaknya paling lama 30 menit apabila menggunakan api sedang, hasilnya manisan pepaya nutrijell terlalu kering dan sulit mencetak apabila memasak selama 40 menit.

  • Masak kembali adonan sebentar saja apabila sudah terlalu kering. Tambahkan sedikit air, lalu masak sampai teksturnya kalis.

  • Penggunaan gula ukurannya setara dengan berat bersih pepaya, apabila takarannya melebihi berat bersih pepaya hasilnya mudah lengket seperti gulali.

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.