LONTONG KILAT TANPA CETAKAN METODE 5.30.7

Loading...
(5 / 5)

Membuat Lontong tidak sesulit yang Kalian bayangkan, resep dari thehasanvideo.com lebih praktis dan cepat. Cara memasaknya menggunakan metode 5.30.7. Rebus lontong 5 menit lalu diamkan 30 menit dan rebus ulang selama 7 menit. Hasilnya, lontong bisa padat dan kenyal, bisa menghemat tenaga. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Garang sebentar daun pisang di atas api kompor. Gunakan daun pisang dari pohon pisang kepok supaya mudah melipat dan tidak mudah sobek. Sisihkan.

  • Langkah 2 :

    Siapkan wok pan, lalu masukkan beras air galon dan garam halus. Aduk rata, masak dengan api sedang sampai air asat dan beras menjadi nasi aron, sering aduk-aduk supaya tidak gosong. Waktunya sekitar 10 sampai dengan 12 menit, lalu matikan api kompor.

  • Langkah 3 :

    Tutup wok pan rapat-rapat, pastikan tidak ada lubang supaya uap panas tetap bekerja sempurna untuk mengempukkan nasi aron. Diamkan sekitar 10 menit sampai air meresap sempurna.

  • Langkah 4 :

    Aduk nasi aron setelah memasak selama 10 menit, tekan-tekan sampai lembut supaya hasil lontongnya mulus dan cantik. Kalian juga bisa menghaluskan nasi dengan cara mencacah menggunakan chopper supaya lebih praktis.

  • Langkah 5 :

    Bagi nasi menjadi beberapa bagian, timbang berat setiap bagian dengan persisi 230 g. Bentuk bulat lonjong menggunakan plastik bersih yang permukaannya sudah terbasahi sedikit air galon supaya tidak lengket.

  • Langkah 6 :

    Potong daun pisang dengan lebar 8 cm supaya tidak mudah bocor, tambahkan 1 daun pisang lainnya dengan ukuran lebih kecil sekitar 16x16 cm. Tempatkan nasi yang sudah terbentuk di atas daun pisang, lalu bungkus rapi. Sematkan tusuk gigi atau steples di pinggiran daun pisang.

  • Langkah 7 :

    Siapkan panci atau wok pan, tambahkan 2-3 liter air bersih. Masak air sampai mendidih, lalu masukkan lontong dan tutup. Masak lagi dengan api sedang sampai air mendidih kembali.

  • Langkah 8 :

    Memasaknya menggunakan metode 5.30.7 sehingga rebus lontong selama 5 menit setelah air mendidih. Matikan api kompor setelah memasak selama 5 menit dan diamkan lontong selama 30 menit di dalam panci atau wok pan yang tertutup rapat, pastikan tidak ada udara yang keluar.

  • Langkah 9 :

    Buka sumpal tutup wok pan setelah mendiamkan selama 30 menit. Masak kembali sampai mendidih selama 7 menit. Matikan api kompor dan tutup rapat supaya uap panas bekerja sempurna untuk mematangkan lontong. Diamkan kembali selama 30 menit.

  • Langkah 10 :

    Angkat lontong yang sidah matang, tiriskan dengan cara berdirikan lontong supaya airnya bisa asat dan bisa awet tahan lama. Potong-potong lontong dengan menggunakan pisau tajam dan nikmati dengan lauk kesukaan.

Tips dan Trik :

  • Penggunaan jenis beras bisa menggunakan beras pera, misalnya beras Basmati. Takaran air juga berbeda apabila menggunakan beras pera. Takaran air untuk 500 g beras yaitu sekitar 1000 ml.

  • Tambah waktu memasak dengan metode 5.30.7 menjadi 2 kali lipat. Apabila merebus dengan durasi 5 menit maka diperpanjang menjadi 10 menit, supaya hasil lontong bisa mulus dan cantik. Lontong nasi pera bisa sempurna dengan menggunakan metode 5.30.7 yang sudah melipat gandakan waktu memasaknya. Tekstur lontong nasi pera lebih kenyal dan padat. Namun permukaan luar terlihat basah karena baru mendiamkan selama 3 jam. Semakin lama mendiamkan lontong sekitar 8 jam, hasilnya bisa kesat, mulus dan kenyal sempurna.

Tulis komentar

Your email address will not be published.

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.