Kunyit Asam Bubuk Gula Merah

  • Yield: 1795 g Kunyit Asam
Watch Video
Loading...
(5 / 5)

Minuman kesehatan Kunyit Asam bisa membuat tubuh menjadi segar kembali dan pastinya tambah sehat dan bugar. Resep Kunyit Asam dari thehasanvideo.com berbeda dari yang lainnya karena menggunakan gula merah. Rasa asam dan manisnya sangat sesuai di lidah Kalian. Selamat mencoba dan pasti akan ketagiahan 😀

Share it!

Bahan-bahan :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Kupas dan cuci bersih kunyit, lalu cacah kasar asal sampai terpotong-potong. Siapkan nampan, loyang atau tampah. Kemudian alasi dengan kertas nasi atau lembaran plastik, ratakan cacahan kasar kunyit tipis-tipis. Jemur cacahan kasar kunyit di bawah terik matahari sampai kering kerontang.

  • Langkah 2 :

    Ukuran cacahan kasar kunyit menjadi kecil setelah kering kerontang, sangrai cacahan kasar kunyit yang sudah kering supaya baunya harum dan tidak mudah langu. Panaskan wajan atau teflon, lalu sangrai cacahan kasar kunyit kering selama 5 sampai dengan 7 menit dengan menggunakan api kecil.

  • Langkah 3 :

    Matikan api kompor setelah tercium aroma wangi khas kunyit, lalu dinginkan. Haluskan sampai lembut kunyit yang sudah dingin dengan menumbuk manual atau menggunakan blender. Sisihkan

  • Langkah 4 :

    thehasanvideo.com menggunakan gula semut atau gula aren butiran supaya lebih praktis. Haluskan gula semut, lalu ayak blenderan gula supaya lembut sempurna. Sisihkan.

  • Langkah 5 :

    Aduk rata bubuk kunyit, asam jawa bubuk, garam halus dan gula aren bubuk. Sekilas hasilnya bukan seperti bubuk kunyit asam karena warnanya sama sekali tidak ada warna kuning kunyitnya.

  • Langkah 6 :

    Ambil 2 sdm bubuk kunyit asam, lalu seduh dengan 250 ml air panas. Aduk rata dan warna kuningnya tetap muncul namun sedikit gelap karena mengandung 100 persen gula aren dan tidak menambahkan gula putih sama sekali. Hasilnya minuman terlihat pekat dan kental.

  • Langkah 7 :

    Sajikan hangat-hangat atau dalam keadaan dingin minuman kunyit asam, kunyit dan asam akan mengendap ketika sudah dingin suhu ruang.

Tips dan trik :

  • Menjemur cacahan kasar kunyit di bawah terik matahari membutuhkan waktu sekitar 3 hari apabila panasnya terik. thehasanvideo.com menjemur cacahan kasar kunyit sampai kering kerontang membutuhkan waktu sekitar 5 hari.

  • 1kg kunyit menghasilkan 150 g bubuk kunyit kering.

  • Tambahkan takaran kunyit bubuk menjadi 200 g atau setara dengan 1 ½ kg kunyit segar supaya hasil minuman Kunyit Asamnya lebih terlihat kuning dan konsentrat kunyitnya juga lebih tinggi.

  • Kemas bubuk Kunyit Asam di dalam wadah tertutup supaya awet sampai 3 bulan di suhu ruang. Tambahkan 1 sachet Silica Gel standard food grade, lalu tutup rapat. Satu botol Kunyit Asam dengan berat bersih 100 g bisa untuk membuat 4 sampai dengan 5 gelas atau sekitar 1 liter.

  • Cara lain, kemas dengan wadah yang lebih murah dengan berat bersih sekitar 114 g setiap bungkusnya. 1 resep menghasilkan 15 bungkus Kunyit Asam. Selain itu, Kalian bisa mengemas dengan berat sekitar 228 g setiap bungkusnya. 1 Bungkus menghasilkan 2 liter minuman Kunyit Asam segar gula merah.

  • Cacah kunyit segar dengan menggunakan chopper serbaguna supaya lebih praktis dan cepat. Cacahan kunyit yang lebih kecil akan membuat proses pengeringan lebih cepat. Kalian bisa mengeringkan cacahan kunyit dengan cara memanggang, letakkan cacahan kunyit di atas loyang yang sudah teralasi daun pisang atau baking paper. Panggang dengan menggunakan api kecil sambil sesekali Kalian aduk dan bolak-balik supaya matang merata apabila memanggang dengan menggunakan oven tangkring. Waktunya sekitar 3 sampai dengan 4 jam supaya cacahan kunyit kering sempurna.

  • Memanggang cacahan kunyit dengan menggunakan oven listrik caranya juga sama. Panggang cacahan kunyit dengan menggunakan api atas bawah dengan suhu rendah, gunakan suhu 100 derajat selsius. Panggang selama 2 jam dan cacahan kunyit sudah kering kerontang.

  • Hasil pengeringan cacahan kunyit dengan menggunakan oven tangkring maupun oven listrik sama-sama bisa kering sempurna. Cacahan kunyit yang sudah kering dari oven tidak perlu Kalian sangrai. Haluskan cacahan kunyit dengan menggunakan blender, warnanya terlihat kuning cantik dan wangi.

  • Kalian bisa membeli kunyit bubuk langsung jadi dan tidak perlu membuat sendiri apabila tidak ingin ribet, karena harga kunyit bubuk masih terjangkau. Peralatan membuat kunyit bubuk menjadi kuning dan susah membersihkannya.

  • Penggunaan gula tidak harus menggunakan gula merah atau aren semuanya. Kalian bisa mencampur komposisi gula dengan gula putih dan gula aren. thehasanvideo.com lain hari membuat dengan menggunakan takaran gula putih halus 1200 g, lalu mencampur dengan 300 g gula aren bubuk. Bahan lainnya masih tetap sama, hasilnya warna kunyit asam bubuk cenderung lebih terang dan tidak ada kuning kunyitnya sama sekali. Kunyit asam terlihat berampas setelah menyeduhnya dan harus Kalian saring, karena menggunakan kunyit bubuk asli.

  • Perbandingan antara Kunyit Asam yang mencampur dengan gula putih dan Kunyit Asam yang menggunakan gula aren atau gula merah semuanya yaitu dari segi warna dan rasanya berbeda. Rasa manisnya lebih legit, tidak kalah enak dengan yang menggunakan gula merah atau aren semuanya dan yang menggunakan gula putih semuanya.

  • thehasanvideo.com membuat Kunyit Asam bubuk gula putih dengan takaran yang lebih sedikit. Caranya, masukkan ke dalam gelas kunyit bubuk 10 sampai dengan 15 g, bubuk asam jawa 8 sampai dengan 10 g, gula putih halus 100 sampai dengan 120 g dan garam halus ½ sdt. Kemudian aduk rata. Seduh 2 sdm atau sekitar 25 sampai dengan 30 g bubuk kunyit asam dengan air panas 200 sampai dengan 250 ml. Aduk rata dan warna Kunyit Asam menjadi lebih kuning, terang sedangkan rasanya masih enak yang menggunakan gula aren atau gula merah semuanya.

  • Periksa terlebih dahulu apabila menggunakan bubuk kunyit instan hasil beli di toko, pastikan aroma kunyitnya sudah wangi atau hasil sangrai dan oven. Sangrai bubuk kunyit terlebih dahulu apabila aromanya masih langu dengan menggunakan api kecil selama 5 sampai dengan 7 menit.

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.