Kukis Nutella

  • Yield: 58 sampai dengan 64 buah Kukis
Watch Video
Loading...
(2.5 / 5)

Kukis Nutella menjadi jajanan spesial di hari raya dan akan membuat Kalian ketagihan pastinya. Resep Kukis Nutella dari thehasanvideo.com sangat mudah untuk Kalian ikuti, karena langkah-langkahnya anti gagal dan hasilnya cantik. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    thehasanvideo.com menggunakan campuran margarin dan mentega pada penggunaan butter margarin. Campur 100 g margarin dengan 50 g mentega dan mereknya sesuai selera. Kalian bisa mengganti mentega dengan BOS atau Butter Oil Substitute.

  • Langkah 2 :

    Siapkan wadah, masukkan butter margarin, gula halus, kuning telur,vanili bubuk. Aduk sampai tercampur rata. Tambahkan tepung terigu protein rendah, tepung maizena, susu bubuk, mesis cokelat. Aduk menggunakan tangan bersih asal sampai tercampur rata.

  • Langkah 3 :

    Bulatkan adonan, lalu simpan di dalam wadah tertutup atau bungkus dengan plastik klip supaya adonan tidak mudah kering. Alasi loyang kukis dengan menggunakan baking paper. Cetak adonan.

  • Langkah 4 :

    Letakkan benda pipih di meja kerja untuk menggilas adonan supaya tinggi adonan sama rata ketika menggilas. thehasanvideo.com menggunakan talenan dengan tinggi sama rata, letakkan talenan di kedua sisi meja kerja.

  • Langkah 5 :

    Alasi meja kerja dengan selembar plastik, lalu ambil secukupnya adonan. Tutup kembali dengan lembaran plastik supaya tidak mudah lengket, lalu gilas sesuai tinggi talenan sekitar ½ cm.

  • Langkah 6 :

    Taburi permukaan adonan dengan sedikit tepung terigu dan ratakan supaya memudahkan mencetak dan tidak mudah lengket. Gunakan cetakan sesuai selera, berbentuk bunga atau lingkaran. Lepaskan perlahan adonan yang sudah tercetak, lalu cetak sisa adonan sampai habis.

  • Langkah 7 :

    Panaskan oven tangkring sekitar 10 menit. Tempatkan secukupnya nutella ke dalam wadah plastik segitiga yang sudah Kalian tambahkan spuit bintang kecil. Sisihkan.

  • Langkah 8 :

    Panggang kukis dengan menggunakan api sedang di suhu sekitar 150 derajat selsius selama 25 sampai dengan 30 menit atau sampai kukis menjadi hampir matang, sesuaikan dengan panas kompor masing-masing dan juga banyaknya kukis yang Kalian panggang.

  • Langkah 9 :

    Pindah posisi loyang dengan cara memutar balik setelah 15 menit memanggang supaya matang merata. Panggang kembali sampai kukis hampir matang, sekitar 30 menit. Angkat kukis setelah hampir matang dengan tingkat kematangan sudah 90 persen.

  • Langkah 10 :

    Diamkan sebentar sampai sedikit hangat, lalu semprotkan selai nutella. Panggang kembali dengan menggunakan api sedang sedikit kecil, suhu sekitar 140 derajat selsius. Panggang sekitar 20 menit sampai selai Nutella terlihat pucat dan bergelembung, lalu angkat.

  • Langkah 11 :

    Selai nutella ketika masih panas teksturnya bergelembung, warnanya pucat dan sedikit lengket ketika Kalian sentuh. Namun ketika sudah dingin selai nutella akan kembali mulus, gelap dengan sendirinya, teksturnya menjadi keras dan tidak lengket ketika tersentuh.

  • Langkah 12 :

    Diamkan kukis nutella sampai dingin, lalu tata di dalam wadah tertutup dengan cara jejer rapi tanpa tumpukan. Simpan semalaman di wadah tertutup sampai selainya kering dan tidak lengket ketika tersentuh.

  • Langkah 13 :

    Kemas di dalam toples kedap udara setelah selai kering dan sajikan.

Tips dan Trik :

  • Panggang kukis sampai sempurna sekitar 20 menit dan suhunya tidak melebihi 150 derajat selsius supaya hasil kukis tidak mudah gosong. Sesuaikan dengan suhu oven masing-masing apabila memanggang dengan oven listrik. Panggang dengan menggunakan api atas bawah apabila menggunakan oven MITO Fantasy, suhunya 130 derajat selsius sekitar 12 menit atau sampai kukisnya hampir matang. Segera keluarkan kukis dari oven dan biarkan sampai sedikit hangat, lalu semprotkan selai nutella dan panggang kembali dengan menggunakan api atas bawah di suhu 110 derajat selsius selama 20 menit atau sampai selainya matang.

  • Poles dengan sedikit edible luster gold di atas kukis supaya semakin cantik, berkilau dan terlihat mewah.

Tulis komentar

Your email address will not be published.

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.