Kreasi Baru | Dadar Gulung Bunga

  • Yield: 20 buah
Watch Video
Loading...
(5 / 5)

Tampilan lain dadar gulung bisa Kalian bentuk dengan motif bunga. Rasanya enak sekali dan bahannya ekonomis karena tidak menggunakan telur dan santan. Teksturnya tetap lembut meskipun sudah 2 hari di suhu ruang. Resep Dadar Gulung Bunga dari thehasanvideo.com wajib Kalian coba karena sudah terbukti anti gagal. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan :

  • Bahan :
  • Bahan Isian :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Campurkan tepung terigu curah, tepung tapioka, garam, minyak goreng. Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit sambil aduk sampai halus dan tercampur rata. Kemudian masukkan minyak goreng, essence pisang dan aduk rata. Diamkan adonan selama 1 jam.

  • Langkah 2 :

    Tekstur adonan sudah terlihat lebih lembut dan kental setelah mendiamkan adonan selama 1 jam. Bagi adonan menjadi 2 bagian sama rata, warnai sesuai selera. thehasanvideo.com mencampurkan pewarna biru dan hijau yang menghasilkan warna toska. Warnai 1 bagian adonan lainnya dengan pasta strawberry. Tempatkan masing-masing adonan ke dalam botol bercula 3.

  • Langkah 3 : Isian :

    Masukkan gula pasir di dalam panci atau wajan. Tambahkan air dan masak dengan menggunakan api sedang sampai mendidih, lalu masukkan pasta vanili, garam halus dan aduk rata. Masukkan juga kelapa parut, aduk rata.

  • Langkah 4 :

    Masak dengan menggunakan api sedang sedikit kecil sambil sering aduk-aduk sampai tidak ada air yang tersisa. Waktunya sekitar 20 sampai dengan 25 menit, sesuai dengan panas kompor masing-masing. Matikan api kompor, biarkan sampai sedikit dingin.

  • Langkah 5 :

    Ambil sekitar 13 g unti kelapa, lalu bentuk bulat dengan cara tekan-tekan dengan tangan bersih. Lakukan sisanya sampai habis. 1 resep unti kelapa bisa menghasilkan 40 buah dengan berat masing-masing bulatan 13 g. 1 resep dadar gulung bunga hanya membutuhkan 20 buah bulatan unti kelapa. Sisihkan.

  • Langkah 6 : Penyelesaian :

    Panaskan Teflon dengan diameter 26 cm, thehasanvideo.com menggunakan Teflon model cocor bebek. cetak adonan dengan cara menggaris menyerupai lembaran pagar. Masak dengan api kecil sampai matang, lalu angkat kulit dadar gulung yang sudah tidak lengket.

  • Langkah 7 :

    Kecilkan api kompor sekecil-kecilnya dan langsung bentuk menjadi bunga selagi kulit dadar gulung masih hangat. Gulung dan rekatkan bagian sambungannya dengan cara tekan kuat supaya tidak mudah lepas. Gulung kembali 2 lembaran motif pagar yang tersisa dengan cara yang sama. Pastikan supaya tidak mudah lepas dan rekatkan adonan dengan cara mencubit sedikit adonan.

  • Langkah 8 :

    Gulung paling akhir untuk lembaran motif pagar yang paling panjang dari ketiga lembaran motif supaya bentuk bunganya bisa terlihat merekah sempurna. Cetak sisa adonan sampai habis. Cara membuat dan menggulung adonan merah juga sama.

  • Langkah 9 :

    Bungkus Dadar Gulung Bunga dengan menggunakan mika ukuran 6A supaya tahan lembutnya.

Tips dan Trik :

  • Adonannya sudah sangat lembut dan tidak bergerindil karena menggunakan air hangat.

  • thehasanvideo.com membuat 2 resep yang sebagian menambahkan pasta durian sehingga warnanya kuning. Adonan kedua thehasanvideo.com menggunakan 1 telur setiap 1 resep dengan tanpa mengurangi atau menambahkan bahan apapun di bahan utama. Masukkan telur setelah mendiamkan adonan selama 1 jam, aduk sampai tercampur rata. Sekilas hampir tidak ada bedanya adonan yang menggunakan telur dan tidak menggunakan telur, namun tekstur terasa lebih bervolume, lebih lembut dan tahan lentuk sampai 2 hari apabila Kalian raba.

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.