Keripik Sukun: Bahan Irit Untung Selangit

( 3 out of 5 )
Loading...
  • 1000 gr Keripik SukunYield
  • 10 mPrep Time
  • 45 mCook Time
  • 55 mReady In
Print Recipe

Jajanan yang gurih dari keripik sukun sangat diminati banyak orang, cara membuatnya mudah dengan menggunakan resep dari thehasanvideo.com. Rasanya enak dan bisa Kalian jadikan untuk ide usaha. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Cuci dan potong sesuai selera sukun yang sudah tua tetapi teksturnya masih keras atau belum matang (mengkal) dikupas. Belah buah Sukun menjadi 4 bagian, jangan buang bagian tengah sukun karena tetap enak Kalian makan.

  • Langkah 2 :

    thehasanvideo.com mengiris sukun dengan menggunakan pisau tajam atau Kalian bisa gunakan alat pasah keripik. Iris buah sukun sedikit tebal jangan terlalu tipis, karena jika mengirisnya terlalu tipis akan membuat teksturnya menjadi mudah keras dan warnanya akan menjadi mudah terlihat seperti plastik.

  • Langkah 3 :

    Rendam dengan air, sukun yang sudah Kalian iris supaya warnanya tidak berubah menjadi hitam. Kemudian cuci sukun sampai air rendaman terlihat bersih. Setelah bersih, beri bumbu bawang putih geprek pada irisan sukun dan sisihkan.

  • Langkah 4 :

    Cara lain, bawang putih bisa Kalian cacah kasar dengan menggunakan chopper. thehasanvideo.com mencacah bawang putih menggunakan Food Chopper dari Mitochiba.

  • Langkah 5 :

    Kemudian tambahkan bawang putih geprek dan garam halus ke dalam rendaman sukun. Takaran airnya sekitar 2 liter, sampai irisan sukun tenggelam. Selanjutnya aduk rata, supaya bumbu meresap, diamkan rendaman sukun sekitar 15 sampai 20 menit.

  • Langkah 6 :

    Goreng sukun yang sudah Kalian rendam selama 15 menit. Panaskan secukupnya minyak goreng, lalu goreng sukun dengan teknik deep frying yang artinya semua irisan sukunnya benar-benar tenggelam di dalam minyak supaya hasil keripiknya bisa renyah dan garing tapi tidak gosong.

  • Langkah 7 :

    Goreng sukun dengan api sedang sampai kuning keemasan, balik sesekali supaya tidak gosong. Keripik Sukun yang sudah matang apabila warna keripik sudah terlihat kuning kecokelatan, gelembung di minyaknya sudah tidak ada, teksturnya terasa ringan dan mengeras ketika Kalian aduk.

  • Langkah 8 :

    Kemudian angkat dan tiriskan. Goreng sisanya sampai irisan sukun habis. Ketika Kalian menggoreng Keripik Sukun warnanya jangan sampai terlalu kecokelatan, karena akan membuat rasanya menjadi pahit.

  • Langkah 9 :

    Sajikan Keripik Sukun dan supaya awet renyah, simpan dalam wadah kedap udara.

Tips dan Trik :

  • Cara mengolah Keripik Sukun yang tidak tepat akan membuat teksturnya mudah keras, tidak renyah dan warnanya menjadi kurang bagus.

  • Gunakan sukun yang kualitasnya bagus supaya hasil Keripik Sukun cantik dan empuk renyah. Pilih buah sukun yang sudah benar-benar tua, belum lembek. Apabika Kalian menggunakan buah sukun yang masih muda, maka keripik yang dihasilkan menjadi keras ketika Kalian gigit selain itu juga warna keripik akan cokelat keriput dan kurang cantik.

  • Penggunaan bawang putih boleh Kalian lewatkan, apabila kualitas sukunnya sudah bagus. Walaupun hanya diberi bumbu garam sudah enak sekali dan rasa asli dari buah sukun yang manis tapi gurih akan berasa sekali. Selain itu apabila Kalian jual bisa mengurangi modal, karena tidak perlu membeli bawang putih. Menambahkan ambahkan bawang putih membuat Keripik Sukun menjadi lebih gurih, tetapi sebenarnya bawang putih membuat Keripik Sukun rawan keras. Menurut thehasanvideo.com lebih baik cukup diberi bumbu garam saja juga sudah enak atau kurangi takaran bawang putih, gunakan sekitar 1 siung untuk setiap takaran 1 buah sukun.

  • Tambahkan potongan sukun dengan sedikit pewarna kuning ketika ingin Kalian goreng, supaya warna keripik sukun bisa lebih cantik kuning sempurna. Apabila ingin pewarna alami, kita gunakan 2 sampai dengan 3 potong irisan kunyit segar yang Kalian masukkan ketika menggoreng sukun. Iris kunyitnya dan tidak Kalian haluskan karena kalau kunyitnya dihaluskan akan membuat minyak mudah kotor.

  • Tambahkan 1 sdt margarin ketika menggoreng supaya keripik sukun renyah atau kalau ingin hasil yang lebih renyah lagi, gunakan 1 sdt mentega. Menurut pengalaman thehasanvideo.com, kalau buah sukunnya belum terlalu tua, terus Kalian tambahkan margarin akan membuat hasil keripiknya menjadi renyah keras, bukan yang empuk. Mungkin beda lagi kalau buah sukunnya sudah tua dan empuk, pastinya bisa renyah. Jadi pastikan lihat dulu kondisi buah sukun yang Kalian gunakan.

Didowardah

Content Creator

Konten kreator di channel Youtube TheHasanVideo

Read More

Comments (2)

  • Yuli

    Dalam pembuatan keripik sukun yg memerlukan buah sukun sebanyak 3 buah (± 400gr) akan menghasilkan produk keripik sukun berapa gr?

    • Lutvita Jaya

      Sekitar 1000 gram

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.