Kentang Mustofa Kriuk Tahan 2 Bulan Anti Gagal

( 4.3 out of 5 )
Loading...
  • 1200 gramYield
  • 25 mPrep Time
  • 55 mCook Time
  • 1:20 hReady In
Print Recipe

Pilihan makanan dari bahan dasar kentang banyak sekali, salah satunya Kentang Mustofa. Resep Kentang Mustofa dari thehasanvideo.com teksturnya renyah, rasanya pedas manis, bisa Kalian simpan sampai 2 bulan dan yang pasti anti gagal. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan:

  • Bahan:
  • Bumbu yang Dihaluskan:

Cara Membuat:

  • Langkah 1 :

    Kupas dan rendam kentang dengan air supaya tidak menghitam, lalu iris kentang memanjang menyerupai korek api dengan menggunakan pisau tajam. Rendam dengan air, kentang yang sudah Kalian iris.

  • Langkah 2 :

    Warna air rendaman irisan kentang akan berwarna keruh, lalu cuci bersih dengan air mengalir sampai air rendaman berwarna bening. Kentang akan renyah alami saat Kalian goreng, apabila mencucinya sampai bersih dan getah kentangnya hilang. Kalian tidak perlu kembali menambahkan air kapur sirih ketika merendam irisan kentang, karena air kapur sirih akan membuat kentang goreng renyah tetapi keras dan rasa kentang alaminya hilang sehingga kurang gurih.

  • Langkah 3 :

    Rendam irisan kentang dalam air sampai waktunya menggoreng. Panaskan minyak goreng dan atur kompor pada api besar, semakin banyak minyak yang Kalian gunakan maka semakin cepat juga proses menggorengnya. Tiriskan kentang yang akan Kalian goreng dan Masukkan ke dalam wajan, irisan kentang yang sudah Kalian tiriskan sampai terendam minyak panas. Aduk kentang sesekali saja dan jangan terlalu sering.

  • Langkah 4 :

    Pindah ke api sedang, setelah kentang sudah sedikit kaku dan aduk sesekali supaya matang merata. Kentang hampir matang, apabila sudah berwarna kuning sedikit kecokelatan dan aduk supaya tidak gosong. Angkat dan tiriskan, apabila kentang sudah kuning kecokelatan dan matang luar dalam. Goreng sampai habis sisa irisan kentang yang sudah Kalian tiriskan. Sisihkan irisan kentang, setelah tergoreng semuanya.

  • Bumbu Kentang Mustofa : Langkah 1 :

    Haluskan cabe merah keriting, cabe rawit, bawang putih dan bawang halus, kemudian sisihkan. Seduh asam jawa dengan menggunakan air panas, aduk hingga rata. Kemudian buang biji asamnya dan sisihkan.

  • Langkah 2 :

    Panaskan secukupnya minyak dan tumis sampai harum bumbu yang sudah halus tadi. Kemudian tambahkan daun salam, garam halus dan kaldu bubuk. Tambah takaran garam menjadi 12 gr dan aduk rata, apabila kaldu bubuknya Kalian lewatkan. Lalu masukkan gula pasir, setelah mendidih tambahkan air asam.

  • Langkah 3 :

    Masak hingga bumbu mengental, membentuk karamel dan apabila Kalian aduk pinggirannya sudah berbuih putih. Masukkan kentang goreng ke dalam bumbu yang sudah bebas air. Kentang akan melempem, apabila bumbu mengandung sedikit air.

  • Langkah 4 :

    Gelembung pada bumbu menjadi melebar dan kasar, apabila api Kalian besarkan sedikit dan tandanya bumbu sudah mengkaramel. Selanjutnya kecilkan api sekecil-kecilnya, aduk-aduk sebentar lalu masukkan kentang dan aduk cepat hingga bumbu tercampur rata. Setelah itu matikan api, tambahkan kacang goreng dan aduk rata.

  • Langkah 5 :

    Tempatkan Kentang Mustofa di wadah ceper atau loyang, lalu diamkan hingga dingin. Sajikan Kentang Mustofa kriuk pedas manis untuk pelengkap nasi bento, lauk nasi, tumpeng dan lain-lain.

Tips dan Trik :

  • Gunakan kentang yang kuning atau putih dalam keadaan masih segar, mulus dan tidak busuk untuk membuat kering kentang. Namun tekstur kentang putih lebih bagus untuk bahan membuat kering kentang, karena ketika Kalian goreng kentang putih lebih cepat kering. Sedangkan kulit kentang kuning tebal, sehingga ketika Kalian goreng lebih lama keringnya. Sebaiknya perhatikan pengaturan api, jangan memakai api terlalu besar karena kentang akan cepat gosong dan dalamnya masih lembek atau belum kering.

  • Mengiris kentang dengan pisau biasanya tebal tipisnya tidak sama, sehingga ketika Kalian matangnya juga tidak merata. Pisahkan potongan kentang antara yang masih lembek dan sudah kering, lalu goreng kembali potongan kentang yang masih lembek sampai kering supaya kentang bisa matang sempurna. Gorengan kentang yang kering sempurna akan membuat Kentang Mustofa tahan Kalian simpan sampai 2 bulan. Tempatkan dalam wadah kedap udara, supaya renyahnya bisa tahan lama.

Didowardah

Content Creator

Konten kreator di channel Youtube TheHasanVideo

Read More

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.