Kembang Gula Kelapa Tahan 1 Bulan

( 5 out of 5 )
Loading...
  • 500 gr Kembang GulaYield
  • 10 mPrep Time
  • 1:25 hCook Time
  • 1:35 hReady In
Print Recipe

Jajanan Kembang Gula Kelapa merupakan jajanan zaman dahulu dan masih banyak masyarakat yang menyukainya. Namun saat ini Kembang Gula Kelapa sudah jarang terlihat di pasaran. Kalian bisa membuat sendiri di rumah dengan mudah menggunakan resep dari thehasanvideo.com. Rasa jajanan Kembang Gula gurih dan manis, bisa Kalian jadikan sebagai teman minum teh atau kopi bersama orang terdekat. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Gunakan kelapa setengah tua yang mempunyai daging sedikit lentur dengan kulit ari berwarna kuning. Kupas kulit arinya sampai bersih dengan menggunakan pisau tajam.

  • Langkah 2 :

    Cuci bersih dan potong kelapa menjadi 4 bagian. Serut memanjang atau pendek daging kelapa dengan menggunakan alat pengupas buah. Selain itu Kalian bisa menyerut kecil-kecil dengan menggunakan parutan keju, sesuai selera.

  • Langkah 3 :

    Siapkan loyang dan alasi dengan alumunium foil supaya tidak mudah lengket. Letakkan serutan kelapa di atas loyang dan ratakan. Kemudian panggang di suhu rendah dan pahami oven masing-masing. thehasanvideo.com memanggang dengan suhu 110 derajat selsius, menggunakan oven Mito Fantasy. Gunakan api atas bawah selama 1 jam. Sambil sesekali Kalian lihat dan bolak-balik serutan kelapa supaya tidak mudah gosong.

  • Langkah 4 :

    Memanggang serutan kelapa menggunakan oven tangkring, gunakan api kecil dan panggang selama 2 jam. Selain itu Kalian juga bisa menjemur serutan kelapa di bawah sinar matahari selama 4 sampai dengan 5 jam, apabila tidak ada oven.

  • Langkah 5 :

    Angkat serutan kelapa apabila kandungan airnya sudah habis dan tidak sampai gosong. Kemudian bagi serutan kelapa menjadi 2 bagian, karena 1 resep hanya membutuhkan ½ bagian kelapa yaitu sekitar 125 gr.

  • Langkah 6 :

    Masukkan ke dalam teflon atau panci bahan lainnya seperti gula pasir, air putih, perisa vanili atau vinili bubuk, garam halus dan perisa makanan. Kemudian masak dengan menggunakan api sedang sambil Kalian aduk-aduk sampai gula larut.

  • Langkah 7 :

    Masukkan ½ bagian serutan kelapa yang sudah kalian panggang dengan berat 125 gr, masak dengan api kecil sambil terus Kalian aduk sampai air gula habis. Lama memasaknya sekitar 14 sampai dengan 15 menit, apabila serutan kelapanya sudah Kalian panggang atau jemur.

  • Langkah 8 :

    Matikan api kompor apabila air gula sudah mulai susut dan hampir matang. Angkat dan cetak bulat apabila serutan kelapanya lebih kecil. Namun tetap Kalian aduk sampai sedikit dingin, gulanya terbentuk dan potongan kelapa terpisah satu sama lain, apabila serutan kelapanya lebih besar dan akan Kalian buat terurai.

  • Langkah 9 :

    Aduk pelan supaya gulanya tidak mudah berjatuhan dan semakin lama Kembang Gula Kelapa akan mengeras dengan sendirinya.

  • Langkah 10 :

    Kemas Kembang Gula Kelapa di dalam wadah kedap udara dengan segera apabila sudah dingin supaya lebih tahan lama sekitar 1 bulan di suhu ruang.

Tips dan Trik :

  • Takaran penggunaan gula pasir harus sama dengan takaran serutan kelapa.

  • Kalian bisa tidak memanggang atau menjemur serutan kelapanya terlebih dahulu, namun waktu memasaknya akan menjadi lebih lama sekitar 35 sampai dengan 40 menit. Gunakan api yang sangat kecil supaya gulanya tidak mudah leleh setelah Kembang Gula Kelapa kering dan dingin.

  • Aduk pelan-pelan ketika memasak supaya gulanya tidak berjatuhan dan menghasilkan Kembang Gula Kelapa yang bagus. Kalian bisa mengatasi gula yang berjatuhan dengan cara menambahkan ¼ gelas air. Masak kembali sampai gula larut dan tidak ada air. Teteskan air gula ke dalam air dan apabila menggumpal, tandanya air gula sudah matang. Kemudian campurkan dengan kelapa yang gulanya berjatuhan, aduk pelan-pelan sampai rata.

  • Tambahkan 25 gr tepung maizena ke dalam larutan gula supaya tekstur Kembang Gula Kelapa lebih kokoh. Cara membuat selanjutnya sama, aduk-aduk Kembang Gula Kelapa sampai air gula menyusut. Rasa manisnya akan berkurang apabila Kalian tambahkan tepung maizena dan sangat tepat untuk yang tidak terlalu suka dengan rasa manis.

Didowardah

Content Creator

Konten kreator di channel Youtube TheHasanVideo

Read More

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.