Kacang Bawang Mede Super Kriuk Tanpa Minyak

Loading...
(2.5 / 5)

Menggoreng makanan tidak harus menggunakan minyak goreng, salah satunya bisa menggunakan pasir. Kacang mede bisa Kalian goreng dengan menggunakan pasir, meskipun caranya lebih rumit. Hasilnya Kacang Mede bisa renyah dan tampilannya menarik, namun membersihkan pasirnya sulit dan buat capek. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan :

  • Bahan :
  • Bahan Bumbu Marinasi (aduk rata) :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Siapkan wadah, masukkan kacang mede dan bumbu marinasi. Kemudian aduk rata. Diamkan kacang mede sekitar 1 sampai dengan 2 jam di suhu ruang supaya bumbu meresap.

  • Langkah 2 :

    Buang air marinasi setelah mendiamkan selama 2 jam, lalu tiriskan. Tempatkan kacang mede yang sudah tiris ke dalam loyang atau wadah lebar. Jemur sekitar 2 sampai 3 jam, pastikan permukaan kacang mede sudah kering dan bebas air.

  • Langkah 3 :

    Tata kacang mede yang sudah kering di dalam loyang. Panaskan oven listrik, lalu panggang dengan menggunakan api atas bawah di suhu 150 derajat selsius selama 10 menit.

  • Langkah 4 :

    Buka oven setelah 10 menit memanggang. Aduk-aduk kacang mede setiap 5 menit sekali, supaya matang merata dan tidak gosong. Panggang kembali sampai matang.

  • Langkah 5 :

    Kecilkan suhu oven menjadi 110 derajat selsius setelah 20 menit memanggang. Panggang kembali sekitar 10 sampai dengan 15 menit sampai kacang matang.

  • Langkah 6 :

    Kacang mede sudah matang setelah memanggang selama 33 menit. Tandanya kacang mede berwarna golden brown atau kuning kecokelatan, potongan bawang putih terlihat cokelat dan garing.

  • Langkah 7 :

    Tambahkan potongan daun jeruk goreng kering jika suka, aduk rata. Tempatkan kacang mede yang sudah dingin di dalam wadah tertutup supaya bisa tahan lama.

Tips dan Trik :

  • Memasak kacang mede tidak hanya dengan memanggang menggunakan oven, Kalian juga bisa menggoreng dengan menggunakan pasir. Caranya siapkan pasir dengan butiran ukuran sedang. Tuangkan pasir ke dalam wajan tidak teflon atau wajan tanah liat, lalu tuangkan kacang mede yang sudah termarinasi dan jemur kering di pasir yang masih dingin. Hidupka api kompor dan aduk-aduk supaya panasnya merata, masak dengan menggunakan api sedang sedikit kecil selama 30 sampai dengan 35 menit sampai kacang mede matang. Kacang mede sudah matang setelah menggoreng 33 menit, tiriskan. Memasaknya sedikit susah karena menggoreng dengan pasir, ayak sekuat tenaga supaya pasirnya tidak menempel di kacang mede. Lap kacang dengan tisu dan belah kacang mede, lalu bersihkan dengan menggunakan sikat gigi baru.

Tulis komentar

Your email address will not be published.

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.