Kacang Balado Awet Kriuk 2 Bulan

Loading...
(5 / 5)

Camilan Kacang Balado bisa menjadi pilihan Kalian ketika sedang santai di manapun berada. Cara membuatnya juga sangat mudah asalkan tahu tips dan triknya, gunakan resep dari thehasanvideo.com yang sudah terbukti anti gagal. Bisa juga Kalian jadikan untuk ide usaha. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan :

  • Bahan :
  • Bahan Bumbu Balado :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Cuci bersih kacang tanah, lalu tiriskan. Tuangkan minyak goreng ke dalam wajan sampai kacang tanah terendam, lalu panaskan minyak goreng asal sampai hangat. Masukkan kacang tanah dan goreng dengan menggunakan api sedang sedikit kecil sambil sering aduk-aduk supaya kacang tanah matang merata.

  • Langkah 2 :

    Minyak goreng sudah mulai panas dan berbuih setelah 8 menit menggoreng, kacang tanah masih belum matang apabila minyak goreng masih terdengar berisik dan terlihat bergelembung.

  • Langkah 3 :

    Kacang tanah sudah matang setelah 15 menit menggoreng. Tandanya kacang tanah terlihat berwarna kekuningan, lalu minyak goreng terlihat sangat bening dan tidak ada gelembung-gelembung di dalam minyak. Segera angkat kacang tanah, lalu tiriskan dan biarkan sampai kacang dingin.

  • Langkah 4 : Balado :

    Blender halus larutan asam jawa, cabe rawit, cabe merah keriting, bawang putih dan bawang merah.

  • Langkah 5 :

    Tuangkan 2 sdm minyak goreng ke dalam wajan, lalu masukkan bumbu yang sudah Kalian haluskan. Tambahkan garam halus dan kaldu bubuk, lalu tumis dengan menggunakan api sedang sedikit kecil sampai bumbu matang dan harum. Waktunya sekitar 6 menit.

  • Langkah 6 :

    Tambahkan sisiran gula merah, gula pasir dan aduk rata. Tambahkan juga air supaya bumbu dan gula dapat menyatu sempurna, masak sambil sering aduk-aduk. Masak dengan menggunakan api sedang sedikit kecil sampai larutan bumbu dan gula berubah menjadi karamel. Waktunya sekitar 5 menit sesuai dengan panas api kompor masing-masing.

  • Langkah 7 :

    Masak sampai bumbu tidak mengandung air. Segera kecilkan api kompor sekecil-kecilnya setelah bumbu mengkaramel, lalu masukkan kacang tanah goreng. Aduk cepat sampai semua terbalur rata dengan bumbu. Matikan api kompor, angkat dan biarkan sampai kacang dingin.

  • Langkah 8 :

    Segera bungkus kacang dengan wadah tertutup setelah dingin supaya tahan renyah.

Tips dan Trik :

  • Ketika menggoreng kacang tanah jangan sampai menunggu kacang berwarna cokelat supaya hasilnya tidak gosong dan pahit. Minyak panas akan tetap melakukan proses pematangan ketika kacang sudah terangkat dan masih panas sampai kacang menjadi dingin.

  • Tekstur bumbu apabila masih bergelembung banyak dan kecil-kecil tandanya bumbu masih banyak mengandung air dan belum mengkaramel. Tanda kandungan air sudah hilang dan sudah mengkaramel apabila gelembung di bumbu sudah mulai melebar dan besar-besar, lalu di pinggiran wajan sudah mulai berbusa.

  • Kalian bisa menggunakan kemasan plastik untuk membungkus Kacang Balado ukuran 500 g atau kemasan plastik yang kecil-kecil ukuran 30 g.

  • Penggunaan gula merah bisa Kalian ganti dengan gula pasir semua, cara dan teknisnya masih sama. Masak bumbu dengan gula sampai menjadi karamel supaya hasilnya Kacang Balado tidak melempem. Campurkan kacang tanah goreng ke dalam bumbu yang sudah mengkaramel. Rasanya sekilas sama dengan yang menggunakan gula merah namun lebih legit dan gurih yang menggunakan gula merah.

  • Waktu memasaknya tergantung dengan banyaknya bumbu yang Kalian gunakan. thehasanvideo.com membuat 3 resep Kacang Balado sehingga saat memasak membutuhkan waktu yang lebih lama. waktu untuk mematangkan bumbu sekitar 20 menit dan membutuhkan waktu 20 menit lagi untuk membuat bumbu menjadi karamel. Total waktunya sekitar 40 menit untuk membuat 3 resep Kacang Balado, namun apabila hanya membuat 1 resep Kacang Balado membutuhkan waktu 10 sampai dengan 12 menit.

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.