Ide Jualan: Bawang Putih Bubuk Awet 1 Tahun

( 4.7 out of 5 )
Loading...
  • 310 gr Bubuk Bawang PutihYield
  • 10 mPrep Time
  • 24:32 hCook Time
  • 24:42 hReady In
Print Recipe

Simpan bawang putih supaya lebih tahan lama dengan membuat Bawang Putih Bubuk resep dari thehasanvieo.com yang bisa tahan sampai 1 tahun. Resepnya mudah tanpa menggunakan pengawet, oven dan yang paling penting bisa Kalian buat ide usaha. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Kupas dan bersihkan bawang putih, kemudian iris tipis-tipis, atau cacah kasar dengan menggunakan chopper supaya lebih praktis. Bender bawang putih sampai tercacah kasar saja.

  • Langkah 2 :

    Berikutnya siapkan daun pisang atau bisa juga menggunakan baking paper yang anti lengket. Tata daun pisang di atas tampah atau nyiru, kemudian tempatkan cacahan bawang putih di atas tampah dan usahakan jangan terlalu tebal menyusunnya.

  • Langkah 3 :

    Jemur sampai benar-benar kering di tempat yang terik, semua cacahan bawang putih yang sudah Kalian tata di atas tampah. Menjemur sehari sudah mulai lumayan kering, apabila cuaca panas seharian dan harus Kalian jemur lagi sampai kering kerontang.

  • Langkah 4 :

    Cacahan bawang putih menyusut dan mengecil, setelah penjemuran hari ke-3. thehasanvideo.com menjadikan cacahan bawang putih menjadi 1 tampah, supaya lebih efisien tempatnya. Cacahan bawang putih sudah benar-benar kering, setelah penjemuran hari ke-7. Ciri-ciri cacahan bawang putih yang sudah kering kalau Kalian pegang mudah hancur dan bertekstur krispi seperti Rengginang yang Kalian jemur kering.

  • Langkah 5 :

    Lamanya penjemuran tergantung cuaca. thehasanvideo.com menjemur selama 7 hari karena panasnya hanya pada hari pertama sedangkan hari ke-2, ke-3, ke-4, ke-5 dan seterusnya cuacanya sering mendung dan sedikit sinar matahari. Waktu menjemur cacahan bawang putih bisa lebih cepat kering kerontang, apabila panas mataharinya terik yaitu selama 3 atau 4 hari saja.

  • Langkah 6 :

    Selanjutnya sangrai cacahan bawang putih, supaya hasilnya sempurna dan hasil Bawang Putih Bubuk lebih wangi, tahan lama, juga tidak mudah menggumpal. Sangrai bawang putih kering dengan menggunakan api kecil sekitar 10 sampai dengan 12 menit. Aduk sampai bawang menjadi wangi dan sedikit berminyak, supaya tidak gosong.

  • Langkah 7 :

    Teksturnya kembali menjadi lembek, karena pengaruh minyak bawang yang keluar. Bawang kembali kriuk dan kering, kalau sudah dingin.

  • Langkah 8 :

    Matikan api, setelah 12 menit Kalian sangrai. Tetap aduk-aduk sampai hampir dingin, walaupun apinya sudah mati supaya cacahan bawang tidak gosong karena keadaan teflon yang masih panas. Haluskan bawang putih kering setelah dingin dengan menggunakan blender bumbu spesial. thehasanvideo.com menggunakan blender heavy duty dari Crown Horeca.

  • Langkah 9 :

    Ukuran blendernya besar sehingga bawang putih kering bisa langsung masuk semuanya dan blender sampai tekstur bawang putih sudah selembut tepung serta aroma bawang putihnya sangat kuat.

  • Langkah 10 :

    Selanjutnya kemas Bawang Putih Bubuk di wadah tertutup, bisa menggunakan cup plastik. Gunakan silica gel dan masukkan ke wadahnya lalu tutup rapat, supaya Bawang Putih Bubuk tidak rawan lembab. 1 cup 200 ml bisa muat sekitar 150 gr Bawang Putih Bubuk, pastikan saat mengambil Bawang Putih Bubuk selalu menggunakan sendok yang bersih dan kering supaya Bawang Putih Bubuk bisa tahan lama sampai 1 tahun.

  • Langkah 11 :

    Cara lainnya lagi, bisa Kalian kemas dengan plastik standing pouch yang bisa muat sekitar 150 gr atau jika dibuat penuh bisa sampai 200 gr. Bisa juga Kalian kemas lebih bagus lagi, Bawang Putih Bubuk dari Speak Pepper kemasannya lebih kecil, dengan berat Cuma 50 gr. Pastinya selain lebih menjual, juga harganya sangat terjangkau, dengan begitu bisa menarik konsumen lebih banyak lagi. Buat Kalian yang malas membuat Bawang Putih Bubuk sendiri, bisa beli Bawang Putih Bubuk dari Speak Pepper, pastinya lebih praktis dan sama-sama bebas pengawet.

  • Langkah 12 :

    Wadah lain bisa Kalian gunakan botol kaca atau botol plastik. Per 1 botol plastik maupun botol kaca bisa muat sekitar 80 sampai dengan 100 gr.

Tips dan Trik :

  • 1 kg bawang putih segar menghasilkan Bawang Putih Bubuk 310 gr dan harga di pasaran per 100 gr Bawang Putih Bubuk sekitar 25 ribu sampai dengan 35 ribu rupiah. Harga bawang putih sekarang hanya sekitar 16 sampai dengan 20 ribu per 1 kg dan kalau Kalian jadikan Bawang Putih Bubuk menjadi 300 gr, sehingga omzetnya bisa menjadi sekitar Rp 75.000,- sampai Rp 105.000,- per 1 kg bawang putih.

  • Mengeringkan bawang putih bisa menggunakan oven. caranya tempatkan cacahan bawang putih di atas loyang yang sudah diberi alas dengan daun pisang atau baking paper anti lengket. Selanjutnya oven dengan suhu rendah dan thehasanvideo.com menggunakan oven Mitochiba MO-888 dengan suhu 100 derajat selsius. Kemudian panggang dengan menggunakan api atas-bawah selama 2 jam, sambil aduk sesekali supaya matangnya bisa merata. Hasil cacahan bawang putih setelah matang berwarna lebih gelap daripada yang dijemur.

  • Mengeringkan cacahan bawang putih dengan menggunakan oven tangkring caranya sama dengan yang oven listrik. Oven cacahan bawang putih dengan menggunakan api kecil, namun waktunya lebih lama, yaitu sekitar 4 jam. Hasil cacahan bawang putih setelah matang sudah benar-benar kering, harum dan tidak perlu Kalian sangrai.

  • Tekstur bawang putih yang Kalian keringkan dengan oven tangkring, oven listrik dan panas matahari apabila sudah halus terlihat berbeda. Hasil Bawang Putih Bubuk yang Kalian jemur dengan panas matahari warnanya terlihat sangat putih. Bawang Putih Bubuk yang Kalian panggang dengan oven tangkring, warnanya terlihat lebih gelap dari sebelumnya. Sedangkan yang Kalian panggang menggunakan oven listrik, warnanya terlihat hampir sama dengan hasil Bawang Putih Bubuk yang Kalian panggang dengan oven tangkring tadi.

  • Alasi loyang dengan daun atau apapun yang anti lengket untuk memanggang menggunakan oven, apabila bawang putihnya langsung Kalian ratakan di atas loyang tanpa menggunakan alas apapun maka bawang putih menjadi lengket dan loyangnya akan susah Kalian bersihkan.

  • Blender bawang putih hasil panggangan sebentar saja, asal sampai halus dan apabila terlalu lama mesin blender akan panas dan bawang putih bubuk juga menjadi panas. Kandungan minyak pada bawang akan membuat Bawang Putih Bubuk menjadi mudah menggumpal dan membatu. Blender sebentar saja asal sampai halus setelah bawang putih dingin, supaya Bawang Putih Bubuk lembut kembali.

Didowardah

Content Creator

Konten kreator di channel Youtube TheHasanVideo

Read More

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.